Kabareskrim Klaim Punya Sistem Pengamanan yang Kuat, Situs Bareskrim Polri Dibobol Peretas

Sebagaimana dimuat pada inilah.com (30/01/2013), Komjen Pol Sutarman memastikan bahwa situs Bareskrim Polri lebih kuat dibanding situs-situs pemerintah lainnya. Sutarman mengklaim Bareskrim Polri tidak gentar kepada para hacker (peretas) karena pihaknya percaya diri telah memiliki sistem keamanan yang kuat.

“Dari situ saja kita bisa analisa. Kalau bisa di-hack, berarti pengamanannya tidak baik. Termasuk dulu situs KPU, situs Polri juga pernah,” kata Sutarman usai mengikuti Rapim Polri di Jakarta, rabu (Inilah.com, 30/1/2013). “Kalau Bareskrim kuat, kami kuat,” tambahnya.

Sesumbar, itulah mungkin satu alasan yang membuat para peretas melancarkan askinya terhadap situs http://bareskrim.polri.go.id sebagai jawaban atas pernyataan Kombes Sutarman. Saat saya buka situs tersebut pada pukul 12.30 WIB(Rabu, 31/07/2013), tampak situs tersebut telah diretas dengan tampilan layout background hitam, diatasnya ada burung garuda berlatar belakang bendera merah putih dalam bingkai bulat glossy.

Peretas meninggalkan pesan :

“LIHATLAH MERAH PUTIH INI, BERTAHTAKAN GARUDA YANG SEMPURNA”
“MENGARTIKAN BERANI, SUCI HATI DAN JIWA”

“MELAMBANGKAN BESAAAARRRR, GAGAH, DAN PERKASA”

“YA !!! INILAH BENDERA DAN LAMBANG NEGARAKU YANG INDAH NAN DIAGUNGKAN”

“TAPI KINI DIA SEDANG MENANGIS, MEMBAYANGKAN KAPAN “BERAKHIRNYA” KEBOBROKAN INI”

“DEMI TUHAN, DOA(NYA) YANG SELALU BERGEMA DEMI UMAT MANUSIA DI INDONESIA”

“HENTIKANLAH WAHAI TUAN, MUSNAHKAN KETIDAKSEIMBANGAN INI, HILANGKANLAH KEBIASAAN-KEBIASAAN YANG AKAN MEMBUAT KERUGIAN, SIRNAKAN :'(“

“BERPIHAKLAH PADA RAKYAT DAN NEGARA, DEMI IBU PERTIWI TERCINTA, KEMBALI KITA TERBANGKAN BERSAMA”

SAYA “pra5astea” MEMOHON MAAF ATAS KELANCANGAN INI…DEMI KATA-KATA DISEBUAH SUMBER INI DISINI

Belajar dari kejadian ini, mungkin kita perlu mengingat lagi pepatah “diatas langit masih ada langit”. Berikut ini adalah screenshoot nya :

bareskrim

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.