Pengaturan Auto Forward Email di Zoho

Setelah membuat email dengan domain sendiri (baca: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Menggunakan Zoho), mungkin Anda merasa terlalu repot jadi banyak email yang sewaktu-waktu harus dibuka. Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa sedikit lebih keren dengan menggunakan email domain sendiri. Salah satu solusinya adalah dengan membuat auto forward. Ya, disini kita akan melakukan pengaturan auto forward email diZoho agar email yang Anda terima di Zoho otomatis terkirim juga ke email yang Anda gunakan saat ini.

Dengan melakukan auto forward, Anda cukup membuka email dengan domain sendiri Anda jika merasa perlu untuk mengirim atau membalas email yang perlu dibalas.

Mari kita mulai!

Mengaktifkan Email Forwarding

Masuk ke email Anda di Zoho. Lanjut ke menu Setting di bagian sudut kanan atas.

Klik menu SETTINGS
Klik menu Settings

 

Klik Email forwarding and POP-IMAP
Klik Email forwarding and POP-IMAP

 

Pengaturan email forwarding

  1. Tambahkan email yang Anda gunakan saat ini, yang akan dijadikan penerima email terusan (forward)
  2. Pilih Yes atau No untuk menentukan apakah email yang telah diteruskan akan otomatis terhapus dari server Zoho. Saran saya sih No, kurang tahu kalua Mas Anang dan Mas Dani.
  3. Klik Enable for All Messages di bagian POP Acces dan Enable di bagian IMAP Access.

Selanjutnya, Klik Verify

Klik VERIFY
Klik Verify

Verifikasi Email Forwarding

Sekarang buka email yang Anda jadikan sebagai penerima terusan. Anda akan menerima email Kode Konfirmasi/Verifikasi dari Zoho. Contohnya seperti berikut:

Salin kode konfirmasi-verifikasi
Salin kode konfirmasi/verifikasi

Kembali ke email Anda di Zoho untuk melakukan verifikasi. Tempel (paste) kode konfirmasi yang Anda salin tadi.

Verifikasi kode konfirmasi

Masukan Confirmation Code, klik Confirm

Selesai! Silakan coba minta teman Anda mengirim email ke alamat email Anda di Zoho (domain sendiri). Atau oleh Anda sendiri jika memiliki email lebih dari dua.

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.