Wisata Alam Pemandian Air Panas dan Air Terjun Batu Kapur Kab. Subang

Terakhir kali mengunjungi obyek wisata yang ada di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang ini tahun 1999. 14 tahun kemudian, yaitu tahun 2013 alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk “kalau ada air panas di Sagalaherang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh kita datang kembali.”

Akses menuju obyek wisata Batu Kapur bisa dilalui melalui 2 jalur, yaitu jalur Dawuan (untuk yang dari arah utara) dan Sagalaherang (untuk yang dari arah selatan semisal Bandung).

Seingat saya, obyek wisata Batu Kapur tidak mengalami banyak perubahan dari tahun 1999. Yang sedikit agak mengecewakan adalah kondisi jalan dari jalur yang saya lalui (Dawuan) masih jauh dari kata layak untuk sebuah lokasi wisata yang punya potensi besar. Sebagian sudah beraspal, dan sebagian lainnya bisa dianggap sebagai jalur Ombak Banyu. Maklumlah, soal jalan yang rusak sudah menjadi penyakit kronis di Kabupaten Subang.

Pemandangan di perjalanan menuju obyek wisata Batu Kapur dari jalur Dawuan
Pemandangan di perjalanan menuju obyek wisata Batu Kapur dari jalur Dawuan

Meski akses jalan yang tidak begitu bagus, kita masih dibilang beruntung karena di sisi kanan dan kiri tersaji pemandangan alam yang mepesona khas bumi Parahyangan. Wajar saja, kalau beberapa tahun silam Kecamatan Sagalaherang menjadi lokasi pembuatan sinetron “Si Kabayan” yang diperankan oleh Didi Petet.

Dengan tiket masuk sebesar  10.000 rupiah di musim libur lebaran, obyek wisata alam Batu Kapur menawarkan dua  titik rekreasi, yaitu kolam pemandian dan air terjun. Sebetulnya ada satu titik rekreasi lainnya, yaitu sungai dengan air yang jernih. Namun mengingat kontrol dan standar keamanan yang masih rendah, saya tidak menyarankan untuk titik rekreasi sungai.

Kolam besar pemandian alam Batu Kapur
Kolam besar pemandian alam Batu Kapur

Kolam pemandian yang tersedia ada dua, yaitu kolam besar dengan air yang bersuhu normal dan kolam kecil dengan air panas alam langsung dari mata airnya. Khusus untuk kolam air panas, kita diharuskan membayar tiket kembali sebesar 10.000 rupiah (musim libur lebaran).

Kolam pemandian air panas Batu Kapur. Langsung dari mata airnya.
Kolam pemandian air panas Batu Kapur. Langsung dari mata airnya.

Untuk wisata alam air terjun atau yang dikenal dengan Curug Batu Kapur, kita harus menapaki anak tangga karena lokasi Curug Batu Kapur berada di bagian yang lebih tinggi. Tidak terlalu jauh, tapi tanjakannya lumayan curam. Jadi, pastikan tidak menggunakan alas kaki yang licin.

Penunjuk arah ke Curug Agung di obyek wisata Batu Kapur.
Penunjuk arah ke Curug Batu Kapur.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga tercinta, di Batu Kapur juga tersedia beberapa gazebo untuk berisitirahat atau makan bersama keluarga. Pastikan sampahnya tidak dibuang sembarangan, kalau bisa justru di bawa pulang. Apalagi di obyek wisata Batu Kapur masih sedikit sekali tempat sampah yang tersedia.

Curug Agung - Batu Kapur, Kab. Subang
Curug Batu Kapur, Kab. Subang
  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.