Rahasia Mudah Pemasaran Online Rendah Biaya

pemasaran online
ilustrasi (by. sheltrart.blogspot.com)

Anda mungkin pernah mendengar tentang cara-cara berbeda yang begitu banyak untuk mempromosikan bisnis Anda di website. Bertanya kepada setiap guru pemasaran online mendapatkan jawaban yang berbeda. Ada media sosial seperti Twitter, Facebook, Pinterest dan LinkedIn. Jangan lupa mesin pencari. Ada juga membayar iklan. Bahkan sebelum Anda memulainya, bisa jadi Anda sudah merasa kewalahan membayangkannya.

Tapi bagaimana jika ada yang mengkatakan bahwa itu semua benar-benar sederhana ?. Ya, dia adalah Aaron Houghton.

Aaron Houghton telah membantu para pemilik usaha kecil untuk mempromosikan usaha mereka secara online selama kurang lebih lima belas tahun. Karir awalnya sebagai konsultan, dan beberapa waktu kemudian ia ikut mendirikan sebuah perushaan yang dikenal iContact. Perusaahan yang membantu ratusan ribu usaha kecil mengirim email newsletter.

Dari pengalamannya, Aaron Houghton telah belajar bahwa pada dasarnya kita memiliki dua jalur untuk sukses dalam pemasaran online. Kita dapat membayar untuk iklan online, atau kita dapat membuat artikel yang berisi informasi berharga. Kedua jalur memerlukan sedikit usaha kita, tapi salah satunya memiliki beban biaya yang lebih murah. Nah, disini kita akan mengulas tentang mempromosikan bisnis melalui artikel, merujuk kepada tips yang disampaikan oleh Aaron Houghton di StartUp Nation.

Dengan teknik ini strateginya cukup sederhana. Hanya tentang menempatkan artikel baru sebanyak mungkin di halaman utama. Setelah menulis, kita perlu memposting dan menyebarkannya secara bebas di seluruh web.

  • Berikut adalah daftar singkat bagaimana kita harus melakukannya dan setelah itu siap untuk pergi.
  • Posting teks lengkap dari artikel sebagai halaman baru di website Anda
  • Menulis teaser untuk artikel dan posting di blog Anda
  • Sertakan tiga kalimat pertama artikel di newsletter email Anda
  • Mintalah umpan balik pada artikel ke grup Anda di di LinkedIn
  • Pinterest-kan gambar yang merupakan bagian dari artikel Anda.
  • Ajukan pertanyaan tentang sesuatu yang disebutkan dalam artikel pada halaman Facebook Anda
  • Rewrite judul dari artikel Anda lima kali dengan kalimat yang berbeda dan kicaukan di Twitter sebagai lima tweet dalam rentang waktu beberapa jam

Pastikan bahwa setiap kali Anda menyebutkan artikel selalu berisi link kembali ke versi teks penuh di website Anda. Kemudahan di sini adalah bahwa Anda tidak perlu memiliki semua metode distribusi untuk memulai. Jika Anda hanya memiliki sebuah website dan halaman Facebook, itu sudah baik untuk dimulai dari sana. Intinya adalah bahwa konten yang baik harus tersebar luas, setelah itu sebagian besar tergantung tangan Anda. Jika Anda menulis konten yang baik, mesin pencari akan menemukannya dan pengguna sosial akan berbagi. Anda hanya perlu menulis artikel dan mendapatkannya di luar sana. Jadi, mari kita bicara tentang apa konten yang baik sebenarnya. Sekali lagi, itu cukup sederhana. Konten yang baik adalah informasi yang dibutuhkan calon pelanggan Anda untuk memecahkan masalah yang sedang mereka alami sekarang.

Berikut adalah beberapa topik artikel singkat yang akan menunjukan bahwa Anda sudah ahli untuk memberikan solusi yang orang lain butuhkan.

  • Lima pertanyaan penting bagi pelanggan baru yang harus Anda jawab.
  • Satu hal yang Anda lakukan tidak lakukan oleh pesaing Anda
  • Kesalahpahaman yang umum tentang industri atau produk Anda
  • Dua prediksi tentang bagaimana industri Anda akan berbeda dalam lima tahun
  • Sebuah cerita pribadi yang menjelaskan mengapa Anda begitu bergairah tentang apa yang Anda lakukan

Sekarang mari kita ingat kembali, bahwa sebelumnya dikatakan untuk mencapai keberhasilan pemasaran dengan menulis konten yang baik membutuhkan usaha bukan ?. Inilah yang dimaksud Aaron Houghton. Menulis 1 artikel yang menyenangkan, menulis 10 artikel adalah awal yang baik, dan menulis 50 artikel adalah strategi pemasaran.

Anda bisa melakukan apa saja selama tidak menulis artikel. Anda tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Menulis artikel 1-2 setiap minggu adalah durasi yang wajar meskipun sebetulnya lebih banyak selalu lebih baik.

Perlu diingat, bahwa pilihan lain Anda adalah membeli pengunjung website melalui iklan, biasanya biaya sebuah space sekitar $ 2,50 per pengunjung. Jadi jika Anda menulis artikel baru dan mempromosikannya melalui berbagai media Anda (website, blog, Facebook, Twitter, dll) dan menerima 150 pengunjung total selama bulan pertama, Anda baru saja menyelamatkan uang $ 375 dari biaya iklan.

Cara lain untuk melihat itu adalah seperti berikut ini; Pesaing Anda yang tidak menulis artikel akan/harus menghabiskan $ 375 di iklan hanya untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang sama ke situs web mereka. Apakah itu cara yang terbaik ?, sementara ada rahasia kecil dari sebuat artikel yang baru saja Anda sebarkan membuat lalu lintas tidak berhenti setelah bulan pertama (sebagaimana trafik dari iklan berbayar). Sebuah artikel yang mendapatkan 150 pengunjung pada bulan pertama bisa terus mendapatkan pengunjung baru setiap bulan ke depannya. Itulah nilai tambah $ 62.50/bulan untuk selamanya.

Sekarang sangat mudah untuk melihat bagaimana menulis dan mempromosikan 50 atau lebih artikel di website Anda akan menghasilkan aliran pengunjung ke website Anda dengan biaya yang sangat rendah. Ingat, tulislah artikel yang menjawab pertanyaan nyata dari calon pelanggan dan mendistribusikan artikel tersebut dengan mempostingnya di situs Anda, kemudian sebarkan link-nya di sosial media.

***

Tentang Aaron Houghton

Aaron Houghton adalah seorang pengusaha serial yang membangun produk pemasaran web untuk pemilik usaha kecil. Saat ini Aaron adalah co-founder dan CEO BoostSuite.com. BoostSuite adalah produk yang membantu pemilik usaha kecil mendapatkan hasil pemasaran yang lebih. Sebelumnya Aaron adalah co-founder email buletin iContact.com yang dijual kepada Vocus pada tahun 2012 sebesar $ 180 juta. Aaroon juga pernah meraih Ernst and Young Entrepreneur Year pada tahun 2008, pernah tercatat di Inc Magazine’s under 30 list 2010, dengan label sebagai CEO Top 10 Most Influential CEO in 2010 (di belakang Zuckerberg, Andrew Mason, dan Matt Mullenweg). Dalam waktu luangnya Aaron adalah seorang petualang outdoor.

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.