Mengukur Seberapa Besar Pengaruh Kita di Media Sosial Menggunakan Klout Score

Dari judul sudah bisa langsung ditebak, bahwa bicara Klout Score adalah bicara tentang seberapa besar pengaruh kita di media sosial. Apa yang kita kicaukan, komentari, sukai, sebar ulang dan tuliskan di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, Tumblr, Blogger, dan lain sebagainya dipercaya memiliki pengaruh. Untuk itulah Klout (sebuah perusahaan berbasis di San Francisco didirikan pada tahun 2009) hadir dengan segala kerumitan algoritmanya untuk menyajikan skor (Klout Score) pengaruh kita di media sosial dengan rentang nilai 1 sampai 100. Semakin tinggi skor Anda, berarti semakin besar pengaruhnya.

Mulanya, Klout dipopulerkan untuk mengukur seberapa besar pengaruh sebuah brand di jagad social media dengan menggabungkan berbagai jenis media sosial populer yang digunakan oleh publik. Kini, dengan layanannya yang bersifat gratis siapapun bisa memanfaatkan Klout Score untuk mengukur pengaruhnya di sosial media. Apalagi semenjak muncul fenomena buzzer yang berpotensi menjadikan akun media sosial sebagai alat penghasilan..

Anda bisa mengukurnya langsung dengan mengetikan klout.com/akuntwitter. Misalnya, klout.com/rosidnet untuk akun Twitter saya.

Aktif di banyak media sosial, tapi skornya kecil ?

Tidak perlu kaget atau kecewa, Anda baru mengukurnya hanya di satu media sosial, yaitu Twitter. Ingat, Klout mengukur pengaruh kita di berbagai media sosial. Untuk mengukur secara keseluruhan, sekarang saatnya integrasikan semua akun media sosial yang Anda miliki ke dalam Klout Score.

Langkah pertama adalah sign up di situs Klout dengan menggunakan akun Twitter atau Facebook, sebab Klout tidak menyediakan fitur registrasi manual, langsung integrated.

Setelah berhasil masuk, arahkan kursor mouse Anda ke profil kemudian klik Setting. Di sana akan tampil Profile Setting, Connected Network, Email Setting, Privacy Setting, dan Autorized Sites. Prioritaskan Connected Network, karena di situlah Anda akan menggabungkan berbagai akun media sosial yang dimiliki.

Setelah berbagai akun media sosial digabungkan, biasanya tidak serta merta Klout Score kita berubah, butuh waktu setidaknya 1 x 24 jam bagi Klout untuk melakukan penyesuaian skor.

Tiga Hal Utama dalam Klout Score (Ikhtisar)

  • True Rich, merepresentasikan seberapa banyak keaslian akun yang mengikuti Anda (bahkan Anda kendalikan). Klout menyaring semua akun bot dan akun spam untuk memberi gambaran dari jumlah akun (orang) nyata yang menanggapi setiap update Anda. Jadi tidak usah takut kalah oleh akun yang pengikutnya banyak, tapi mayoritas bot atau spam.
  • Amplifikasi, ini menunjukan seberapa banyak orang-orang (nyata) terkena pengaruh atau memberi reaksi di media sosialnya sebagai dampak dari tindakan Anda di media sosial. Jika Anda menerima banyak notifikasi aktivitas dari pengguna media sosial dalam jaringan Anda sebagai akibat dari postingan Anda, biasanya nilai amplifikasi Anda akan lebih tinggi dari rata-rata.
  • Jaringan, orang-orang dalam jaringan Anda berpotensi memberi pengaruh terhadap skor Anda. Misalnya, Anda saling ikuti dengan akun Twitter yang skornya tinggi, ketika Anda berkicau lalu dia meretweetnya, maka pengikut dia (pihak ketiga) bukan tidak mungkin akan ikut-ikutan meretweetnya. Otomatis, reach Anda juga akan bertambah.

Manfaat Klout Score

Nah ini dia, biar tidak terkesan sia-sia (apalagi setelah membaca tulisan ini) perlu kiranya kita mencari tahu manfaat dari Klout Score. Simpelnya, seperti yang saya katakan di kalimat pembuka, bahwa fungsi utama dari Klout adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kita di media sosial dengan mengintegrasikan akun di berbagai media sosial. Dari fungsi utama tersebut kita bisa mengembangkan lagi dalam banyak hal sesuai kebutuhan, antara lain :

  • Sebagai bahan pembanding kekuatan pengaruh akun brand bisnis Anda dengan akun brand dari kompetitor. Bahkan fitur komparasi ini sudah tersedia langsung di dasbor Klout.
  • Mengukur perkembangan kinerja pihak kedua (agency) yang menjadi mitra dalam mendongkrak popularitas dan pengaruh akun media sosial bisnis Anda.
  • Menganalisa topik apa yang punya potensi paling tepat dalam mendongkrak popularitas akun media sosial Anda.
  • Setelah memahami pengaruh aktivitas di media sosial, Anda akan jadi lebih mudah untuk mencari tahu siapa yang punya potensi dan siapa yang harus dihindari di situs seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat memanfaatkan kekuatan media sosial untuk memperluas audiens Anda.
  • Memudahkan proses seleksi akun buzzer untuk mempromosikan produk Anda dan mempengaruhi pengikutnya seperti yang kita harapkan. Untuk poin ini, pemilih jangan sekedar memperhatikan nilai skor-nya, tapi perhatikan juga akun media sosial mana saja yang punya porsi besar dalam perolehan nilai dia. Salah besar jika Klout Score-nya 50% berasal dari Google+, tapi Anda menggunakan jasanya untuk ngebuzz hanya di Twitter.

Kira-kira, berapa Klout Score Anda ? owh iya, sebagai informasi tambahan (hingga saat tulisan ini diterbitkan) orang dengan Klout Score-nya tertinggi adalah Barack Obama dengan skor 99. 2 poin di atas perusahaan sebesar Google yang menyandang skor 97.

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.