Kecanggihan LG G2 Menjawab Harapan Terhadap Ponsel Cerdas

[dropcap type=”circle” color=”#fff” background=”#000″]M[/dropcap]emahami, itulah kata kunci yang tampaknya tersemat kuat dibalik smartphone canggih terbaru besutan LG, yaitu LG G2. Jika selama ini pengembangan teknologi smartphone cenderung fokus pada sisi perangkat, tidak demikian dengan LG G2. Mengusung tagline “Learning from You” nampak jelas bagaimana rangkaian panjang LG melakukan riset pemahaman pada sisi pengguna demi menghadirkan smart phone yang benar-benar sesuai (bahkan melebihi) harapan penggunanya.

Hasilnya menakjubkan, produk yang tercipta bukan sekedar jadi, bukan sekedar bersistem operasi, bukan sekedar berlayar lebar, dan tentunya bukan hanya untuk memadati arena persaingan bisnis telepon selular. Kecanggihan LG G2 menjawab harapan terhadap ponsel cerdas.

Jika mendengar kata ‘smart phone‘, ekspetasi yang muncul dalam benak kita beragam, yang paling umum adalah layar yang lebar, sistem operasi terbaru, baterai tahan lama, resolusi kamera yang tinggi, aplikasi beragam, tampilan display bebas ngelag, dan lain sebagainya. Sayangnya, kriteria-kriteria tersebut tidak sepenuhnya kita pahami, bahkan cenderung hadir dalam benak kita hanya karena sebatas mendengar dari orang lain.

Harapan yang kita dengar berdasarkan apa kata orang lain pada akhirnya sering tidak sesuai dengan harapan kita sendiri. Misal “aplikasi yang beragam”, begitu smart phone tersebut sudah dalam genggaman tangan sendiri, ternyata banyak aplikasi yang sebetulnya tidak kita butuhkan, yang menggelikan justru apa yang kita butuhkan malah tidak ada.

Contoh konkritnya adalah apa yang terjadi pada sebuah tablet besutan produsen ternama, harganya lumayan nampol, aplikasinya banyak, sistem operasi terbaru, tapi untuk sekedar capture/screenshoot saja kita harus kerepotan menekan tombol OFF dan volume secara bersamaan. Benar-benar harus bersamaan, kalau tombol volume ditekan lebih dulu bukannya gambar layar berhasil di-capture, melainkan volume suara yang berubah.

Hal sederhana tapi penting semacam itulah yang coba dipahami oleh LG melalui LG G2, bagaimana sebuah smart phone dihadirkan sesuai dengan harapan, kebutuhan, dan keinginan penggunanya. Mulai dari sisi di balik layar (hardware & software) sampai dengan sisi interface.

HARDWARE

[tab]
[tab_item title=”5.2” Full HD IPS Display”]

G2 5,2 Full HDBerbekal layar Full HD IPS dengan area 5,2″, G2 menyajikan tampilan yang cerah, jelas dan nyaman pada mata. Display yang benar-benar memberikan pengalaman supersior dengan kerapatan warna yang tampak sangat alami, teks yang tajam, high definition yang detail, serta rasio 16:9 tak ubahnya layar bioskop dipindahkan ke genggaman Anda.

Resolusi 423 pixel per inci membuat semuanya menjadi tampak benar-benar nyata, perbandingan warna yang lebih akurat dengan aslinya, representasi warna tanpa saturasi yang berlebihan tidak membuat mata kita lelah saat membaca naskah digital seperti ebook atau epaper. Apapun yang kita lihat menjadi tampak lebih otentik.

[/tab_item]

[tab_item title=”Kamera 13MP”]

[column col=”1/2″]

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Getaran tangan adalah salah satu tantangan terbesar saat menggambil gambar menggunakan kamera. Dengan G2 kita tidak perlu lagi repot-repot membawa tripod untuk mendapatkan gambar yang tajam atau video yang halus. Selain dibekali resolusi tinggi 13 MP, LG telah melakukan terobosan pada G2 dengan menyematkan teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) yang mampu menstabilkan fokus kita saat megambil tangkapan kamera. Hasilnya gambar kitapun bebas dari blur yang tidak diharapkan.

OIS juga akan membantu kita untuk mendapatkan eksposur yang tepat dan tembakan cahaya rendah yang menakjubkan saat mengambil gambar di malam hari.

Multi point Auto Focus (AF) yang berjumlah 9 titik memudahkan kita dalam mengambil gambar benda atau wajah yang bergerak dengan lebih cepat tanpa kehilangan fokus. Ditambah lagi dengan perbesaran (zoom) sampai 8 kali dengan resolusi yang super memungkinkan kita melakukan perbesaran tanpa khawatir kualitas gambar menjadi pecah.[/column]

[/tab_item]
[tab_item title=”Hight Quality Sound”]

High Quality SoundDibalik musik yang asik ada banyak detail unsur nada dan suara. Hanya dengan sound berkualitas tinggilah kita dapat menikmatnya secara sempurna.

Teknolgi pada G2 memberikan dukungan audio yang berkualitas tinggi, memungkinkan kita menikmati berbagai alunan musik persis seperti file dari Master Studionya langsung, dengan nada dasar yang mendalam, rincian vokal yang halus,atau bahkan suara manis dari power chord.

G2 suport untuk 24-bit, kHz 192 Hi-Fi, memutar FLAC dan WAV.

Tidak hanya itu, fitur rekaman multi-mic canggih pada G2 juga mampu mendistorsi noise pada saat merekam, sehingga hasil rekaman suara lebih jelas walau diambil pada lingkungan yang lumayan bising.[/tab_item]

[tab_item title=”Prosesor Quadcore”]

Qualcomm® Snapdragon™ 800 ProcessorGrafis yang halus baik saat menonton video maupun sedang bermain game, akselerasi gerak yang sempurna, berselancar dengan cepat, berpindah-pindah aplikasi tanpa delay, itulah pengalaman yang akan Anda dapatkan dari ponsel cerdas G2 yang dibekali prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 800 Processor dengan 2.26Ghz Quad-Core CPUs.

Beban kerja yang dibagi kedalam 4 core membuat semuanya lebih efisien, sehingga dengan mudahnya G2 melahap beberapa proses sekaligus.

Performa grafis 50% lebih baik dan kinerja CPU menjadi lebih cepat.

Tanpa ragu, berbagai aplikasi game dengan syarat resource yang tinggipun siap dibenamkan di G2.

[/tab_item]

[tab_item title=”Baterai 3.000 mAh”]

Long-Lasting BatteryG2 mendapatkan suplai energi dari baterai 3.000 mAh SiO. Anda bisa menikmati apa yang ada di G2 seharian penuh. Mendengarkan musik, menonton video, berselancar di internet, update rutin di media sosial, mengabadikan setiap momen, semuanya bisa Anda lakukan seperti tanpa batasan.

Didesain menggunaan anoda silikon memungkinkan kapasitas penyimpanannya lebih maksimum dan efisien dalam ukuran yang super tipis dibandingkan dengan baterai Li-Ion lainnya.

Belum lagi dengan ditambahkannya chipset GRAM  yang mampu menghemat baterai dengan konsumsi listrik kurang 10%.

[/tab_item]
[/tab]

LEARNING FROM YOU…

Bicara hardware sudah tidak diragukan lagi, dengan sumber daya yang sedemikian hebat kita sudah punya alasan yang cukup kuat untuk menyandingkan LG G2 dengan rutinitas keseharian kita. Tapi, apakah hanya itu jawaban atas harapan-harapan pengguna smart phone selama ini ? tentu saja tidak !.

Inilah jawaban atas harapan-harapan kita.

[accordion]
[acc_item title=”Guest Mode”]

[column col=”1/2″]

Guest Mode[/column]

[column col=”1/2″ last=”true”]

Pernah merasa khawatir “masuk ke ruangan yang salah” ketika smart phone Anda digunakan oleh si buah hati atau teman ?, dengan G2 itu tidak akan terjadi.

Fitur Guest Mode yang selama ini ada di komputer oleh LG diaplikasikan pada G2 dengan konsep yang lebih menarik. Pengguna selain pemiliknya akan mengira bahwa ia berada di tampilan halaman utama.

Mengaktifkan fitur ini akan membatasi akses pengguna hanya pada beberapa aplikasi yang ditentukan sebelumnya oleh pemilik. Dengan pembatasan akses ini, privasi pengguna LG G2 akan selalu terjaga.

[/column]

[/acc_item]
[acc_item title=”Audio Zoom”]

[column col=”1/2″]
Fitur ini sangat unik, dengan menggunakan 3 mikrofon stereo, G2 mempunyai kemampuan ekstra dalam menangkap suara dari sudut-sudut tertentu dan disaat bersamaan menyingkirkan kebisingan atau noise dari area sekitar. Luar biasa, kita jadi punya kemampuan prioritas untuk memperbesar suara yang ingin didengar atau menghilangkan yang tidak ingin didengar.
[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

[/column]
[/acc_item]

[acc_item title=”Text Link”]
[column col=”1/2″]

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]
Bisa jadi menyalin sebuah teks dari pesan ke kalender atau browser menjadi sesuatu yang kuno, setidak kita menggangap demikian setelah melihat fitur Text Link di G2. Ya, cukup dengan menyentuh teks tersebut selama 1 detik akan muncul opsi antara lain ; menyimpannya ke catatan/kalender atau menjadikannya kata kunci pencari pada mesin pencari. Sangat efisien !
[/column]
[/acc_item]

[acc_item title=”Knock ON”]
[column col=”1/2″]
Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layar cukup dengan dua ketukan jari. Cukup sesingkat itu penjelasan tentang Knock On, mengingat cara kerjanya juga sangat singkat.
[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Knock on G2

[/column]
[/acc_item]
[acc_item title=”Plug & Pop”]

[column col=”1/2″]

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Untuk apa Anda biasanya menggunakan headset ?, mendengarkan musik? menonton video ? main game ? atau melakukan panggilan ?.

Di G2, sekali colok headset maka akan langsung muncul ikon intuitif seperti Musik, Video, dan Panggilan sebagai pintasan yang membantu Anda lebih cepat.

[/column]

[/acc_item]
[acc_item title=”Dual Recording”]

[column col=”1/2″]

Fitur yang sangat menyenangkan, kamera depan dan kamera belakang bisa difungsikan untuk merekam secara bersamaan. Sehingga Anda bisa merekam diri sendiri dan subjek Anda pada waktu yang sama. Dengan menggunakan teknologi pictur-inpicture bisa menempatkan wajah Anda di foto atau video yang akan diambil.

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Dual recording camera g2

[/column]

[/acc_item]

[acc_item title=”Tracking Zoom”]

[column col=”1/2″]

Tracking Zoom

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Gokil, itulah kata yang tepat untuk fitur ini. Tracking Zoom memungkinkan Anda membuat video unik dengan bingkai picture-in-picture yang disematkan pada subjek yang difokuskan, tanpa kehilangan bagian adegan secara keseluruhan.

[/column]

[/acc_item]

[acc_item title=”Zoom to Track”]

[column col=”1/2″]

Kalau gambar di-zoom untuk melihat lebih besar obyek tertentu sih sudah biasa, tapi bagaimana dengan video ?. Hah, video di-zoom ??? (shock)

Ya, itulah yang dimaksud dengan fitur Zoom to Track. Misalkan sedang menonton video konser, nahhh… dengan Zoom to Track kita bisa melakukan perbesaran pada wajah artisnya saja dengan lebar yang sama.

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Zoom to Track

[/column]

[/acc_item]

[acc_item title=”Capture Plus & Clip Tray”]

[column col=”1/2″]

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Capture Plus memungkinkan Anda melakukan capture satu halaman penuh sebuah web dalam satu file mencakup bagian halaman yang tak tampil pada layar. Wow, komputer saja harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukan hal ini.

Sedangkan Clip Tray memungkinkan penggunanya menyalin atau menyimpan berbagai bagian menarik seperti layaknya PC. Misalnya seluruh isi dalam suatu website menarik, ke dalam sebuah penyimpanan.

[/column]

[/acc_item]

[acc_item title=”Slide A Side”]

[column col=”1/2″]

Memberikan kemudahan multitasking berpindah aplikasi cukup dengan melakukan gerakan menggeser pada layar menggunakan sentuhan tiga jari secara bersamaan. Fitur ini secara otomatis akan menyimpan tiga aplikasi yang paling sering dipakai.

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Slide a side

[/column]

[/acc_item]

[acc_item title=”Quick Memo”]

[column col=”1/2″]

Quick Memo Ebiet G Ade

[/column]
[column col=”1/2″ last=”true”]

Ini memudahkan pengguna untuk menulis, menggambar bahkan menyelipkan catatan langsung pada tampilan layar yang digunakan. Dalam penggunaannya dilengkapi opsi untuk membaginya dengan orang lain melalui lampiran pesan atau URL.

[/column]

[/acc_item]

[/accordion]

 

Jika Anda sudah sangat penasaran bisa mencoba emulatornya yang sudah disediakan oleh LG. Download saja langsung aplikasi G2 Emulator dari Google Play Store DISINI, ada 6 fitur yang bisa Anda temukan, yaitu Knock On, Quick Memo, Guest Mode, Slide A Side, Capture Plus, dan Clip Tray.

Jangan lupa bergabung bersama G2 di www.tomeyouareperfect.com untuk berbagi apresiasi terhadap orang-orang yang sudah menjadi bagian dari harapan-harapan Anda.

SPESIFIKASI

Spesifikasi Smart Phone LG G2

Type

Smart Phone

Color

Black / White

CPU Speed

2.26GHz Quad core

CPU Type

Snapdragon 800

Display

1920×1080 Full HD IPS Display, 5.2″

RAM

2GB LPDDR3 800MHz

ROM

32GB

Network*

· CDMA (1x / EVDO Rev.A)

· 2G (GSM / EDGE)

· 3G (HSPA+42Mbps / HSPA+21Mbps)

· LTE (SVLTE, CSFB, CA, VoLTE, RCS, MIMO)

Dimensions**

138.5 (L) x 70.9 (W) x 8.9 (D)

Battery**

3,000mAh / Embedded Li-Polymer

Audio

24bit x 192kHz Hi-Fi Sound

Camera

· 13MP OIS (Optical Image Stabilizer)

· 8x Digital zoom

· Sapphire Crystal Glass Lens

· Multi-point AF (9 Points)

· Full HD 60fps Recording/Playback

*   Frekuensi yang tercantum tergantung pada dukungan jaringan / operator tertentu
** Dimensi dan kapasitas baterai bervariasi

 

GALERI

 

Referensi : http://www.lg.com/global/g2/sub2.html

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.