Pentingnya Blog untuk Perusahaan

Jika Anda mengelola sebuah perusahaan, jangan pernah mengira bahwa blog untuk perusahaan atau brand itu hal yang kurang penting, sesuatu yang tidak layak untuk mendapatkan luangan waktu dan sumber daya tambahan.

Pada kenyataannya, memiliki sebuah blog dan mengelolanya dengan baik sama pentingnya dengan mencetak brosur atau membuat katalog untuk mitra/pelanggan kita. Blog memudahkan mereka untuk mengakses dan membaca informasi tentang produk dan jasa perusahaan yang Anda kelola.

Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai blog.

Menunjukkan bahwa Perusahaan Anda Memang Ahlinya

Bidang apa yang dikelola oleh perusahaan Anda?  Teknologi informasi? Perdagangan? Jasa? atau Manufaktur? Bisa dipastikan, bahwa dalam bidang apapun perusahaan Anda bergerak, blog harus tetap ada.

Blog adalah sesuatu yang dinamis, berbeda dengan situs profil yang biasanya cenderung statis, di mana calon mitra hanya diberi kesempatan untuk melihat profil bisnis Anda. Tidak ada aspek psikologi tentang bagaimana cara Anda melakukan interaksi dengan mitra dan calon mitra, sebelum yang melihat itu melakukan komunikasi langsung dengan Anda.

Mari kita coba ambil contoh. Perusahaan Anda bergerak dalam pengolahan susu, dari kondisi mentah sampai menjadi hasil olahan di dalam kemasan. Salah satu alasan orang mau mengkonsumsi susu adalah faktor kesehatan. Mereka meyakini bahwa susu dapat menyehatkan. Meski demikian, masyarakat cenderung tidak akan percaya begitu saja terhadap kualitas susu olahan perusahaan Anda. Sebagian dari mereka ingin tahu manfaat lebih jauh dari susu, khususnya susu yang akan mereka konsumsi, yaitu susu diproduksi oleh perusahaan Anda.

Melalui media blog, Anda dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda memang ahlinya dalam pengolahan susu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Buatlah tulisan-tulisan yang berkaitan dengan susu. Ini tidak hanya mencerdaskan masyarakat tentang betapa pentingnya susu, tapi juga memberikan mereka gairah untuk mau minum susu.

Dengan sedikit strategi viral, Anda dapat memengaruhi para pembaca blog Anda, bahwa susu yang paling tepat diminum adalah susu produksi perusahaan Anda.

Jangan lupa, bahwa di blog ada kolom komentar. Ada kemungkinan Anda akan dihadapkan dengan berbagai komentar yang beragam, terutama pertanyaan. Itu tidak boleh diabaikan, Anda harus telaten untuk menjawabnya sehingga bisa menjadi alasan mereka untuk kembali mengunjungi blog perusahaan Anda. Semakin puas jawaban yang diberikan, mereka akan semakin tertarik dan yakin bahwa perusahaan Anda memang ahli di bidangnya.

Blog Evernote. Salah satu blog perusahaan terbaik menurut Mashable
Blog Evernote. Salah satu blog perusahaan terbaik menurut Mashable

Positif untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Semakin konsisten blog perusahaan Anda diperbarui dengan konten yang segar dan relevan di bidang usaha Anda, semakin baik untuk optimasi mesin pencari, atau yang biasa dikenal dengan istilah search engine optimisation (SEO).

Selama Anda menjaga konten yang berkualitas tinggi dan menggunakan kata kunci yang tepat, blog Anda adalah cara yang bagus untuk membantu Anda meningkatkan peringkat dan bahkan mendapatkan pertukaran tautan dengan perusahaan terkait lainnya.

Ini adalah salah satu (contoh) strategi yang sekarang mulai populer dimainkan oleh perusahaan-perusahaan hosting. Di blog mereka, mereka menulis berbagai tip dan trik tentang pembuatan situs. Selain untuk menunjukkan bahwa mereka memang ahlinya (sebagaimana diuraikan di atas), ini juga memberi pengaruh terhadap optimasi situs (profil) perusahaan mereka di mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu, dan sebagainya) ketika orang mencari dengan kata kunci “Hosting”.

Situs-situs mesin pencari tidak boleh Anda abaikan. Masyarakat sekarang memiliki kecenderungan melemparkan semua pertanyaan ke situs mesin pencari, termasuk untuk sebuah produk.

Memaksimalkan Peran Jejaring Sosial

Perusahaan Anda memiliki akun Facebook atau Twitter? banyak pengikutnya? Kalau iya, sangat disayangkan jika perusahaan Anda malah tidak memiliki blog.

Banyak yang membuat halaman Facebook atau akun Twitter untuk perusahaan mereka, tapi tidak yakin apa yang harus dilakukan sehingga mereka akhirnya membagikan informasi (lewat media sosial tersebut) hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan produk mereka. Di sini, blog bisa mengambil peran dengan memuat artikel menarik kemudian bagikan tautannya di Facebook dan Twitter. Anda mulai dapat mengarahkan interaksi dengan para pemangku kepentingan yang paling penting, yaitu pelanggan Anda.

Cara Sederhana Membuat Konsumen Tahu Promosi Terbaru

Ketika trafik semakin meningkat dan peringkatnya semakin bagus, blog menjadi salah satu faktor termudah untuk memangkas biaya promosi. Blog adalah platform yang besar untuk mempublikasikan setiap promosi atau penawaran mendatang untuk setiap produk yang akan Anda pasarkan.

Blog juga merupakan tempat di mana Anda dapat menampilkan produk-produk atau layanan baru dan menjelaskan bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi mitra pemasaran atau konsumen produk Anda.

Mencari Tahu Apa yang Diinginkan

Blog adalah cara yang fantastis untuk mencari tahu apa yang pelanggan Anda pikirkan. Anda melakukan survey atau kuisioner ke publik untuk mengetahui apa yang mereka inginkan. Ini bisa tanpa biaya tambahan.

Atau Anda juga bisa menangkap langsung setiap komentar dari mereka dengan menyediakan halaman “Contact Us“.

Orang-orang cenderung lebih santai saat mengomentari blog dan bisa jadi Anda akan menerima umpan balik tentang beberapa hal yang sebelumnya Anda benar-benar tidak tahu seperti apa pandangan pelanggan Anda.

Blog bagi sebuah perusahaan sangat penting. Ia bukan sekadar “suplemen sehat” untuk situs profil perusahaan Anda dengan alasan SEO, tetapi juga membantu Anda untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

  • 194 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.