Berburu Sop Buntut Borobudur yang Legendaris di Discovery Hotel Ancol

Nama Sop Buntut Borobudur sudah sangat melegenda, khususnya di lidah mereka yang gemar berburu kuliner lezat khas Indonesia. Sop Buntut Borobudur sudah populer sejak puluhan tahun, lalu bagaimana jika sop buntut ini ada di tempat lain juga?

Ternyata, sekarang Sop Buntut Borobudur ada juga di hotel Discovery –  Ancol. Dari lobi, langkah kaki saya langsung mengarah ke resto Kembang Goyang. Disinilah, sajian lezat “The Legend of Borobudur Soup Buntut” dengan kuah kaldunya nya khas, panas kecoklatan, bisa dinikmati. Di sini juga, Sop Buntut Borobudur tetap menjadi menu juara.

Suasana di Kembang Goyang, Discovery Hotel Ancol

Buat saya, hadirnya menu istimewa Sop Buntut Borobudur di Discovery Hotel Ancol kian menambah etintas budaya yang sangat melekat di hotel yang jaraknya hanya beberapa meter dari halte busway Ancol ini, yaitu Betawi. Ya, Discovery Hotel Ancol, Kembang Goyang dan Sop Buntut Borobudur merupakan paduan yang unik dalam menghadirkan budaya Betawi sebagai masterpiece pariwisata Jakarta.

Jadi, jika Anda ingin menikmati hotel dengan nuansa Betawi yang “Enyak Babeh Banget”, mulai dari dekoratif interior sampai sajian makanannya, datang saja ke Discovery Hotel Ancol.

Melihat deretan menu resto Kembang Goyang yang Indonesia Banget, hasrat berburu kuliner saya dan teman-teman semakin liar. Babak pertama, yang langsung diburu tentu saja Sop Buntut Borobudur-nya. Pilih dipilih yang bagian buntutnya paling besar, dituangkanlah kuah kaldu yang agak kecoklatan dan saya tambahkan sedikit sambal. Loh ko gak ditambah yang lainnya? ya itulah saya, sebagai penggemar sop, saya selalu mencicipi sop itu mulai dari kuahnya saja. Saat rasa-nya masih benar-benar original, belum terpengaruh oleh bawang goreng, seledri, dan lain sebagainya.

Bagaimana rasanya?

Kalau saya sendiri yang bilang enak. Mungkin kurang afdol, tapi ketika plus 5 orang teman saya mengatakan “memang legend…” ya, begitulah cita rasa Sop Buntu Borobudur. Tetap terjaga meski ada di mana saja. Dagingnya yang empuk, tidak alot dan mudah lepas dari tulang buntutnya juga tetap sama.

BBQ Night “All U Can Eat

Usai menikmati sop buntut yang ‘mencerahkan’. Saya dan teman-teman bergeser ke bagian luar, kali ini kita benar-benar penasaran sama BBQ Night-nya Discovery Hotel Ancol. Tahu nggak kenapa bisa sangat penasaran? karena BBQ ini “all u can eat” dan adanya cuma malam minggu doang, mulai dari pukul 18.00 s/d 22.00 WIB.

Suasana Senja di Teras BBQ

Disini ada beberapa jenis ikan dan juga daging yang bisa kita pilih untuk dipanggang. Ada udang galah, ikan dori, kindara, cumi, salmon, dan lain sebagainya. Saya sendiri memilih udang galah, ikan dori dan kindara. Saya kira, tanpa bumbu apapun rasanya sudah sangat nikmat. Tahu kenapa? karena baik ikan maupun dagingnya masih segar-segar. Untuk sesi ini, saya tambah pelengkapnya mash potato.

Hemhh… BBQ Night di Discovery Hotel Ancol sepertinya bisa menjadi pilihan yang ringkas untuk sejenak melarikan diri dari suasana Jakarta yang kusut, sambil menikmati sajian laut dengan nuansa yang santai dan tenang.

Kedatangan saya dan teman-teman ternyata semakin terasa istimewa, karena disaat yang bersamaan juga sedang berlangsung  Pameran Tunggal Seni Lukis Betawi yang menampilkan karya-karya maestro Sarnadi Adam, sosok The Exlusive Figure in Asia (2003I dan Pelukis Terbaik Indonesia (2000) yang sangat terkenal membawa tema Betawi ke atas pulasan tangannya di atas kanvas. Sekali lagi, Discovery Hotel Ancol benar-benar menjadi hotel yang Betawi Banget!

Sebelum pulang, kita berfoto bersama dengan Bapak Sarnadi Adam
  • 176 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.