Al-Qur’an Al-Hadi, Aplikasi Al-Qur’an di Android dengan Fitur Tematik dan Pencarian Tema Tertentu

[dropcap type=”circle” color=”#ffffff” background=”#000ff1″]S[/dropcap]
atu ketika mungkin kita pernah merasa kesulitan mencari ayat di dalam kitab suci Al-Qur’an dengan topik tertentu. Misalnya, Anda mencari ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang berisi perintah Allah bawhsannya kita harus jujur dalam takaran.

Itu mungkin bukan masalah ya bagi yang sudah hafiz Qur’an, tapi lain ceritanya bagi sebagian besar dari kita.

Jawaban atas kebutuhan seperti itulah yang dihadirkan oleh DR. Ahmad Lutfi Fathullah beserta timnya dari Pusat Kajian Hadis Jakarta, melalui sebuah aplikasi Al-Qur’an Al-Hadi dengan indeks tematiknya.

Kekayaan fitur aplikasi yang dimaksud tentu saja tidak hanya sampai pada sisi tematik, mulai dari membuka aplikasi kita akan disambut oleh random ayat yang berbeda-beda, kemudian di halaman muka kita akan disajikan menu utama :

  1. Kotak pencarian untuk kata kunci berdasarkan tema atau berdasarkan terjemah.
  2. Indeks tematik
  3. Kajian ayat
  4. Al-Qur’an

Pada menu Pencarian, kita bisa memasukan kata kunci tertentu dengan tunjuan pencarian berdasarkan tema atau terjemahan. Misal, kita memasukan kata kunci “Iman”, maka secara otomatis aplikasi akan menyajikan berbagai tema yang didalamnya mempunyai keterkaitan dengan iman.

Pada menu Indeks Tematik sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pola menu pencarian, hanya saja cara kerjanya yang sedikit berbeda. Disini semua tema di tampilkan secara terstruktur. Mulai dari kategori Aqidah, Akhlak, Syariah, Ilmu, Kisah, Alam Dunia, Alam Ghaib, dan Alam Akhirat.

Kategori tersebut jika kita klik akan dibagi lagi ke beberapa cabang. Contohnya adalah Syariah yang didalamnya ada Fiqh Ibadah, Fiqh Muamalah, Fiqh Ahwal Syakhshiyah, Fiqh Jinayah, Fiqh Kontemporer, dan Konsep. Tidak hanya sampai disitu, cabang-cabang tersebut jika diklik akan tampil rinciannya lagi untuk semakin menggambarkan tema ayat di dalamnya.

Pada menu Kajian Ayat, kita bisa memilih surah dan nomor ayatnya lalu aplikasi akan menampilkan poin-poin kajian untuk ayat tersebut. Poin-poin kajian ini adalah tema yang berkaitan dengan ayat tersebut. Sebagai contoh saya memilih surah An-Nissa ayat 8 yang akan dikaji. Ada 2 poin kajian yang muncul, yaitu Berbagi kepada yatim ketika membagi waris dan Konsep dasar warisan. Kemudian saya pilih Konsep dasar warisan. Maka akan muncul struktur tema yang berkaitan dengan Konsep dasar warisan, yaitu Waris > Fiqh Ahwal Syakhshiyah > Syariah.

Pada menu “Al Qur’an” kita akan disajikan daftar isi 114 surah, lengkap dengan artinya, sekaligus juga button download yang memungkinkan kita langsung mengunduh file MP3-nya (per ayat).

Pada saat file MP3 tersebut diputar, secara bersamaan akan auto scroll menampilkan ayat per ayat sesuai bacaan pada MP3. Jadi, kurang lebih seperti auto reader.

Aplikasi ini sangat bagus dalam memudahkan kita mengkaji dan memahami kitab suci Al-Qur’an untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Anda tertarik ? Langsung saja unduh DISINI. 

Satu lagi yang tidak kalah menarik dari aplikasi Al-Qur’an di Android dengan fitur tematik ini, aplikasi ini GRATIS dan bersih dari iklan (adware)Tapi kalau merasa sangat terbantu dan bersyukur sekali atas hadirnya aplikasi tersebut, bolehlah Anda berdonasi DISINI untuk kesinambungan dakwah dan pengembangan aplikasi lainnya. Bagaimanapun, saya yakin bahwa aplikasi tersebut butuh waktu, ketelitian, dan ketekunan yang ekstra. Luar biasa perjuangan para pengembang aplikasi Al-Qur’an Al-Hadi tanpa berorientasi pada nilai profit.

Semoga Allah SWT membalas amal baik mereka dengan ganjaran yang berlipat ganda dan nilai tak terkira. Amiin

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.