SSL Gratis dari Let’s Encrypt dan Cara Memasangnya

SSL Gratis? Yups, ini beneran. Bagi pelanggan hosting NiagaHoster, Domainesia, DewaWeb dan beberapa lainnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan SSL gratis dari Let’s Encrypt, karena penyedia layanan hosting tersebut telah menyediakan fitur aktivasi SSL Let’s Encrypt langsung di cPanel-nya.

Bagi Anda yang tidak berlangganan hosting di vendor-vendor tersebut tidak perlu berkecil hati, karena Anda juga tetap bisa menikmati layanan SSL gratis ini. Syarat utamanya, pastikan paket hosting atau server Anda mendukung penggunaan SSL (https). Untuk lebih pastinya, silakan tanya terlebih dahulu ke vendor hosting Anda saat ini.

Let’s Encrypt sendiri merupakan layanan SSL gratis, otomatis dan otoritas sertifikat terbuka (CA) untuk kepentingan bersama (publik) yang disediakan oleh Internet Security Research Group (Linux Foundation Colaborative Project).

Penting: Panduan ini belum pernah saya coba di Cloudflare maupun CDN lainnya.

Baik, disini kita akan membahas cara memasang SSL gratis dari Let’s Encrypt melalui 2 (dua) cara, yaitu;

  1. Bagi Anda yang vendor hostingnya sudah menyediakan layanan Let’s Encrypt. Intant via cPanel.
  2. Bagi Anda yang vendor hostingnya belum menyediakan layanan Let’s Encrypt, tapi paket hostingnya sudah support SSL. Kita akan melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda dan tentu saja tidak instant.

Cara Instal SSL Gratis dari Let’s Encrypt (Instan via cPanel)

Masuk ke cPanel hosting Anda. Klik menu Let’sEncrypt for cPanel. Jika menu ini tidak muncul, biasanya dikarenakan Anda masih menggunakan theme cPanel X3, cobalah ubah ke  theme paper_lettern.

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Klik menu Let’sEncrypt for cPanel
Klik menu Let’sEncrypt for cPanel
Pilih domain, klik ISSUE
Pilih domain, klik ISSUE
Centang includ dan SSL untuk email, kemudian klik ISSUE
Centang include dan SSL untuk email, kemudian klik ISSUE
Pemasangan SSL Let's Encrypt berhasil
Pemasangan SSL Let’s Encrypt lansgung via cPanel berhasil

Sampai disini, SSL sudah berhasil diaktifkan dan situs Anda bisa diakses dengan menggunakan https.

Cara Redirect Halaman HTTPS WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress, Setelah SSL Anda berhasil dikeluarkan, maka langkah selanjutnya perlu Anda lakukan adalah me-redirect halaman situs Anda ke url https. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menginstal dan mengaktifkan plugin Really Simple SSL. Seecara otomatis situs Anda akan ter-redirect semua ke https dan tidak perlu melakukan pengaturan tambahan apapun.

Plugin Really Simple SSL
Instal plugin Really Simple SSL
Aktivasi Really Simple SSL
Aktivasi Really Simple SSL

Selesai!

Selanjutnya: Cara Instal SSL Let’s Encrypt (Non Instan via cPanel)

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.