Review ASUS ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Seperti yang disebutkan di tulisan sebelumnya, beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2017, ASUS telah meluncurkan deretan baru keluarga ZenFone, yaitu ZenFone 4 Selfie series. Bertempat di Pullman Hotel Jakarta, tidak hanya ZenFone 4 Selfie series sebetulnya yang diboyong ke Indonesia, tapi ada juga ZenFone 4 Max yang dibekali dengan baterai 5000 mAh. Dua pekan berlalu, saya telah mendapatkan beberapa kesan dan kesimpulan atas salah satu seri yang selama itu pula digunakan, yaitu ZenFone 4 Selfie (ZD553KL). Berikutan ini adalah review ASUS ZenFone 4 Selfie (ZD553KL) dari saya.

Kamera ASUS ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Front Camera

Kelebihan yang paling menonjol dari ZenFone 4 Selfie terletak pada kamera depannya (Ya iya lah… namanya juga “Selfie”! 😀). Untuk memanjakan para pecinta selfie, bagian kamera depan ZenFone 4 Selfie dibekali dengan 4 komponen smartphone photography yang lengkap, yaitu:

  • Kamera selfi utama 20 Megapiksel
  • Kamera wide dengan resolusi 8 Megapiksel
  • Softlight LED Flash
  • P-Sensor/Light Sensor (2 in 1)
4 komponen kamera depan ASUS ZenFone 4 Selfie
4 komponen kamera depan ASUS ZenFone 4 Selfie

4 komponen tersebut sekaligus menjadi jawaban atas 6 kebutuhan dasar selfie orang Indonesia menurut hasil riset ASUS. 6 kebutuhan dasar tersebut terdiri dari:

  • Ultra HiRes Selfie
  • Wide Angle Wefie
  • Low Light Selfie
  • Bokeh Selfie
  • 4K Video Selfie
  • Front LED Flash

Rear Camera

Sementara di bagian kamera belakang. ZenFone 4 Selfie memiliki kamera yang tidak kalah ciamik. Meski namanya “selfie“, ASUS tetap memberikan perhatian penuh dengan disematkannya kamera beresolusi 16 megapiksel dengan focal length 26mm setara dengan kamera film 35mm.

Rear kamera ASUS ZenFone 4 Selfie
Rear kamera ASUS ZenFone 4 Selfie beresolusi 16MP

Software Kamera ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Jila selama ini kita lebih menganel PixelMaster di lini teknologi perangkat lunak kamera ZenFone, maka di ponsel cerdas yang didedikasikan untuk selfie ini ASUS memboyong teknologi yang agak mirip, hanya saja kembali lagi difokuskan untuk swafoto, yaitu SelfieMaster. Sebuah software yang dikembangkan sendiri oleh ASUS untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera ZenFone 4 Selfie.

Fitur SelfieMaster di ZenFone 4 Selfie
Fitur SelfieMaster di ZenFone 4 Selfie

Hasilnya bagaimana?

Perpaduan antara hardware kamera yang tinggi serta software SelfieMaster yang kaya fitur mampu menghasilkan pengalaman fotografi ponsel yang tidak hanya indah pada hasilnya, tapi juga mudah dalam penggunaannya. Ada begitu banyak fitur kamera yang dihadirkan ASUS di ZenFone 4 Selfie. Yang sudah pasti adalah fitur beautyfication, yang selama ini memang dikenal sebagai fitur “makeup wajah” tanpa ribet dan one touch result.

Sesuai dengan hadirnya lensa kedua bersesolusi 8MP untuk wide angle wefie, sehingga bisa muat banyak orang ke dalam satu frame, di ZenFone 4 Selfie kita juga akan menemukan fitur perpindahan mode secara instan dari selfie ke wefie. Dengan mode wefie, sudut jangkauan kamera bisa mencapai 120º.

Berikut ini adalah galeri hasil bidikan menggunakan ZenFone 4 Selfie. Foto-foto di bawah ini tidak di-retouch (editing), hanya ukuran panjang dan lebarnya saja diperkecil.

Rear Camera  (Klik pada foto untuk tampilan lebih besar)

Front Camera/Selfie (Klik pada foto untuk tampilan lebih besar)

Dengan mode Selfie (Automatis)
Dengan mode Selfie (Automatis)
Dengan mode Wefie (Wide - Automatis)
Dengan mode Wefie (Wide – Automatis), tampak lebih lebar sudut jangkauannya

Desain ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Porsi Layar Pada Bodi

Selanjutnya mari kita bahasa soal desain. Di bagian ini, jelas yang langsung hadir di benak pikiran kita adalah soal ukuran. ZenFone 4 Selfie memiliki ukuran layar 5,5″. Meski lumayan besar, saya tidak merasa ini terlalu besar, apalagi jika dibandingkan dengan ZenFone 3 520KL yang selama ini saya pakai. Kenapa? karena ZenFone 4 Selfie ini memiliki bodi yang tipis, ketebalannya hanya 7,85 mm alias tidak sampai 1 cm. Panjangnya juga hanya 155,66 mm dan lebar 75,99 mm.

ukuran Zenfone 4 SelfieSoal porsi layar di bodi nih, layar ZenFone 4 Selfie ZD553KL memiliki bezel yang juga lumayan tipis, 1,65mm. Kalau dirasiokan, rasio layar ke bodi sekitar 70,6%. Rasio ini cukup besar, mengingat tim ASUS sendiri tampaknya harus bekerja keras dan berinovasi super ekstra, karena mereka harus menempatkan 4 komponen kamera yang kompleks di bagian depan, tepatnya di atas layar.

Layarnya sendiri sudah 2,5D curved glass yang terlihat frameless, memberikan keseimbangan pada keindahan desian dan kenyamanan saat digenggam.

Bodi Full Metal

Bodinya berbalut full metal yang terlihat mengkilap, namun doff saat digenggam. Meski sedikit, ASUS sangat konsisten dengan ciri khas konsentris ZEN-nya yang kali ini tidak ditempatkan di bodi, melainkan hanya di kamera.

(Klik pada gambar untuk tampilan lebih besar)

Di banding bodi ZenFone 3 saya yang berbalut bodi Gorilla Glass, jujur saya lebih suka desain bodi ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Aura mewahnya lebih tampak tanpa ada rasa khawatir jatuh atau meninggalkan jejak sidik jari. Satu lagi, balutan metalnya hingga ke sisi tepi, sehingga ZenFone 4 Selfie ini tidak memiliki frame bumper.

Interface Komponen

Untuk bagian interface komponen pada bodi ZenFone 4 Selfie, menurut saya tidak ada yang terlalu mencolok, hanya saja pada beberapa bagian memang agak sedikit berbeda dari seri-seri sebelumnya. Salah satunya seperti penempatan 4 komponen kamera yang sudah di bahasa tadi.

Hal berbeda lainnya adalah bagian tombol fingeprint reader yang tidak lagi ditempatkan di belakang bodi, tapi langsung di tombol home.

Fingerprint reader ZenFone 4 Selfie hadir di bagian depan, menyatu dengan tombol Home
Fingerprint reader ZenFone 4 Selfie hadir di bagian depan, menyatu dengan tombol Home

Kemudian ada juga triple slot yang bisa berfungsi sekaligus untuk 2 SIM Cards dan 1 Memory Card. Ini buat saya sebuah keleluasan lebih tentunya, jika biasanya hanya ada dual slot yang salah satunya menjadi pilihan “kartu SIM atau kartu memori”, di ZenFone 4 Selfie kita bisa menggunakan ketiganya sekaligus. Alhasil, ruang memori penyimpanan yang sebelumnya sudah terbilang besar, yaitu 64GB, masih bisa didongkrak (dengan SD Crad) sampai  2TB.

Triple slot untuk SIM Card dan SD Card di ZenFone 4 Selfie
Triple slot untuk SIM Card dan SD Card di ZenFone 4 Selfie

Performa ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Bagaimana soal performa? Baiklah, dari sisi kamera sudah, desain juga sudah, sekarang saya ingin mengajak Anda bergeser ke soal performa.

LPDDR3 4GB + Snapdragon 430 8 Cores

Secara teknis, bisa dibilang kalau ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553K ini tidak hanya dirancang untuk mereka yang hobi selfie, karena di bagian dapur pacunya sendiri dibekali memori LPDDR3 4GB dengan otak prosesor Snapdragon 430 8 inti dan GPU Adreno 505 yang tentu tidak hanya asik buat foto-foto, tapi juga lebih dari cukup untuk bermain game berbobot yang biasanya memang butuh resource ekstra.

Dari hasil pengujian benchmark yang saya lakukan menggunakan Antutu Benchmark, diperoleh skor sebagai berikut.

Hasil Benchmark ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553K
Hasil Benchmark ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553K

Baterai 3000 mAh

Meski memiliki ukuran baterai dengan kapasitas standar, ASUS bisa dikatakn berhasil mengoptimasi ZenFone 4 Selfie agar tetap rendah konsumsi energi. Menariknya lagi, meski bodinya berbalut metal, ZenFone 4 Selfie ini tidak mudah panas. Termasuk ketika saya coba jadikan hotspot thetering sekitar 4 jam dan bermain game NBA.

Sistem Operasi

Sistem operasi ZenFone 4 Selfie sudah menggunakan ZenUI 4.0 berbasis Android 7.1 Nouget.

ZenUI 4.0 hadir dengan berbagai pembaruan yang menjadikannya lebih user friendly dan lebih cepat karena kesederhanaannya. Visualnya benar-benar baru, tampak lebih minimalis dan modern. Saya semakin suka, karena semakin ke sini, ZenUI semakin dibuat cerdas. Aplikasi yang ditonjolkan hanya benar-benar aplikasi yang menurut saya dibutuhkan dan penting.

Contoh yang menurut saya sangat keren adalah fitur Safeguard. Safeguard memungkinkan teman atau keluarga kita melacak posisi kita secara online ketika kita mengirimkan informasi lokasi. Ini sangat efektif untuk di situasi darurat, sehingga jika kita merasa ada sesuatu yang mengancam bisa mengirimkian tanda SOS secara cepat kekontak yang telah kita set atau nomor darurat setempat serta mengirimkan pesan dengan informasi lokasi saat ini untuk membantu tetap aman.

Informasi lebih lengkap mengenai ZenUI 4.0 dapat dilihat di halaman ASUS ZenUI 4.0.

Spesifikasi dan Harga ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Berikut ini adalah spesifikasi dari ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Saat ini, ZenFone 4 Selfie ZD553K dibandrol dengan harga Rp 3.499.000 dan sudah bisa didapatkan di Erafone, Bhinneka, Dino Market dan Blibli.

Spesifikasi ASUS ZenFone 4 Selfie
Spesifikasi ASUS ZenFone 4 Selfie

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.