Indosat Siap Berbagi Fasilitas dan Ilmu Pengetahuan dengan Blogger

Hubungan baik yang dijalin oleh perusahaan sekelas Indosat dengan kalangan blogger sudah berlangsung sejak lama. Kekokohan hubungan tersebut tidak lepas dari tujuan positif dan bermanfaat untuk kemajuan bersama. Di beberapa kegiatan blogger, Indosat memberikan dukungan fasilitas dan sponsorship. Begitupun ketika Indosat punya hajatan, mereka tidak memalingkan pandangan untuk mengundang rekan-rekan blogger dengan apresiasi sama seperti ke rekan-rekan wartawan dari media massa.

Pasca disibukan oleh aktivitas masing-masing di bulan puasa dan lebaran, Indosat mengeratkan kembali simpul-simpul silaturahim bersama-sama masyarakat blogger dalam acara “Halal bi halal Blogger Reporter Indonesia dan Inodosat”.

Acara berlangsung secara terbuka pada hari Jum’at ( 30/08/2013) di Ruang Auditorium Kantor Pusat Indosat. Seratusan blogger -lintas komunitas dan platform– yang latar belakang komunitasnya berbasis daerah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Makasar, Depok, Cilegon, dan sebagainya, juga yang berbasis platform seperti Kompasiana dan Blogdetik hadir berbaur penuh keakraban.

Halal bi halal Blogger Reporter
Halal bi halal Blogger Reporter. Foto oleh Dian Kelana

Apalagi Mas Karel Anderson yang notabene admin dari Blogdetik saat itu didapuk sebagai MC dan Mas Iskandar Zulkarnaen yang tidak lain merupakan admin dari Kompasiana didaulat membacakan doa pada penutupan acara. Jarang-jarang nih, dua admin dari kedua platform yang populer dan berbeda di Indonesia ini berada dalam satu panggung yang sama.

Selain para blogger yang hadir dalam acara tersebut, hadir juga dari pihak Indosat Bpk. Indar Atamnato – Chief Corporate Services Officer Indosat, Bpk. Adrian Prasanto – Division Head Public Relations Indosat, dan Bpk. Hermanuddin – GM Business & Development IM2.

Dalam sambutannya, Pak Indar Atmanto kembali menegaskan komitmen Indosat untuk terus memberikan dukungan terhadap kegiatan dan perkembangan jurnalisme publik untuk sama-sama ambil bagian dalam memajukan bangsa. Pada dasarnya, acara halal bi halal malam itu sendiri sudah menjadi bukti dari komitmen Indosat dengan tangan terbuka mau berbagi faslilitas yang kepada para blogger.

Indar Atamnato - Chief Corporate Services Officer PT Indosat Tbk
Indar Atamanto – Chief Corporate Services Officer PT Indosat Tbk. Foto oleh Dian Kelana

Yang mengejutkan adalah ketika Pak Indar menyampaikan bahwa Indosat tidak hanya bersedia berbagi dukungan fasilitas dan program, tapi juga siap berbagi ilmu pengetahuan, salah satunya adalah pelatihan pembuatan aplikasi.

Memberikan pelatihan pembuatan aplikasi kepada blogger adalah sesuatu yang menarik dan revolusioner. Ini sejalan dengan prediksi para ahli tentang era aplikasi punya potensi besar dalam menggantikan era web. Contoh yang paling sederhana adalah ketika para pengguna gadget lebih familiar membuka Facebook, Twitter, Detikcom atau Kompas dari aplikasi/launcher ketimbang membuka browser lalu mengetikan alamat situsnya. Jadi, bukan tidak mungkin kan kalau nanti Anda akan menemukan aplikasi “Jurnal Rosid” di Playstore ?

Saya kira apa yang disampaikan oleh Pak Indar soal kesediaan Indosat dalam meberikan pelatihan pembuatan aplikasi hanya dalam sambutan saja, ternyata pada sesi selanjutnya maju ke depan Pak Hermannudin – GM Business & Development IM2 menyampaikan presentasi tentang pelatihan pembuatan aplikasi, ini semakin mempertegas sambutan dari Pak Indar.

Dari sini kesimpulan dalam benak saya “waw, ini benar-benar serius !“. Ternyata Indosat juga sudah melakukan pelatihan serupa, hanya bedanya khusus untuk kalangan mahasiswa di kampus-kampus. Dari presentasi yang disampaikan oleh Pak Hermannudin, saya menangkap bahwa Indosat tidak hanya memberikan pelatihan pengembangan (pemrograman) aplikasi semata, tapi juga mengedukasi peserta pelatihan untuk pandai-pandai melihat peluang dalam penciptaan aplikasi agar layak guna, soal layak jual itu akan mengikuti seberapa besar aplikasi yang dibuat punya nilai guna.

Hemhhh… kira-kira para bloggernya siap gak ya diberi pelatihan pembuatan aplikasi ?

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.