ZenFone 3 Max dengan Segala Alasannya Kenapa Harus Dimiliki

Setelah beberapa bulan lalu saya dan istri diundang ke launching “keluarga baru” ASUS, ZenFone 3 Series, beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 7 Februari 2017, saya dan istri kembali diundang untuk menghadiri launching party ZenFone 3 seri Max, atau dikenal juga dengan Zenfone 3 Max dan Zen Max.

Bertempat di Skye Bar – Menara BCA, saya coba kembali menelisik “apa sih nilai lebih di ASUS ZenFone 3 Max yang bisa jadi alasan kenapa dia harus dimiliki?”. Dari telisik demi telisik tiap sudut dan jeroannya, sedikitnya inilah segala kelebihan yang ASUS benamkan di ZenFone 3 Max yang sayang jika tidak kamu pertimbangkan sebelum memutuskan ponsel yang mau dibeli.

1. Sesuai namanya, Maxi kapasitas baterainya

Pernah dengar anekdot “percuma hapenya bagus, kalau bentar-bentar ngecas, bentar-bentar ngecas!”. Nah, anekdot itu dijamin gak akan bikin baper kalau kita pakai ZenFone 3 Max, karena sesuai namanya, ZenFone3 Max dibekali baterai dengan kapasitas 4.100mAh.

Mirip dengan ZenFone Max generasi awal, ZenFone 3 Max punya standby time yang juga sangat baik, yaitu hingga 38 jam di jaringan 4G. Bahkan kalau di jaringan WiFi, kita bisa bebas browsing apa saja selama selama 19 jam non stop. Mutar mesik? ZenFone 3 Max sanggup muterin aliran lagu apa saja dengan suara yang akur dengan telingan selama 72 jam.

2. Bisa menjadi perekat hubungan baik.

Ko bisa? Hubungannya apa? Tenang…

Jadi gini, pernah gak kamu lagi ngumpul sama teman-teman kamu, terus ada teman kamu yang mengeluh kehabisan baterai dan celakanya gak ada yang baya Powerbank? Kayanya hampir setiap orang pernah ya? Nah, dengan ZenFone 3 Max, kami bisa jadi teman yang lebih berarti. Tahu kenapa? Karena ternyata ZenFone 3 Max inibisa difungsikan juga sebagai Powebank.

ASUS sudah menyematkan adapter USB on-the-go (OTG) di kemasan paket ZenFone 3 Max, yang bisa difungsikan baik buat transfer data dari dank e USB FlahsDisk, maupun transfer energi ke smartphone lain.

3. Penawar stress tanpa risiko tambahan stress

game di Zenfone 3 Max

Sudah jadi kebiasaan banyak orang di jaman sekarang, kalau lagi suntuk, bete, bosan, atau bahkan stress, maka yang dijadikan penghibur adalah smartphone-nya. Entah dengan cara main game, nonton video/film, atau sekadar main media sosial. Niatnya menghibur diri, tapi kadang malah jadi tambah kesel, yaitu ketika baterainya ternyata sekarat.

Pinter banget nih ASUS lewat ZenFone 3 Max ini, dia bikin smartphone yang tidak hanya canggih secara teknologi dan menawan secara tampilan, tapi juga bisa beroperasi maksimal dengan daya hidup yang lebih greget. Ya, sudah kebayang dong, dengan kapasitas baterai yang besar dan tingkat konsumsinya yang efisien, ralitas kamu mendapatkan pelipur dari gadget kamu bisa sesuai dengan ekspetasinya. Apalagi ZenFone 3 Max ini selain dibekali layar 5,5 inci dengan screen to body ratio maksimum, juga layar beresolusi tinggi, Full HD 1920 x 1080.

4. Jalan-jalan bisa terasa lebih nyaman

Boleh ditanya, ke pada mereka yang pernah mengalami betapa horornya momen hape kehabisan baterai pas lagi asik jalan-jalan. Indahnya panorama pemandangan hanya bisa dinikmati saat itu, gak bisa diabadikan untuk dinikmati di lain waktu. Gak bisa eksis dan menunjukan kepada dunia betapa menakjubkannya pesona alam yang kamu jejaki.

Oke, cukup itu jadi masa lalu. Sekarang kita kembali ke ZenFone 3 Max!

Dengan ZenFone 3 Max, kamu gak cuma bisa mengabadikan banyak momen karena dibekali energy yang gede, tapi juga ada sematan teknologi lain yang bisa membuat hasilnya lebih berkualitas, yaitu kamera.

Kamera ZenFone 3 Max

ZenFone 3 Max dipersenjatai kamera 16 Megapixel f/2.0 dengan tambahan ‘amunisi’ laser, phase detection dan continuous auto-focus yang bisa membuat hasil bidikanmu berbeda dengan hadil bidikan smartphone dengan teknologi kamera biasa. Dengan bandrol harga yang masuk akal, ZenFone 3 Max berhasil menyajikan performa pengambilan foto yang lebih baik di kelasnya.

Belum lagi dengan penyertaan fitur Beautification, mau di kamera depan atau kamera belakang, kamu bisa foto selfie dengan hasil yang lebih kece, karena fitu ini hadir dengan opsi pengoftimalan skin tone, skin softening, eyes enhancement, membuat pipi lebih tirus dan lain-lain. Semua itu bisa dilakukan secara instan, tanpa harus mengedit foto hasil jepretan menggunakan aplikasi pengolah gambar yang belum tentu semua orang mampu menggunakannya.

5. Belajar menjadi fotografer professional

Jika belajar menjadi fotografer professional menggunakan kamera DSLR terlalu mahal, maka jangan patah semangat. Dengan ZenFoone 3 Max, kamu bisa belajar bagaimana caranya menghasilkan foto yang cimaik dengan cara yang lebih sederhana, tapi dengan teknologi yang tidak kalah canggih.

Seperti modus HDR yang canggih, yang bisa menyajikan obyek secara jelas meski dalam kondisi backlight. Mode ini bisa lebih maksimal cantiknya saat digunakan di kondisi tertentu, seperti foto-foto di waktu fajar atau senja, dengan latar belakang sunrise atau sunset.

Teknologi kamera ZenFone 3 Max juga sanggup memperluas dynamic range hingga 4x dan meningkatkan kecerahan hingga 400%. Gak cuma itu, dengan fitur Resolusi Supernya, kita bisa belajar percobaan macro photography yang keren dan mengambil beberapa gambar secara langsung untuk dijadikan satu foto dengan ketajaman 64MP. Cuma itu? Masih ada lagi, modus Low Light di ZenFone 3 Max mampu mengambil foto dengan bersih dan terang di kondisi minim cahaya.

6. Teknologi deteksi auto focus yang lebih canggih

Laset Auto Focus ZenFone 3 Max

Jika dilakukan secara manual, menguasai titik fokus pada bidikan kamera bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan kesabaran dan ketelitian yang mumpuni, karena kesalahan dalam menentukan fokus akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan jadi kurang bagus. Bisa-bisa apa yang menjadi bidikan utama justru malah yang tampak blur.

Dengan teknologi auto focus terbaru, kamera ZenFone 3 Max mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya, kemudian menterjemahkannya dalam satu titik fokus secara otomatis. Menariknya, proses auto fokus ini hanya membutuhkan waktu 0,03 detik. Ya, kurang dari 1 detik.

Berikut ini tiga teknologi auto-focus yang terdapat pada ASUS ZenFone 3 Max:

  • Advanced Phase Detection Auto Focus cocok untuk mengambil objek pada lingkungan pemotretan dalam ruangan (indoor).
  • Laser Auto-Focus Generasi Kedua yang dapat mengambil foto dengan fokus, dalam jarak 3x lebih jauh dibanding sebelumnya. Ideal untuk mengambil foto indoor ataupun dalam kondisi redup.
  • Continuous Auto-Focus, yang menggunakan laser auto-focus untuk menjaga titik fokus secara real-time pada obyek yang bergerak. Sangat cocok untuk mengambil foto olah raga ataupun foto-foto aktivitas outdoor lainnya.

7. Mode Power Saving yang membuat “sudah besar, hemat pula”

Mode Hemat Energi ZenFone 3 Max

Sudah besar kapasitas baterainya, bisa diperhemat lagi, apa jadinya?

Jadinya kurang lebih begini. Dalam modus jaringan 4G, ZenFone 3 Max bisa standby selama 38 hari (malah bisa lebih kalau digeser ke modus 3G). Kalau digeser lagi ke modus Super Saving, kita bisa mendapatkan tambahan standby time hingga 30 jam, meskipun baterainya tinggal 10 persen saja. Keren bukan?

8. Pengamanan privasi yang lebih ketat

Zaman sekarang, smartphone jadi salah satu benda yang paling tahu seputar privasi kita. Maka dari itu, yang paling sering membuat seseorang merasa sangat gak nyaman pas smartphone-nya beralih ke tangan yang salah adalah data-datanya, terutama data rahasia.

Pemindai Sidik Jari ZenFone 3 Max

Peduli akan keamanan data kita yang harus ekstra dilindungi tanpa mengabaikan rasa nyaman, ASUS membekali ZenFone 3 Max dengan teknologi sensor sidik jari. Boleh percaya boleh tidak, setelah merasakan manfaat fitur yang satu ini, kamu bakal merasa kalau fitur yang satu sangat berarti. Bagaimana tidak, kalau biasanya perlu beberapa langkah untuk membuka layar ponsel kamu, sekarang cukup dengan 1 langkah.

ZenFone 3 Max memiliki teknologi sensor sidik jari mutakhir yang bisa menyimpan 5 sidik jari berbeda (untuk pengenalan identitas) dan membuka kunci hanya dalam 0,3 detik.

9. User Interface yang lebih berkarakter

ZenUI 3.0 di ZenFone 3 Max

ZenFone 3 Max menggunakan OS Android v.6 Marshmallow yang sudah di-custom dengan citarasa ZenUI, memiliki user interface yang lebih berkarakter sesuai dengan gaya kamu. Kamu bisa melakukan berbagai penyesuaian di seluruh fitur baru ZenUI mulai dari theme, wallpaper, keyboard dan lain-lain, Itulah kenapa ZenFone 3 Max bisa menjadi smartphone yang lebih berkarakter sesuai keinginan dan kepribadian kamu.

10. Video bisa lebih focus

Lagi happening banget bikin video, terus diunggah ke Youtube. Ya, Vlogger! Kamu kah salah satunya? Jika iya, sesuatu yang istimewa dari ZenFone 3 Max bisa lebih maksi kalau Kendali smartphone yang satu ini ada di tanganmu.

Dengan fitur teknologi fitur three-axis Electronic Image Stabilizer (EIS), kamu bisa merekam video secara luar biasa dengan minim guncangan. Kamu pasti tahu, betapa pentingnya teknologi mutakhir yang satu ini di banyak situasi, terutama ketika kamu harus merekam sambil bergerak.

11. Performa yang tangguh

Bicara performa, to the point aja, ZenFone 3 Max diperkuat dengan prosesor 8 inti (octa core) bertenaga, yaitu Qualcomm Snapdragon 430. Dengan performanya yang tinggi dibarengi dengan efisiensi energinya yang sangat baik, kita bisa mengambil foto yang tajam dengan kecepatan tinggi, bermain game dengan akselerasi yang smooth dan juga merekam serta mengedit video full HD 1920×1080 tanpa menyedot banyak energy.

Di sektor RAM, ZenFone 3 Max dipacu dengan RAM berukuran 3GB. Berbagai macam aplikasi favorit bisa kita nikmati tanpa mengalami penurunan performa sistem.

12. Jadi Youtuber Game tidak lagi rumit

Soal game, lagi-lagi ASUS peduli banget. Ada yang namanya GameGenie. Buat kamu yang jago main game, Sekarang bisa merekam dan menunjukan cara kamu bermain game ke berbagai akun media sosial.

Game Genie ZenFone 3 Max
Game Genie di ZenFone 3 Max (sumber foto: asus.com)

Dengan GameGenie, kita juga bisa menggunggah record permainan kita ke YouTube dan Twitch, sehingga siapa saja bisa menjadi saksi kehebatan kamu bermain game. Sekaligus, kamu jiba bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari akun monetize Youtube kamu.

Lewat aplikasi ini juga, kamu bisa mencari informasi seputar game tersebut kalau misalmya kamu perlu bantuan dan lain-lain.

13. Desain yang menawan dan nyaman di genggaman

ZenFone 3 Max dalam genggaman
ZenFone 3 Max dalam genggaman (sumber gambar: asus.com)

Kalau yang ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Setiap kali mengeluarkan produk terbaru keluarga ZenFone, ASUS selalu menghadirkan sentuhan by user experience, sehingga tidak hanya tampil menawan, tapi juga nyaman digenggam.

ZenFone 3 Max memiliki design yang indah. Dibalut dengan bodi metal yang dikombinasikan dengan layar sentuh dengan kaca berkontur 2.5D, menjadikannya memiliki tepi yang agak melengkung sehingga nyaman saat digenggam.

14. Tampilan display yang detail dan natural

ZenFone 3 Max ZC553KL punya layar IPS 5,5 inci dengan resolusi full HD yang sanggup menghadirkan detail luar biasa dan intensitas kecerahan hingga 450 nits untuk menghadirkan tampilan display yang alami, baik di dalam ruangan, maupun di luar ruangan, bahkan saat matahari bersinar terik.

Bezel ZenFone 3 Max hanya 2,5mm, dimana screen-to-body ratio-nya mencapai 77,5%.

15. Pilihan warna yang indah dan seimbang

ZenFone 3 Max hadir dengan 4 varian warna elegan, yang secara spesifik bisa menghadirkan citra elegan dan mewah bagi siapapun yang menggengamnya. Mulai dari Sand Gold, Titanium Gray, Glacier Silver dan Rose Pink. So, kamu mau pilih yang mana?

Pilihan warna Zenfone 3 Max

Spesifikasi ZenFone 3 Max

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.