Cara Mudah Meningkatkan Klout Score

Sebelumnya saya sudah menulis artikel “Mengukur Seberapa Besar Pengaruh Kita di Media Sosial Menggunakan Klout Score, saya sarankan untuk membaca tulisan tersebut lebih dulu sebelum membaca tulisan ini, tapi kalau Anda sudah memahaminya (apalagi lebih paham dari saya), abaikan saja, kita langsung bahasa cara mudah meningkatkan Klout Score.

Sejatinya nilai Klout Score untuk menunjukan seberapa besar pengaruh kita di media sosial. Lantas untuk apa kita meningkatkan nilainya? Baik, meningkatkan nilai skor berarti secara tidak langsung juga merupakan upaya meningkatkan pengaruh kita, terlepas itu mendapatkan respon positif atau negatif.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan nilai Klout Score. Tujuannya terserah Anda, apakah murni untuk mengukur pengaruh akun media sosial Anda atau sekedar mengejar nilai yang tinggi.

Gabungkan Berbagai Akun Media Sosial Anda.

Ini adalah cara yang paling mudah sekaligus juga ampuh. Apalagi jika Anda tidak hanya aktif di 1 – 2 media sosial.

Masuk ke situs Klout dengan menggunakan akun Twitter atau Facebook Anda, selanjutnya Anda dapat menghubungkan akun apapun yang Anda miliki seperti di LinkedIn, YouTube, Foursquare, Instagram, Tumblr, Blogger, Last.fm atau Flickr. Akun-akun tersebut akan “bergotong royong” dalam mendongkrak skor Klout Anda. Jauh lebih efektif ketimbang Anda hanya menyertakan 1 media sosial.

Ingat, di sini Anda hanya bisa menyertakan satu akun untuk satu media sosial. Termasuk Facebook !

Untuk Facebook Anda bisa pilih salah satu; akun pribadi atau fanpage (jika punya). Di bagian ini mereka yang mempunyai fanpage dengan jumlah penyuka lebih banyak dan intensitas update lebih aktif (termasuk interaksinya) biasanya akan lebih memilih menghubungkan fanpage-nya dibanding akun pribadi.

Rajin update

Mustahil kita bisa mempengaruhi orang lain tanpa melakukan tindakan apapun, dalam hal ini adalah update alias pembaruan. Lakukan update dengan memberikan konten-konten yang paling menarik. Bisa artikel terbaru, video lucu, gambar, atau kutipan inspiratifl. Sebelum mengirimkan sebuah update, ada baiknya dipastikan dulu bahwa konten yang Anda update bisa memberikan nilai tambah (manfaat) bagi audiens yang melihatnya. Jika update konten Anda dirasa bermanfaat, bukan tidak mungkin mereka akan memperhatikan setiap kiriman Anda dan menganggapnya sebagai sesuatu yang sayang untuk dilewatkan.

Interaktif

Menjangkau pengguna media sosial yang sangat banyak kadang-kadang merepotkan juga. Ada rasa bingung ketika mendapatkan banyak respon, komentar, dan pertanyaan. Apalagi jika melibatkan orang asing.

Begitulah media sosial, update kita dimungkinkan untuk menjangkau tanpa batas. Pada orang yang tidak kenali bahkan tidak dikehendaki. Semakin aktif Anda dalam membalas respon mereka akan semakin memberi nilai tambah untuk Klout Score Anda. Interaktif bukan hanya menanggapi respon yang masuk, tapi dimulai dari Anda mengirimkan konten yang bisa memancing audiens untuk berinteraksi. Semisal pertanyaan atau kuis.

Fokus Kualitas Audiens Dibanding Kuantitas

Belakangan ini marak fenomena akun bodong, merembet juga ke liker atau follower bodong. Banyak orang atau perusahaan yang terobsesi pada tingginya liker dan follower. Jual – beli liker dan follower pun menjadi sesuatu yang umum. Sayangnya, para pembeli sebagian besar tidak mau peduli apakah yang dibeli tersebut akun fake atau benar-benar berkualitas.

Daripada banyak menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mengejar kuantitas audiens, sebaiknya gunakan waktu Anda untuk berkomunikasi secara aktif melalui konten-konten yang menarik serta respon yang aktif.

Jaringan Influencer Besar

Mendapatkan perhatian dari seorang selebriti atau tokoh politik di media sosial untuk menanggapi konten Anda adalah sesuatu yang menakjubkan buat skor Klout. Bukan hal yang mudah memang agar seorang tokoh populer mau merespon kiriman Anda, tapi juga tidak mustahil, bukan ? Mulailah dengan mengajukan pertanyaan atau mengomentari update dari selebriti semi terkenal atau tokoh di jagat online. Jangan buang terlalu banyak waktu untuk mencoba mendapatkan perhatian dari tokoh besar, lakukan itu sambil berjalan saja.

Itulah kenapa sebabnya saya sesekali suka mention ke akun Twitternya Ridwan Kamil, Farhat Abas, dan Delta FM. Itu adalah akun-akun yang tidak segan me-retweet bahkan menanggapi kicauan kita. Lumayan terbukti, meski pengikut saya tidak sampai 600 dan jarang ngetweet, Klout Score-nya tidak kecil-kecil amat.

Berikan Rating Kepada Pengguna Klout Lain

Ini masih belum bisa saya mengerti sebetulnya, karena saya rasa tidak terlalu ada kaitannya dengan seberapa besar pengaruh kita di media sosial. Mungkin, ini salah satu cara untuk memastikan bahwa akun yang mendapatkan rating Klout dari penguna media sosial lainnya makin terpercaya reputasinya. Apapun itu, sepengetahuan saya dari berbagai sumber, cara ini bisa menambah nilai plus untuk Klout Score kita.

Setelah Anda masuk ke dasbor Klout, Anda dapat memberikan apa yang disebut “+K” untuk setiap pengguna dalam kategori atau topik tertentu. Ini merupakan stempel pribadi Anda sebagai tanda persetujuan untuk keahlian dan kontribusi seseorang di dalam kategori atau topik tertentu. Misal, Anda memberi +K kepada Onno W. Purbo pada topik “Computer”.

Ketika Anda memberi seseorang +K di dasbor Klout, mereka dimungkinkan untuk melakukan hal yang sama kepada Anda.

Jadi, bagaimana kalau Anda dan saya kirim-kiriman +K aja ? lumayan kan ? 😀

  • Posts
  • Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.