Asus ZenFone 2 Laser: Karena Setiap Momen Itu Berharga

Setelah di awal tahun 2015 menggebrak pasar smartphone dengan seri ZenFone 2 (salah satu smartphone pertama di dunia yang hadir dengan RAM 4 GB), di penghujung tahun ini, tepatnya dalam gelaran ZenFestival (19/11/2015), Asus resmi meluncurkan suksesi ZenFone 2, yaitu seri ZenFone 2 Laser. Dimana untuk seri ini kita diberi 3 pilihan sekaligus, yaitu ZenFone 2 Laser 5″ (ZE500KL), 5,5″ (ZE550KL) dan 6″ (ZE610KL).

Sesuai dengan namanya, ZenFone 2 Laser hadir membawa inovasi menakjubkan pada sektor fotografi. Kamera utama ZenFone 2 Laser dibekali dengan lensa 13MP, yang jika pada seri sebelumnya (ZenFone 2) hanya dipercanggih teknologi PixelMaster, kini semakin canggih lagi dengan dibenamkannya teknologi Ultra Fast Laser Auto-Focus.

Teknologi Ultra Fast Laser Auto-Focus ini tidak hanya membuat hasil jepretan lebih jernih, tapi juga bisa memfokuskan bidikan kamera hanya dalam hitungan 0,03 detik, kurang dari 1 detik. Kecanggihan ini memungkinkan kita bisa lebih cepat dari yang lainnya dalam mengabadikan setiap momen (yang tentunya) sangat berharga, terutama pada kondisi minim cahaya.

Dengan teknologi autofokus laser, kita juga bisa mempercepat proses foto close up, termasuk saat memotret obyek yang tidak terlalu dekat.

[image_mapper id=”2″]

Menggali Berbagai Kelebihan Kamera ZenFone 2 Laser

Sudah jadi buah bibir banyak orang, jika foto-foto hasil jepretan ZenFone seri sebelumnya (ZenFone 2, 4, 5  dan 6) memiliki kualitas yang baik dan ketajaman yang cantik. Bagaimana dengan seri ZenFone 2 Laser? Bisa dipastikan lebih menakjubkan lagi. Mari kita gali kenapa bisa demikian.

Teknologi PixelMaster

PixelMaster adalah teknologi unik yang dikembangkan sendiri oleh ASUS. Teknologi ini menggabungkan software, hardware dan desain optik menjadi satu kesatuan yang solid untuk memberikan kualitas gambar yang luar biasa. Sama seperti seri sebelumnya, teknologi canggih ini juga hadir di seri ZonFone 2 Laser.

Teknologi PixelMaster memungkinkan kita dapat mengambil foto atau video dengan lebih baik pada kondisi rendah-cahaya, baik siang atau malam hari. Teknologi PixelMaster melakukan kombinasi penyesuaian ukuran pixel dan image-processing algorithms, sehingga kepekaan cahaya dapat ditingkatkan hingga 400%. Tidak hanya itu, berkat teknologi ini, pengambilan video menggunakan ZenFone 2 Laser kontras warnanya bisa 200% lebih baik dari kamera smartphone biasa dan noise pun bisa dikurangi hingga200%.

5 Elemen Lensa Optik

Dengan formula teknologi PixelMaster-nya, ZenFone 2 Laser mengintegrasikan lima lensa optik, sehingga kualitas kinerja dan ketajaman menjadi lebih baik dan foto minim distorsi.

Kamera ZenFone 2 Laser juga memiliki sensor fotoreseptor yang lebih besar dan lebar (85°) dengan aperture f/2.0, lensa mengumpulkan lebih banyak cahaya, sehingga hasil foto yang ditangkap kamera lebih halus dan detail.

Mode Otomatis dengan Zero Shutter Lag

Dengan Zero shutter lag, kita dapat memotret setiap momen yang terjadi dengan sangat cepat dan realtime. ZenFone 2 Laser menhadirkan jawaban bagi Anda yang tak ingin ketinggalan mendapatkan visual momen-momen berharga.

Menangkap momen cepat dengan kamera saja tidak gampang, butuh pengaturan shutter speed dan diafragma yang tepat, apalagi dengan smartphone? ASUS menjawabnya dengan Zenfone 2 Laser yang mempunyai fitur mumpuni, salah satunya adalah Zero Shutter Lag.

Kehadiran fitur Zero Shutter Lag berkat adanya teknologi PixelMaster yang di awal sudah disebutkan dikembangkan sendiri oleh ASUS, dimana secara otomatis ia akan mengatur rasio dari kontras maksimum (titik paling terang sampai titik paling gelap dalam gambar) untuk menyempurnakan kemampuan framing dan membentuk subyek, sekaligus meningkatkan detail dari area gelap.

Mode Backlight dengan Super HDR

Fitur HDR dalam sebuah teknologi kamera sering jadi opsi prioritas untuk membidik obyek yang memiliki latar belakang lebih terang. Dengan fitur ini, obyek yang dibidik bisa tampak lebih detail, tidak menjadi gelap karena terkena distorsi cahaya.

Untuk urusan HDR, ZenFone 2 Laser memilik fitur HDR yang tidak biasa, yaitu Super HDR. Super HDR bekerja secara otomatis mengambil beberapa gambar dengan teknologi ASUS yang disebut Pixel Enhancing. Gambar-gambar ini kemudian digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang detail dan indah. Secara otomoatis, mode Super HDR akan menggambil banyak foto dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda, dan secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis hingga 4x lebih luas dan akan membuat gambar menjadi lebih terang sampai 400%, termasuk meningkatkan kontras dan juga detail sehingga foto terlihat alami.

[image_mapper id=”3″]

Multiframe Fusion Technology

Multiframe Fusion Technology (MFT) adalah sebuah teknik pemrosesan gambar spesial yang dibenamkan di ZenFone 2 Laser untuk menghasilkam gambar yang detail dan beresolusi tinggi melalui Mode Super Resolution. Dengan teknik ini, ZenFone 2 Laser mengambil dan menggabungkan empat foto untuk membuat satu foto baru yang 4X lebih cerah dan tidak pecah. Baik kondisi terang atau gelap, pengguna tetap bisa menikmati foto yang lebih detail dan bebas noise dengan resolusi sampai 32MP. Luar biasa!

Selfie Panorama dan Mode Manual

Selfie sudah menjadi tren tersendiri, terutama di kalangan para pecinta gadget. Dengan Zenfone 2 Laser, pengguna bisa melakukan selfie bersama teman-temannya dengan jumlah yang lebih banyak, apalagi kalau pakai tongsis.  Berkat diafragma lensa f/2.0 dan sudut pandang 85º, pengguna bisa melakukan selfie panorama sampai 140º

Tidak hanya itu, ZenFone 2 Laser juga membawa fitur utama kamera DSLR ke dalam genggaman, yaitu dengan adanya mode manual, dimana pengguna dapat mengambil gambar dengan pengaturan custom melalui  pengaturan mode manual. Total ada 13 setelan dan kontrol profesional yang bisa diatur secara manual.

Dual Flash yang Menakjubkan

Jika kamera smartphone pada umumnya hanya memiliki single flash, lain ceritanya dengan ZenFone 2 Laser, 2 flash LED Real Tone langsung dibenamkan sehingga berhasil menciptakan cahaya yang lebih alami, terutama untuk foto-foto di dalam ruangan atau rendah cahaya. Saat Anda menekan tombol shutter, ZenFone 2 Laser akan membuat kombinasi maksimal dari cahaya putih dan kuning untuk menghasilkan foto dengan tonal alami sesuai obyek foto yang dibidik.

Laser Auto Focus

Ini dia yang dari tadi saya sebut-sebut selalu. Seteleh ada teknologi PixelMaster, 5 Eelemen Lensa Optik, Zero Shutter Lag dan bahkan 2 buah flash LED Real tone, kamera Zenfone 2 Laser disempurnakan dengan laser auto focus.

Jika dilakukan secara manual, menguasai titik fokus pada bidikan kamera bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan kesabaran dan ketelitian yang mumpuni, karena kesalahan dalam menentukan fokus akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan jadi kurang bagus. Bisa-bisa apa yang menjadi bidikan utama justru malah yang tampak blur.

Dengan teknologi laser auto focus, kamera ZenFone 2 Laser mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya, kemudian menterjemahkannya dalam satu titik fokus secara otomatis. Menariknya, proses auto fokus ini hanya membutuhkan waktu 0,03 detik. Ya, kurang dari 1 detik. Luar biasa, kamera DSLR saja belum tentu fitur AF-nya mampu melakukan ini.

Kelebihan Lain ZenFone 2 Laser (A – Z)

Keunggulan pada sektor kamera bukanlah kelebihan satu-satunya yang dimiliki oleh ASUS ZenFone 2 Laser. Menurut saya, perusahaan teknologi terkemuka asal Taiwan ini benar-benar merancang lini smartphone-nya dengan dedikasi tinggi, sehingga inovasinya mampu melahirkan gebrakan-gebrakan yang menghenyak banyak orang, terutama kompetitornya di industri ponsel cerdas.

<

p style=”text-align: justify;”>Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari A sampai Z yang dimiliki oleh ZenFone 2 Laser, dan bisa jadi beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh produk lain.

Bagaimana dengan urusan harga? Nah… ini yang bikin pasar smartphone dibuat shock sama ZenFone 2 Laser.  ZenFone 2 Laser 5″ hanya dibanderol Rp 2.099.000, Rp 2.399.000 ZenFone 2 Laser 5,5″ dan Rp 3.499.000 untuk ZenFone 2 Laser 6″.

[su_accordion]
[su_spoiler title=”Klik untuk melihat spesifikasi lengkap seri ASUS ZenFone 2 Laser” style=”fancy”]

[/su_spoiler]
[/su_accordion]

-oOo-

Referensi konten dan foto: https://www.asus.com

Disklaimer:

  • Spesifikasi yang tertera dapat berubah (bahkan berbeda) sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Silahkan hubungi toko/dealer ASUS terdekat untuk informasi lebih lanjut. Produk tidak tersedia di semua negara.
  • Merk dan nama produk yang tersebut merupakan hak cipta dari masing-masing perusahaan terkait.

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.