[Video] Menumbuhkan Bisnis Lokal dengan Memanfaatkan Google dan Facebook

Beberapa hari lalu, saya diminta oleh kantor untuk mengisi acara Business Coaching dengan materi digital marketing (basic class). Karena semua pesertanya adalah pemilik bisnis offline, maka di kesempatan kali ini saya memilih untuk membawakan materi Growing Local Business atau Menumbuhkan Bisnis Lokal dengan memanfaatkan Google dan Facebook.

Pemilihan materi Menumbuhkan Bisnis Lokal tidak lepas dari perhatian saya ketika melihat banyaknya orang yang memulai usaha, begitu antusias saat usahanya akan dimulai, tapi langsung jatuh mental ketika konsumen yang datang tidak seperti yang diharapkan. Biasanya. Konsumen tidak ada yang datang bisa jadi karena mereka tidak tahu kalau tempat usaha kita (menjual produk yang mereka butuhkan) ada di sekitar (bahkan dekat) mereka.

Jika umumnya woro-woro offline untuk sebuah tempat usaha dilakukan dengan menyebar brosur dan kartu nama, saya pikir para pelaku usaha kecil dan menengah pun perlu tahu bagaimana cara melakukan woro-woro secara online, melalui Google dan Facebook.

Kenapa harus Google dan Facebook untuk menumbuhkan bisnis lokal di media online?

Untuk pertanyaan kenapa harus Google? saya ingin mengajak Anda menonton video TVC Google berikut ini dulu.

Bisa kita lihat, sekarang Google semakin masif mempromosikan layana pencarian di berbagai media iklan. Google seolah ingin menunjukan, bahwa  melalui Google, khususnya Google Allo dan Google Asistant, kita dapat menemukan tempat apa saja, termasuk tempat usaha. Ini adalah kesempatan terbaik kita untuk hadir sebagai hasil pencarian yang Google sajikan, baik melalui sistem telusurnya, maupun peta pencariannya (Google Maps).

Lalu bagaimana dengan Facebook?

Saya yakin, tanpa saya uraikan sudah banyak yang tahu kalau Facebook adalah media online yang menarik untuk bisnis. Hampir semua orang sudah punya Facebook. Mereka juga hampir setiap saat membuka Facebook. Hanya saja, belum semua pelaku usaha (khususnya yang memiliki usaha) menjadikan Facebook sebagai salah satu sarana pemasaran usahanya.

Di acara yang sudah saya sebutkan tadi, poin pertamanya saya ingin mengajak para pelaku usaha, bahwa Facebook bisa digunakan untuk lebih dari sekadar chit-chat bermain-main. Facebook bisa digunakan lebih dari itu, salah satunya untuk mengenalkan usaha atau bisnis kita kepada orang di sekitar kita, dengan jangkauan tertentu dan radius yang bisa disesuaikan.

Untuk presentasi, saya telah menyiapkan 49 slide bagaimana menghadirkan bisnis kita di Google melalui Google My Business dan mengenalkannya melalui iklan Facebook berbasis lokal. Ke 49 slide tersebut telah saya konversi ke dalam bentuk video dan sudah disertai narasinya. Hanya saja, saya ingin menyampaikan permohonan maaf jika Voice Over saya kurang nyaman di telinga Anda. Selain suaranya yang tidak merdu, juga sering keseleo  lidah antara huruf “P”, “F” dan “V”.

Berikut ini videonya. Semoga bermanfaat.

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.