Atur Kronologi dan Penandaan di Facebook untuk Mengurangi Potensi Terjerat UU ITE Tanpa Disengaja

Kabar yang mengkhawatirkan dari diberlakukannya Revisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), tidak hanya pengguna aktif (apalagi brutal) yang bisa terkena ancama UU ITE, tapi pengguna pasif-pun bisa terjerat, salah satunya dengan tanda (tag) dari teman di Facebook, dimana kontennya berpotensi dianggap melanggar undang-undang tersebut.

Contoh sederhananya mungkin Anda pernah melihat sebuah gambar hujatan dan makian (baik kepada seseorang maupun kelompok/golongan tertentu) muncul di beranda (timeline) Facebook Anda. Gambar tersebut tidak diunggah oleh Anda atau bahkan tidak juga oleh orang-orang yang berteman dengan Anda. Bukan Anda, bukan juga teman Anda yang menggunggah gambar tersebut, lalu siapa? yang mengunggah gambar tersebut adalah teman dari teman Anda (orang ketiga). Pada gambar tersebut “si orang ketiga” menandai (tag) teman Anda. Yang disayangkan lagi, teman Anda tidak mengendalikan kronologi dan penandaan di Facebook-nya.

Kejadian semacam ini mungkin pernah dialami oleh banyak orang. Meski kadang bentuknya macam-macam. Ada penandaan gambar seperti iklan (kadang penipuan), video, tautan, bahkan spam dan pishing. Untuk itu, penting bagi kita agar mengendalikan pengaturan dan privasi akunnya. Karena risikonya sudah jelas, ada konsekuensi hukum yang bisa menjerat, sekalipun kita bukan pelakunya.

Terkait pengaturan dan penandaan, Anda yang belum tahu bisa masuk ke menu Pengaturan > Kronolodi dan Penandaan. Seperti gambar berikut ini:

Pengaturan Kronologi dan Penandaan di Facebook
Pengaturan Kronologi dan Penandaan di Facebook

Ada tiga aspek utama pada pengaturan ini yang memberikan kendali kepada masing-masing pengguna atas akun Facebook pribadinya, yaitu :

  1. Siapa yang dapat menambahkan berbagai hal ke kronologi kita?
  2. Siapa yang dapat melihat hal-hal di kronologi kita? dan
  3. Bagaimana cara mengelola tanda yang ditambahkan orang dan saran tanda?

Mode pada capture diatas adalah mode pengaturan yang saya gunakan. Hanya sebagai contoh. Anda bisa menyamakan atau menyesuaikan sesuai keinginan sendiri. Tapi saran saya, pengaturan tinjau kiriman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi diaktifkan alias Menyala, agar segala bentuk penandaan tidak ujug-ujug muncul di kronologi atau beranda Facebook Anda. Anda punya kendali penuh untuk memutuskan (menyetujui) penandaan itu layak muncul atau tidak. Simpel kan?

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.