10 Hal Gratis Terfavorit di Bandara

Bandara tidak hanya dikenal karena dipenuhi oleh kemewahan, tapi bisa juga kita temukan 10 hal yang akan membantu Anda merasa lebih senang dalam perjalanan, atau paling tidak selama di Bandara.

1. Wi-Fi Gratis

Untuk yang pertama ini rasanya sangat mudah ditebak. Sebagai besar pengguna jasa penerbangan adalah orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi, termasuk juga dalam hal update informasi.

Geram rasanya bagi mereka begitu menunggu take off apalagi delay sama sekali tidak ada layanan free wi-fi di bandara. Memang sih, bisa saja mereka menggunakan layanan data berbayar pribadi, tapi dalam keadaan tertentu akses wi-fi gratis bisa ibarat oase di padang pasir.

2. Isi Ulang Baterai Gratis

Ibarat adik-kaka yang sulit dipisahkan, itulah antara free wi-fi dan free charge. Kalaulah koneksi internet yang bebas dan cepat ibarat aliran darah, maka bagi sebagian besar “generasi menunduk” bisa mengisi ulang baterai dengan gratis di bandara adalah nyawa. Terlalu berlebihan memang, tapi hampir semua pengguna jasa penerbangan pasti akan senang jika di bandara tersedia layanan isi ulang baterai secara gratis.

3. Gratis Film & Video Game

Semua orang yang pernah datang ke Bandara Changi – Singapura akan selalu merasa nyaman, bagaimana tidak, menonton film dan bermain video game secara gratis bisa mereka lakukan di salah satu bandara tersibuk di dunia ini.

Bagi para wisatawan, Bandara Changi adalah ‘ultimate paradise‘ untuk fasilitas yang serba gratis. Jika Anda ingin melakukan streaming film sendiri, ada wi-fi di seluruh area bandara, serta 500 kios internet gratis.

4. Perpustakaan Gratis

Ini bisa Anda temukan di Bandara Amsterdam. Bandara yang besar, juga minat membaca orang-orang Belanda yang sangat tinggi menjadikan Schiphol Airport Library (www.airportlibrary.nl) bagian dari kombinasi keduanya. Perpustakaan tersebut memperlihatkan kebudayaan Belanda dengan literatur dalam terjemahan. Bahkan 9 dari 25 kursi memiliki iPad. Perpustakaan merupakan bagian dari Holland Boulevard wilayah budaya bandara yang juga memiliki cabang (non-free) dari Amsterdam’s Rijksmuseum.

5. Gratis Panggilan Skype

Skype memang menyenangkan, tapi kesenangan tersebut tentu tidaklah gratis. Lain halnya dengan yang ada di Tallinn, Estonia, Anda dapat melakukan Panggilan Skype secara gratis.

Skype awalnya ditulis oleh programmer Estonia, sehingga tidak mengherankan jika negara ini terus-menerus menunjukan karya kebanggaan mereka yang semakin terkenal (bagian dari komoditi ekspor kah ?). Pada April 2011, booth pertama Skype video chat gratis (www.tallinn-airport.ee) muncul di bandara Tallinn. Jika ada terlalu banyak antrian, Anda dapat online di 14 kios internet gratis di bandara, atau berselancar di laptop Anda sendiri dengan wi fi gratis yang tersedia.

6. Gratis Tur Bandara

Pernahkan Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di ‘balik layar’ di bandara utama ?. Pada hari Kamis pekan kedua dan keempat dan Jumat setiap bulan, jika Anda berada di San Diego International Airport, California, pada waktu yang tepat, Anda bisa mengambil tur (www.san.org) di bandara San Diego dan bagian lapangan terbang, termasuk area-area beraspal yang Anda sendiri biasanya tidak bisa mengakses dengan bebas.

7. Gratis Tur Kota

Jika Anda terjebak di bandara selama beberapa jam, Taiwan Tourism Bureau menawarkan tur Kota Taipei gratis untuk pagi dan sore dimulai dari Taoyuan International Airport (admin.taiwan.net.tw).

Layanan tur Kota Taipei secara gratis ditawarkan oleh Taiwan Tourism Bureau jika Anda terjebak di Bandara.
Layanan tur Kota Taipei secara gratis ditawarkan oleh Taiwan Tourism Bureau jika Anda terjebak di Bandara. (Photo by EtherH/Flickr.com)

Pada tur pagi Anda akan di ajak ke kuil kuno dan pusat pembuatan tembikar; sedangkan tur sore akan membawa Anda ke kuil lain, gedung pencakar langit tertinggi di Taiwan dan kediaman Presiden Taiwan. Taipei bukanlah satu-satunya bandara yang menawarkan gratis wisata kota, Bandara Changi Singapura juga menawarkan hal serupa. Kalau penawarannya seperti ini, terjebak di Bandara itu masalah atau berkah ?.

8. Gratis Area Bermain Anak-anak

Banyak bandara memiliki area bermain anak-anak, namun Terminal O’Hare 2 “Kids on the Fly” jauh lebih menonjol dengan area yang luar biasa besar (lebih dari 2.000 kaki persegi), dirancang oleh Museum Anak Chicago. Area bermain anak-anak ini memiliki arena permainan helikopter, arena bermain pesawat, bermain check-in counter, dan ada juga koleksi Lego raksasa. Area unik di Bandara ini biasanya disebut Munich “Kinderland” (www.munich-airport.de).

9. Gratis Showers dan Kopi

Mandi di bandara mungkin tidak menarik bagi Anda, tetapi bisa menjadi keuntungan nyata jika Anda baru saja mendarat dari penerbangan malam dan harus tampak lebih segar. Kalaupun Anda tidak mau mandi, ada kopi gratis di seluruh Terminal 2 Bandara Munich yang akan menghilangkan rasa kantuk dan muka kusut. (www.munich-airport.de).

10. Gratis Sajian Budaya

Inilah yang dihadirkan oleh Incheon Airport, Seoul. Mereka ingin Anda datang dan mengetahui lebih banyak tentang Korea (www.airport.kr). Bandara ini juga dipenuhi dengan “cultural attractions” gratis, kesempatan yang selalu membuat para turis merasa senang adalah di mana mereka dapat berdandan dan dipotret dalam pakaian tradisional Korea.

Disarikan dari frommers.com

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.