Punjung Muncul, Bakwan Malang Enak di Jakarta Timur

Rada klenger juga ngeblog soal teknologi mulu, jadi kepikiran buat refreshing dengan ngebahas rubrik kuliner. Yups, kali ini saya mau ngomongin soal Bakwan Malang enak di Jakarta Timur. Beneran, kalau gak enak gak bakalan deh sampe saya tulis di sini.

Bakwan Malang yang satu ini sudah jadi langganan saya sama istri semenjak tinggal di Jatinegara. Ya kurang lebih sekitar 2 tahun.

Ko baru menuliskannya?

Sebetulnya sudah dari beberapa bulan lalu berencana mau menuliskannya, tapi tiap kali mau foto-foto selalu pas ramai. Kan gak enak kalau ada orang yang kurang berkenan karena wajahnya mejeng di blog saya. Sekalinya pas sepi, eh sayanya malah lupa. Barulah sekarang ini pas ingat, pas pula lagi agak sepi.

Punjung Munjul, Bakwan Malang enak di Jakarta Timur
Punjung Munjul, Bakwan Malang enak di Jakarta Timur

Bakwan Malang ini namanya “Punjung Muncul”. Gak tau apa artinya, yang jelas… Buat pecandu bakso dan sejenisnya macam saya ini, ini adalah salah satu Bakwan Malang terenak yang pernah saya santap. Kalau yang kurang enak, jujur nih ya… kadang kuahnya kurang sedap, agak kecut-kecut gitu, atau kadang baksonya yang kebanyakan sagu. Kalau ini laen…

Bakwan Malang Punjung Muncul ini buka sore hari di emperan sebuah toko di seberang Pasar Ciplak, Jatinegara. Meski tempat jualannya terlihat sederhana, soal kualitas rasa sangat terjaga.

Gerobak Punjung Muncul, Bakwan Malang Enak di Jakarta Timur
Gerobak Punjung Muncul, Bakwan Malang Enak di Jakarta Timur

Pertamakali mencicipi Bakwan Malang Punjung Muncul ini (sekitar 2 tahun lalu), lidah saya spontan gak bisa bohong, “ini benar-benar lain!“.

Kuahnya nih, baik rasa maupun aromanya benar-benar harum segar menggoda selera. Buat saya, kuah pada bakso adalah sesi pertama dan utama yang harus dicoba.

Baksonya, alamaaaakkk!!…. nendang banget, daging sepenuhnya! Lihat saja nih belahannya.

Bakwan Malang Enak di Jakarta Timur, Namanya Punjung MunculBegitupun dengan bakwan dan pangsitnya, gurih… renyah dan empuk. Isinya? Cek gambar dari tekape ya, Gan!

Pangsit Bakwan Malang Punjung Muncul yang gurih
Pangsit Bakwan Malang Punjung Muncul yang gurih

Yang membuat saya makin suka adalah saus dan sambal. Maaf, saya gak bisa bahas soal kecapnya, karena saya kurang suka dengan kecap. Hehehehe…

Sausnya mereka pakai saus berkualitas, kalau gak Belibis, ya Delmonte.  Ajib kan? Makanya saya bilang, meski tampak sederhana, mereka tidak mentolerir soal jaga rasa.

Tofu (tahu) isinya juga lembut dan gak berbau
Tofu (tahu) isinya juga lembut dan gak berbau

Sambalnya juga cabai murni, tidak diolah macam-macam. Buat saya, ini sangat tepat, karena sambal yang diolah macam-macam malah bisa merusak citarasa yang sesungguhnya. Dari yang tadinya sudah pas rasanya, karena dikasih sambal, bisa jadi rusak deh rasanya.

Soal harga? Yakin deh, gak mengecewakan. Seporsinya 15 Ribu Rupiah. Di banding bakwan biasa, yang kisaran 8-13 Ribuan, ini memang agak di atasnya. Tapi saya yakinitu harga yang sangat sebanding dengan rasanya. Masih ramah kantong kan?

Fokus ke baksonya, jangan ke kumis
Fokus ke baksonya, jangan ke kumis! 😀

Kekurangannya? Jujur, buat saya sih soal tempat. Sempat beberapa kali gagal makan di tempat karena space yang terbatas. Dengar kabar sih, mereka juga akan buka di siang hari, hanya saja tempatnya kalau siang ini ada di seberangnya, tepat di depan Pasar Ciplak.

Penasaran? Langsung saja ke lokasi ya. Gak usah minta diantar, nanti sayanya jadi enak kalau ditraktir 2-3 mangkok. 😅

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.