Ada Ayam Goreng Peri-Peri Khas Afrika di Kota Bogor

Kulineran di kota Bogor ’emang gak ada matinye‘, sebelas – dua belas sama kota Bandung. Kali ini kuliner nikmat yang tidak boleh dilewatkan saat melancong ke Kota Hujan adalah Ayam goreng Peri-peri khas Afrika.  Ayam goreng Peri-peri merupakan menu juara dari Ayam Salto yang digawangi oleh Pak Hadi. Saya, Bang Nur, dan Kang Arul benar-benar dibuat penasaran oleh olahan ayam yang satu ini.

Terdiri dari 1/4 potong ekor ayam (size super bukan ?), selain yang digoreng ada juga yang dibakar bakar. Tinggal dipilih sesuai selera. Karena saya lebih suka ayam yang digoreng, akhirnya disini pun saya memilih ayam peri-peri goreng.

Sambal Ayam Peri-peri begitu menggoda
Sambal Ayam Peri-peri begitu menggoda

Soal rasa, sebab lidah gak bisa bohong saya yakin siapapun yang mencicipinya tidak akan dibuat kecewa. Meski harus menunggu beberapa menit (ini nih yang makin bikin penasaran), begitu tersaji di meja harum bumbunya benar-benar sangat kuat membuka celah diperut makin lebar.

Potongan ayamnya yang besar sempat membuat saya bertanya-tanya “yakin nih bakalan habis ?”. Nyatanya, kami bertiga ditemani Kang Chandra hanya menyisakan tulangnya sodara-sodara !

Kekuatan ayam peri-peri terletak pada bumbu dan sambalnya. Mulai dari kulit sampai ke bagian daging paling dalam benar-benar meresap. Bumbunya yang kuat saya kira akan merusak rasa alami dari ayam goreng itu sendiri, ternyata tidak. Maklum, saya suka dengan masakan yang berbumbu kuat asalkan tidak merusak rasa asli dari bahan pokoknya. Bergeser ke sambalnya, terus terang cocok dengan lidah saya. Berbahan potongan cabai dan tiga jenis tomat, yaitu tomat sayur, tomat buah, dan tomat cherry, sambalnya melengkapi citarasa dari ayam goreng peri-peri.

Per-peri itu sendiri berasal dari bahasa Afrika (Piri-piri) yang berarti cabai mata burung dan banyak tumbuh di  Uganda, Malawi, Afrika Selatan, Ghana, Nigeria, Zambia, Zimbabwe, dan Mozambique. Meski berbau Afrika, resep dan racikan ayam peri-peri ini sudah disesuaikan dengan karakter lidah orang Indonesia. Soal harga, tidak perlu takut kecele, cukup dengan 25 ribu rupiah per porsi kita siap dibuat ketagihan.

Biar tidak penasaran, boleh dicoba mampi ke Warung Gumbira, pasar kuliner terlengkap di Kota Bogor yang terletak di Jl. Panrango No. 1 Bogor Tengah. Masuk ke dalam dan order di tenant Ayam Salto. Selamat menikmati.

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.