Pilihan Hosting Unlimited Indonesia dengan Harga Terjangkau

Hosting unlimited Indonesia kini semakin beragam. Kehadirannya menjadi solusi bagi yang membutuhkan hosting unlimited, tapi terkendala oleh metode pembayaran yang tidak ‘bankable’ lokal, alias harus memakai PayPal atau Kartu Kredit.

Pengertian hosting unlimited itu sendiri pada dasarnya tidak benar-benar tanpa batas. Bagaimanapun,  di dunia ini –kecuali kusa Tuhan– tidak ada yang tanpa batas, apalagi hosting (shared pula). Disebut unlimited karena dalam layanannya, para penyedia tidak memberikan batasan tertulis terkait besaran bandwith dan disk space yang diberikan, atau untuk lebih menarik, pelanggan juga dibebaskan dari batasan  jumlah akun email, akun FTP, add on domain dan park domain. Umumnya mereka hanya memberikan batasan tertulis terkait persentase penggunaan sumber daya (resource) dan jumlah inode, dimana setiap file halaman web, file gambar, email, dan lain-lain dihitung 1 inode. Beberapa penyedia layanan hosting langsung menerangkan berapa betasan persentase penggunaan daya dan inode yang mereka berikan, beberapa lainnya kadang perlu Anda tanyakan terlebih dahulu.

Seberapa penting kah informasi persentase penggunaan sumber daya dan jumlah inode yang diberikan?

Sangat penting. Ini adalah 2 dari beberapa poin pertimbangan pokok saat Anda memutuskan pilihan layanan hosting unlimited, selain tentang teknologi server, kelas perangkat, kekayaan fitur, layanan pelanggan, dukungan teknis, dan lain sebagainya. Persentase penggunaan sumber daya dan jumlah inode bisa menjadi pembeda paling mencolok antar dua atau lebih penawaran hosting unlimited. Misal, hosting A memberikan batas inode 150.000 dan hosting B memberikan batas inode 200.000, jika dilihat dari sisi inode, sudah pasti hosting B lebih menarik, meski keduanya sama-sama menjual produk hosting unlimited.

Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan hosting unlimited di Indonesia yang cukup populer.

NIAGA HOSTER

Mungkin inilah hosting unlimited Indonesia yang pertumbuhan popularitasnya terbilang sangat cepat. Setahu saya Niaga Hoster adalah bagian dari Hostinger. Niaga Hoster adalah hosting unlimited Indonesia kedua yang pernah dan masih saya langgani sampai sekarang. Kurang lebih ada sekitar 14 domain yang saya tanam di sini.

Hal pertama yang paling membuat saya tertarik adalah soal server. Ya, untuk urusan server Niaga Hoster mempercayakan kliennya di Datacenter Technovillage milik Biznet yang sudah Tier-3, dengan jaminan live time 99,98%. Hal lainnya, ya tentu saja soal harga. Yang unik, di Niaga Hoster juga tidak memberikan batasan inode. Entahlah seperti apa teknisnya, tapi ini terkonfirmasi via Customer Service-nya.

  • Lokasi Server: Biznet Technovillage
  • Garansi: 30 hari
  • Harga Termurah (Normal): Rp. 552.000/tahun + Free Domain
  • Website: http://www.niagahoster.co.id

BEON

Aslinya, saya sangat kepengen sekali mencoba layanan hosting unlimited yang satu rahim dengan Jagoan Hosting ini, namun karena masalah harga dan layanan yang saya pakai sekarang dirasa masih cukup, akhirnya masih sebatas kepengen saja. Apalagi kalau melihat websitenya, 2 jempol lebih dulu meluncur deh buat BEON. Saya meyakini, ketika BEON diluncurkan bukan untuk bisnis hosting unlimited coba-coba, karena saya juga pernah merasakan bagaimana kualitas pelayanan Jagoan Hosting yang menurut saya sangat prima. Apalagi untuk pelayanan BEON yang kelasnya lebih tinggi?

BEON memberikan jaminan uptime 99,90%, batas inode 100.000, 25% sumber daya tidak lebih dari 90 detik dan yang menarik lagi yaitu adanya jaminan kompensasi jika batas toleransi masa downtime sesuai dengan SLA tidak terpenuhi. Selain menggunakan server lokal, BEON juga memberikan pilihan lokasi server US.

  • Lokasi Server: IIX (IDC) dan US
  • Garansi: 60 hari
  • Harga Termurah (Normal): Rp. 1.188.000/tahun
  • Website: http://www.beon.co.id

UNLIMITED.ID

Jika Anda tahu penyedia layanan hosting IDWEBHOST, unlimited.id adalah salah satu produknya. Saya belum pernah menggunakan layanan hosting IDWEBHOST, tapi ada seorang teman yang sering menguji keamanan beberapa hosting memberi tahu saya (di tahun 2011) jika IDWEBSHOT adalah salah satu web hosting yang sekuritinya lumayan tangguh. Tidak ada jaminan bahwa informasi ini benar, tapi saya percaya kalau dia hacker yang bisa diandalkan.

Unlimited.id menawarkan 3 pilihan paket; basic, pro dan pro+, dimana 2 paket terakhir memiliki jaminan 100% uang kembali jika dalam 15 hari Anda merasa tidak puas.

Unlimited.id memberikan jaminan uptime 99,90% dan batasan inode 75.000. Yang menarik ialah jika server tidak tersedia dalam waktu garansi, makan Anda akan mendapatkan pro-rated credit yang besaranya tergantung berapa persen tingkat uptime-nya. Lumayan adil, bukan? Meski demikian, tentu kita berharap uptime-nya tetap stabil.

  • Lokasi Server: Singapura
  • Garansi: 15 hari
  • Harga Termurah (Normal): Rp. 228.000/tahun
  • Website: http://unlimited.id

JOGJAHOST

JogjaHost merupakan salah satu perusahaan hosting Indonesia yang sudah malang melintang bertahun-tahun. Salah satu produk hostingnya yang menarik saat ini adalah layanan hosting unlimited, dengan inode maksimal 100.000 dan pengunaan resource server 25% – 50% (tergantung paketnya). Jika penggunaan lebih dari 100.000 inode, maka untuk kelebihannya tidak ada jaminan backup. Selain itu, layanan backup akan diberikan jika penggunaan masih di bawah 2GB.

Untuk urusan garansi, JogjaHost memberikan jaminan 30 hari uang kembali (untuk tipe langganan 1 tahun) jika Anda tidak mendapatkan layanan seperti yang dijanjikan.

ARDETA MEDIA

Ardeta Media lahir pada tahun 2014 dari nama besar JogjaHost.com. Meski tergolong baru, sejatinya Ardeta Media disokong oleh ‘para pemain lama’ dengan basic dunia internet makreting dan hosting itu sendiri. Dengan menggunakan data center IIX (Cyber Jakarta), Ardeta Media memberikan jangkauan koneksi lokal IIX Up To 1Gbps dengan jaminan koneksi 99%.  Untuk server yang berlokasi di US, Anda akan mendapatkan jaminan redundancy link ke berbagai backbone internasional, sedangkan untuk server yang berlokasi di Indonesia, Anda akan mendapatkan jaminan konektivitas internasional dan konektivitas langsung ke local exchange (IIX atau OIXP).

Untukan urusan garansi, Ardeta Media memberikan jaminan 100% uang kembali jika Anda tidak mendapatkan kepuasan sebagaiamana mestinya. Menariknya, Ardeta Media berani memberikan inode maksimal yang terbilang lumayan besar, yaitu 250.000. Selain inode, Ardeta Media hanya melakukan backup file jika pengunaan masih di bawah 2 GB.

HOSTINGER INDONESIA

Hostinger Indonesia atau bisa disbeut juga ID Hostinger merupakan jaringan dari perusahaan hosting global Hostinger yang hadir di 35 negara, 4 benua. Popularitas ID Hostinger cepat melejit. Hal ini dikarenakan layanan hosting cuma-cuma yang mereka berikan dan kehadirannya di saat yang tepat, dimana makin banyak orang yang menginginkan kehadiran hosting unlimited, namun mudah dalam cara pembayaran.

ID Hsotinger memberikan jaminan uptime 99,5% – 99,99% (tergantung paket) dengan inonde maksimal 100.000 dan penggunaan sumber daya sistem 25% selama 300 detik. Semua server ID Hostinger berada di luar negeri, yaitu Inggris, US dan Hong Kong. Kita bisa memilih sendiri mau ditempatkan di server mana melalui tiket bantuan.

  • Lokasi Server: USA, UK, HK
  • Garansi: 30 hari
  • Harga Termurah (Normal): Rp. 766.776/tahun
  • Website: http://www.idhostinger.com

Itulah beberapa layanan hosting unlimited Indonesia yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi tambahan bagi Anda yang sedang membutuhkannya. Selain dari yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi penyedia layanan hosting unlimited Indonesia lainnya.

Satu hal yang sangat penting untuk layanan manapun yang akan Anda pilih, yaitu pastikan Anda sudah membaca dan memahami SLA / TOS / Syarat dan Ketentuan yang dikeluarkan oleh masing-masing penyedia layanan, karena itulah yang akan menjadi standar tertulis terkait kualitas layanan yang akan Anda dapatkan.

*Sumber gambar ilustrasi di halaman muka: Side Wages, Berlisensi CC-BY-SA.

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.