Instant, Aplikasi Cek Pulsa dan Kuota Internet untuk Pelanggan Indosat

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 16 September 2013 lalu, Indosat menambahkan aplikasi cek pulsa dan cek kuota internet di Google Play Store. Aplikasi tersebut adalah INSTANT, akronim dari Indosat Assistant.

Sesuai namanya, INSTANT berfungsi sebagai layanan asistensi bagi pelanggan Indosat untuk memberikan kemudahan dalam mengatur layanan nomor Indosat melalui ponsel cerdas penggunanya. Contohnya adalah cek pulsa, sekali buka aplikasi ini Anda akan disuguhkan tampilan sisa pulsa lengkap dengan keterangan sejak kapan kartu Anda aktif, masa aktif kartu, dan masa tenggangnya. Kemudian dibagian bawahnya ada keterangan profil paket berlangganan, sisa kuota paket internet.

Instant app

Dilihat ke bawah lagi ada beberapa menu lainnya :

  • Akun Pribadi, menampilkan identitas Anda sebagai pelanggan Indosat. Akan tampil Nama, Tanggal Lahir, Nomor Kartu Identitas, Email, dan Alamat. Kemudian dilengkapi Sisa Pulsa, Masa Aktif Kartu, Masa Tenggang, dan Paket Aktif.
  • Paket, menyajikan berbagai paket tambahan dan konten yang tersedia di Indosat yang bisa Anda pilih langsung untuk berlangganan tanpa harus melakukan dial code ke *123#.
  • Isi Ulang, pada menu ini kita dimungkinkan untuk melakukan isi ulang dengan memasukan kode voucher fisik atau secara online dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu juga kita bisa melihat riwayat isi ulang dan riwayat penggunaan.
  • Lainnya, meski diberi label “Lainnya” menu ini tidak kalah penting. Disini Anda bisa melihat info fitur Indosat, info PUK tanpa harus susah-susah membuka SIM, mengubah paket, melihat jumlah poin senyum, menukarkan poin senyum, dan riwayat penukaran poin senyum.
  • Hubungi Kami, melalui menu ini Anda bisa mengirimkan pesan permintaan, informasi, dan keluhan ke bagian Customer Service PT. Indosat.

Pengalaman saya setelah menggunakan aplikasi ini sangat membantu, gerak jari kita lebih efisien dan informasi yang disajikan lebih cepat dan lengkap. Tidak harus melakukan 2 kali pekerjaan untuk melakukan pengecekan pulsa dan kuota internet.

Meski demikian, masih ada beberapa kekurangan yang menurut saya itu cukup penting, yaitu ;

  • Untuk kembali ke menu sebelumnya saya sering refleks menggunakan menu Backspace pada perangkat, ternyata oleh aplikasi itu diterima sebagai perintah close alias menutup aplikasi. Di aplikasi Instant ini untuk kembali ke menu sebelumnya kita harus melalui breadcrumbs. Contoh, ketika kita membuka menu Paket Tambahan akan muncul breadcrumbs : Home >> Paket >> Paket Tambahan. Untuk kembali ke menu Paket kita harus klik “Paket” pada breadcrumbs tersebut.
  • Beberapa fitur penting layanan Indosat lainnya belum tersedia, seperti Transfer Pulsa atau Telepon Aku. Harapan saya, mudah-mudahan semua fitur yang ada di *123# bisa hadir juga di aplikasi Instant.

Selamat mencoba, download langsung DISINI.

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.