Smartphone dan Ancaman Seks Bebas

Penggunaan smartphone di kalangan remaja semakin melonjak. Hal ini diduga memiliki potensi untuk membuat mereka jatuh ke dalam seks bebas, terlepas dari aman dan tidak aman. Penelitian di University of Southern California, Amerika Serikat, menemukan indikasi bahwa remaja dengan smartphone mudah terhubung melalui internet dengan rekan-rekan mereka. Tak jarang mereka membuat janji untuk melakukan hubungan seks baik melalui kontak fisik langsung maupun dengan menggunakan fasilitas yang ada di smartphone.

Iustrasi (by. Updatec.com)
Iustrasi (by. Updatec.com)

Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang-orang muda yang memiliki smartphone 1,5 kali lebih aktif secara seksual dibandingkan remaja yang tidak memilikinya. Sebanyak 17% dari pasrtisipan yang disurvei mengakui melakukan pendekatan dengan seseorang secara online, kemudian mengintensifkan hubungan ke hal-hal yang berbau seks.

Bahkan, ada kecenderungan mereka melakukannya tanpa pengaman. Penelitian ini mengambil sampel 1893 siswa sekolah menengah di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Kita harus menyadari bahwa ponsel adalah cara baru bagi remaja untuk bertemu dengan mitra seks,” kata Hailey Winetrobe, peneliti pada riset tersebut sebagaimana dikutip dari Updatec.

“Orang tua dan profesional kesehatan harus berbicara dengan anak remaja mereka untuk mengamankan diri saat bertemu dengan siapapun di media online”

  • 174 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.