Akselerasikan Produktivitas dengan Notebook ASUS VivoBook S (S510UQ)

Di era serba digital saat ini kita ditutut menjadi pribadi yang memiliki perpaduan karakter antara cepat dan tangguh, atau orang sering menyebutnya “gesit”. Tapi, gesit saja kadang tidak cukup, karena di saat yang bersamaan kitapun dituntut untuk selalu indah dilihat, good looking, rapi, ya… stylist. Dengan latar kondisi itu pula (sepertinya) alasan ASUS menghadirkan notebook ASUS VivoBook S(S510UQ), sebuah paket solusi untuk 3 tuntutan sekaligus bagi para pekerja, khususnya dari gen milenial saat ini; Cepat, Tangguh dan tetap Indah Dipandang.

Seberapa mampu ASUS VivoBook S menjadi jawaban atas kebutuhan akselerasi produktivitas digital masa kini sedikitnya bisa dilihat dari 5 kriteria, yaitu Performa, Desain (Tampilan), Data & Konektivitas, Energi & Kemanan serta Multimedia. 

Mari kita mengupasnya satu per satu.

Performa ASUS VivoBook S
PERFORMA
``Tangguh Sejak dari Kandungan``

Dimulai dari segi yang paling krusial, yaitu performa. Jika dilihat dari speisifikasi intinya, kita bisa langsung membayangkan bagaimana gegasnya performa kinerja dari ASUS VivoBook S.

Memiliki dapur pacu dengan prosesor Intel® Core™ i5 terbaru, ASUS VivoBook S dibekali dengan i5 generasi ke 7, tepatnya seri 7200U. Prosesor Intel® Core™ i5 7200U merupakan jebolan anyar dari i5 dengan Litografi 14nm, cache 3MB dan frekuensi dasar 2,50 GHz. Sedangkan frekuensi maksimumnya 3,10 GHz.

Dengan prosesor yang sedemikian cerdas, ASUS VivoBook S sudah nampak gegas secara kasat uji coba. Belum lagi dengan sokongan RAM 4GB DDR4 2133MHz. Selesai? Belum!

Sensasi visual yang ekstra smooth dan tidak mudah nge-lag akan sangat terasa, karena ASUS VivoBook S turut dibekali dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce® 940MX. Mau main game atau mengerjakan desain grafis dengan software yang butuh spesifikasi hardware ekstra bukan lagi masalah.

Yang tidak kalah spektakuler adalah bagaimana ASUS memberikan treatment untuk urusan suhu yang biasanya jadi momok mengkhawatirkan bagi para pengguna notebook berspesifikasi tinggi.

ASUS VivoBook S dibekali dengan teknologi ASUS IceCool yang memiliki kontrol kipas canggih terbaru, pipa panas tipis dan tata letak internal yang jenius sehingga menciptakan sistem pendinginan yang efisien, yang dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35°C (lebih rendah dari suhu tubuh manusia) untuk memastikan user memperoleh kinerja komputasi dan kenyamanan maksimum saat digunakan.

Design ASUS VivoBook S15
DESAIN
``Indah Dipandang, Nyaman Digunakan``

Bukan “VivoBook” namanya jika ASUS tidak memberinya sentuhan desain yang menawan, compact dan premium. Begitupun yang melekat di VivoBook S ini. Dari luar sedap dipandang, dari dalam nyaman digunakan.

Tidak mudah tentunya untuk bisa menghadirkan notebook yang tak hanya berperforma tangguh, tapi juga memiliki tampilan yang menawan, tapi ASUS selalu bisa berinovasi maksimal.

Lihatlah, bagaimana VivoBook S ini terasa begitu berkelas!

super tipis

ASUS VivoBook S tidak menyulitkan saat harus dibawa kemana-mana, karena dengan desainnya yang compact, VivoBook S15 memiliki ketebalan yang sangat tipis, hanya 17,9mm. Beratnyapun sangat ringan; 1.7kg. Bodinya sendiri dibalut metal dengan finisihing yang sempurna dan berkarakter.

Meskipun memiliki panel layar 15,6″ Full HD, ASUS VivoBook tetap bisa dimasukan ke dalam frame laptop 14″. Ini dikarenakan  ketipisan bezel NanoEdge 7.8mm yang super tipis, yang secara menakjubkan mampu memberi rasio 80% antara layar dengan body. Layarnya juga didukung dengan teknologi 178° wide-view untuk memastikan warna dan kontras tetap hidup dan tajam saat dilihat dari sudut manapun.

Tidak akan menjadi masalah lagi mengetik dalam kondisi minim cahaya, bahkan gelap sekalipun. ASUS VivoBook S memiliki keyboard full-size backlit* yang sangat efektif untuk cahaya rendah. Konstruksi keyboard single-piece yang kokoh dengan tombol 1,4 mm menjadikan aktivitas mengetik jadi menyenangkan.

*) Spesifikasi dapat bervariasi menurut wilayah.

DATA & KONEKTIVITAS
``Antara Muatan dan Kecepatan Muatan``

ASUS VivoBook S diperkuat dengan Hybrid Storage. Sistem penyimpanan yang menggabungkan HDD dan SSD. Untuk merasakan kecepatan yang maksimum, kita bisa menginstal semua software di SSD, sementara HDD hanya digunakan sebagai penyimpan file. Tidak perlu khawatir cepat penuh, ASUS VivoBook S dibekali HDD 1TB + 128GB SSD.

Di sisi konektivitas gak ketinggalan dipoles. ASUS VivoBook S dilengkapi dengan port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C™ reversibel dengan desain any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan cepat.

port konektivitas
Keamanan VivoBook S15
ENERGI & KEAMANAN
``Kendali Sepenuhnya Ada di Tangan``

Di sektor asupan energi, ASUS VivoBook S dibekali baterai  polimer Lithium yang menawarkan baterai dengan umur pemakaian 3x lebih lama dari baterai silinder Lithium-ion standar. Selain menggunakan jenis baterai yang lebih baik, ASUS juga memberi sentuhan teknologi dari dapur inovasi mereka, yaitu teknologi ASUS Battery Health terbaru yang akan memperpanjang masa pakai baterai, mengurangi tingkat ekspansi baterai dan membantu memastikan baterai tetap dalam kondisi baik. Menariknya lagi, ada quick-charge juga yang mampu mengisi baterai hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit.

Peningkatan Keamanan dengan Teknologi Sensor Finger Print

Dari ‘pengamanan’ energi, sekarang kita bergeser ke ke pengamanan perangkat. Kalau selama ini teknologi sensor finger print umum digunakan di ponsel cerdas, ASUS telah memboyongnya ke notebook VivoBook S.

Hanya dengan menempelkan jari ke area finger print di bagian touchpad dan di Windows Hello, kita sudah bisa mengakses dan mengoperasikan notebook.  Tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi setiap saat untuk masuk.

Multimedia ASUS VivoBook S15
MULTIMEDIA

“Bahagia Tanpa Batas”

Di samping untuk menunjang aktivitas kerja, seperti kita ketahui, bahwa notebook saat ini sudah berperan multi guna, salah satunya sebagai sarana entertaiment yang pada efeknya turut untuk menambah spirit kerja.  Kabar baiknya, ASUS tidak pernah mengabaikan hal ini. Kita akan mendapatkan pengalaman multimedia yang mengesankan dari ASUS VivoBook S15.

ASUS Splendid Technology
ASUS Splendid Technology

Berkat teknologi ini, kita dapat memilih tampilan visual layar sesuai dengan jenis konten yang akan ditampilkan, sehingga mata kitapun bisa dibuat nyaman. ASUS Splendid memiliki 4 pilihan mode visual, yaitu;

  1. Mode Normal: Sangat ideal untuk tugas sehari-hari.
  2. Mode Vivid: Mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video yang lebih tajam.
  3. Mode Eye Care: Mengurangi tingkat paparan cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata. Cocok diaktifkan pada saat membaca e-book.;
  4. Mode Manual: Memungkinkan penyesuaian warna yang dipersonalisasi.
ASUS True2Life Technology
ASUS True2Life Technology

Inilah algoritma cerdas yang akan mengoptimalkan ketajaman dan kontras piksel di setiap video yang kita saksikan dari layar ASUS VivoBook S sehingga mampu tampil menakjubkan.

ASUS Tru2Life dapat meningkatkan kontras dan ketajaman hingga 200%. Menjadikan setiap tampilan piksel menjadi tampak lebih detail dan jelas.

Lihatlah perbedaanya tanpa ASUS Tru2Life dan dengan ASUS Tru2Life:

ASUS SonicMaster Technology
ASUS SonicMaster Technology

Setelah urusan visual dan video, sekarang kita bahas audio. Para pengguna setia ASUS tentu tidak asing lagi dengan teknologi ASUS SonicMaster! Sebuah teknologi yang mengkombinasikan hardware, software dan penyetelan audio yang dirancang khusus.

ASUS SonicMaster digawangi secara khusus oleh tim ASUS Golden Ear yang bekerja keras bersama tim perancang produk untuk memastikan speaker ditempatkan di posisi yang tepat agar mendapatkan dentuman audio maksimum. Penempatan ini harus memperhitungkan banyak faktor kompleks, seperti dimensi ruang suara dan arah yang ditunjukkan sumber suara.

Spesifikasi
SPESIFIKASI
``Multi Teknologi, Kaya Inovasi``
Spesifikasi ASUS VivoBook S15 (Compress)

CNET Ratings

Design 80/100
Features 70/100
Performance 80/100
Battery 70/100

Harga

Dengan segala keindahan, ketangguhan dan kekayaan fiturnya, ASUS VivoBook S (S510UQ) bisa dimiliki dengan harga Rp 9.799.000. Harga yang tentu lebih masuk akal dengan spesifikasi yang high dibanding merek lain dengan spesifikasi yang sama.


Referensi:

  • www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S15-S510UQ/
  • www.cnet.com/products/asus-vivobook-s15/review/

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.