4 Software Alternatif Microsoft Office Gratis dan Terbaik

Sebelumnya saya ingin bertanya dulu, software (perangkat lunak) Office yang Anda gunakan saat ini apa? Jika menggunakan Microsoft Office, nih… asli apa bajakan? Syukurlah kalau asli. Tapi kalau bajakan, sepertinya Anda harus mulai mencoba beralih ke software alternatif Microsoft Office yang tidak hanya gratis, tapi kemampuan dan fungsinya juga tidak kalah dengan Microsoft Office, bahkan dalam beberapa hal lebih unggul. Soal keamanan juga lebih terjamin, dibanding Anda menggunakan Microsoft Office bajakan.

Berikut ini adalah 4 perangkat lunak alternatif Microsoft Office gratis yang bisa Anda pilih. Keempat perangkat lunak ini juga sangat bagus digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan dan kantor pemerintahan untuk menekan biaya pengeluaran dan meminimalisir risiko ancaman virus.

OpenOffice (Apache)

Open Office

OpenOffice merupakan perangkat lunak alternatif Ms. Office tertua dengan sumber terbuka (Open Source). Lebih dari 15 tahun dikembangkan, OpenOffice telah berkembang menjadi sebuah perangkat lunak perkantoran dengan fitur yang lengkap untuk membuat dokumen word, spreedsheat, grafis, presentasi dan database.

OpenOffice menyimpan data yang kita buat dalam format standar internasional terbuka. Tidak hanya itu, OpenOffice juga mendukung berbagai jenis dokumen Microsoft, seperti DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX dan lain-lain.

Sebagai pengembang OpenOffice, Apache terus menambahkan berbagai fitur. OpenOffice terus mendapatkan pembaruan, selain untuk meningkatkan kemampuan, juga untuk meningkatkan kompatibilitas jenis file dengan berbagai ekstensi populer. OpenOffice sudah memiliki repositori tema yang menyediakan sejumlah kerangka kerja memudahkan kita membuat berbagai jenis dokumen, seperti resume dan faktur.

Untuk menggali lebih dalam mengenai fitur, penggunaan dan solusi ketika ada masalah dengan OpenOffice, Anda bisa mengikuti forum, milis dan tracking issue yang dirilis.

Download: Windows | Mac OS | Linux

FreeOffice (SoftMaker)

FreeOffice SoftMaker oleh Rosid

FreeOffice dari Softmaker merupakan paket perangkat lunak office yang kaya fitur. Hadir dengan 3 jenis aplikasi (TextMaker, PlanMaker dan Presentation) sebagai alternatif dari Ms. Word, Excel dan PowerPoint, FreeOffice menawarkan beberapa keunggulan. Antara lain:

  1. Ringan, cepat dan modern
  2. Kemampuan memeriksa ajaan yang baik, menggunakan kamus komersial berkualitas tinggi dalam 20 bahasa.
  3. Kamus sinonim (fungsi tesaurus) dalam 8 bahasa.
  4. Sangat kompatibel dengan format Microsoft seperti DOCX, XLSX dan PPTX.
  5. Dokumen yang ditampilkan dalam bentuk tab, seperti di web browser
  6. Sidebar yang lebar untuk menyajikan ringkasan dokumen.
  7. Dukungan teknis gratis dari SoftMaker
  8. Fitur tambahan seperti amplop, pencetakan label, makro, mailmerge, referensi silang dan keterangan gambar.

Sebagai informasi tambahan, FreeOffice juga suidah tersedia versi mobile untuk Anda pengguna Android.

Download: Windows | Linux | Android

LibreOffice (The Document Foundation)

LibreOffice oleh Rosid

LibreOffice bisa dibilang ‘anak’ dari OpenOffice. LibreOffice dikembangkan oleh orang-orang di organisasi nirlaba The Document Foundation yang jadir sesaat setelah OpenOffice diambil alih oleh Apache. Oleh karena itu, jangan heran jika LibreOffice memiliki sumber kode dan fitur perangkat produktivitas dasar yang mirip dengan OpenOffice.

Yang membuat LibreOffice berbeda dengan OpenOffice adalah tampilannya.The Document Foundation telah membuat antar muka LibreOffice terlihat lebih modern, sehingga memberikan pengalaman penggunaan yang mendekati Ms. Office.

Paket LibreOffice meliputi Writer, Calc (Spreadsheet), Impress (Presentation) dan sebagainya. LibreOffice sepenuhnya kompatibel dengan berbagai jenis file Microsoft (seperti DOC, XLS, PPT).

Karena dikembangkan secara terbuka dan berbasis komunitas, Anda tidak akan kesulitas untuk mencari bantuan ketika mengalami kesulitan.

Download: Windows | Mac OS | Linux

WPS Office (Kingsoft)

WPS Office oleh Rosid

Bagi pengguna Android dan iOS, mungkin tidak asing lagi dengan nama WPS. Dibuat oleh Kingsoft, WPS Office memiliki8 antar muka yang sangat mirip dengan Microsoft Office. Tampilannya yang bersih dan segar membuat penggunanya serasa menggunakan Microsoft Office.

Sebagai software alternatif Microsoft Office, WPS menawarkan versi gratis yang dirancang untuk pengguna rumahan (versi bisnis memerlukan lisensi berbayar). Paket WPS terdiri dari Writer, Presentation dan Spreadsheet. WPS Office 100% kompatibel dengan berbagai ekstensi file Microsoft.

Beruntung bagi yang menggunakan Linux, karena WPS Office untuk Linux sepenuhnya gratis (tidak ada versi berbayar).

Download: Windows | Linux | Android | iOS

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.