Selangkah Lebih Mudah Jual – Beli Rumah

Jarang-jarang nih sobat, Kolom Jurnal Rosid membahas masalah properti, biasanya kan masalah perlombaan, lowongan kerja, citizen journalist, atau juga peluang bisnis melalui media online. Tapi bagaimanapun sangat disayangkan bukan jika seorang blogger punya satu ide menarik jika tidak dituangkan di dalam blognya. Demikian halnya dengan saya ya tentunya. Untuk kali ini kita akan sedikit mengupas tips selangkah lebih mudah dalam jual rumah ataupun beli rumah, atau kita singkat saja jual – beli rumah.

Pernahkah Anda bermaksud menjual rumah ?, atau bahkan mungkin saudara, atau tetangga ?. Apa saja kira-kira yang sobat lakukan supaya rumah tersebut lekas terjual ?. Jawaban yang tepat tentunya adalah promosi. Namun bagaimana cara promosinya inilah yang akan kita bahas.

Cara promosi yang paling umum antara lain :

  1. Menyebarkan brosur di tiang-tiang listrik, telepon, dan dinding-dinding bangunan.
  2. Memberikan tulisan “Rumah Dijual” pada dinding rumah Anda, baik dengan selembar kertas, banner, maupun coretan cat semprot.
  3. Promosi dari mulut kemulut.

Untuk cara pertama, berapa banyak kertas yang akan kita butuhkan ?, terlalu rumit bukan ?. Selain ribet perbuatan kita juga akan merugikan orang lain karena rusaknya keindahan lingkungan akibat selebaran-selebaran yang kita tempel.

Cara yang kedua, tidak jauh berbeda dengan ribetnya cara yang pertama. Apalagi rumah Anda akan semakin berkurang nilai estetikanya ketika dibagian dindingnya tertulis “Rumah Ini Dijual” atau “Jual Rumah” menggunakan cat semprot. Inipun akan menjadi pekerjaan dua kali ketika tulisan tersebut harus dihapus. Kelemahan lainnya sasaran yang menjadi target tidak lain hanya orang-orang yang melintas didepan rumah yang mau dijual tersebut.

Selanjutnya cara yang ketiga. Cara ini mungkin cukup menarik, tapi berapa banyak “uang dengar” yang akan Anda siap untuk orang-orang yang menjadi perantara penjualan rumah Anda ?.

Ketika cara-cara konvensional diatas kurang begitu efektif, cobalah melangkah ke cara yang lainnya, yaitu media promosi online semisal Berniaga.com. Anda tidak akan diribetkan dengan harus mencetak promosi di banyak kertas ataupun banner yang harganya lumayan. Tidak perlu juga membeli cat semprot untuk mengotori dinding rumah Anda. Dan tentunya, tidak perlu membagi banyak komisi ke orang-orang.

Tampilan halaman promisi sebuah rumah di Berniaga.com
Tampilan halaman promisi sebuah rumah di Berniaga.com

Efektifitas promosi rumah Anda di situs promosi online semisal Berniaga.com tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa menyasar pengguna internet yang jumlahnya jutaan, cara kerjanyapun sangat sederhana dan tidak memusingkan. Anda cukup “me-likefan page berniaga.com, tanpa perlu registrasi Andapun sudah menjadi member Berniaga.com. Selanjutnya tinggal promosikan rumah yang akan Anda jual. Jangan lupa sebutkan rincian kondisi bangunan (terutama hal-hal yang menarik) supaya calon pembeli yang jumlahnya ratusan ribu lebih tertarik.

Sebutkan type rumah yang Anda jual (jika diperumahan), berapa kamar didalamnya ?. Sebutkan juga luas bangunan, ketersediaan sarana pendukung seperti listrik (berikut voltasenya), air, telepon, sistem kebersihan dan juga keamanan. Tidak ketinggalan berikan penjelasan bagaiamana bentuk interior, desain, dan status sertifikat rumah Anda.

Hal lainnya jangan lupa juga sertakan foto bangunan rumah Anda untuk lebih memperjalas cara orang mengenali apa yang Anda jual. Perlu diketahui, bahwa kejelasan informasti tentang rumah yang Anda jual akan menunjukan kredibiltas Anda sehingga bisa juga membuat orang lain merasa yakin atau tidak untuk bernegosiasi dengan Anda.

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.