Menjadikan Pertandingan Persib Sebagai Tujuan Wisata di Kota Bandung

Jika Anda berwisata ke luar negeri, misal ke Inggris atau Spanyol, apa rasanya jika dilengkapi dengan menyaksikan pertandingan liga sepak bola kasta tertinggi di masing-masing negara tersebut? Pasti mengesankan, kan? Jika biasanya Anda menyaksikan Liga Inggris atau Liga Spanyol hanya dari layar kaca, kini menyaksikannya langsung di Stamford Bridge atau Old Trafford, atau bahkan di Santiago Bernabeu dan Camp Nou. Sekarang, bagaimana kalau wisatawan yang datang ke Indonesia, khususnya Bandung, juga disuguhi agenda wisata menyaksikan laga pertandingan Persib? Ya, pertandingan Persib menjadi tujuan wisata di Kota Bandung!

Hayooo… langsung ngernyit ya dahinya?

Iya sih, kalau melihat perjalanan liga dan prestasi sepak bola kita memang tidak meyakinkan. Apalagi ditambah perilaku suporternya banyak yang belum  dewasa (entah mau sampai kapan), tapi namanya juga ide dan harapan, apa yang dirasa sulit harus yakin bisa ditaklukan.

Meski harapan seperti ini terasa mengawang-awang dan jauh dari memungkinkan, saya merasa yakin bahwa Bandung sangat bisa. Sama yakinnya ketika klub sepak bola harus lepas dari dana APBD, saya yakin Persib bisa, dan alhamdulillah… hal yang berbau official Persib pun sekarang sudah seperti reklame.

Konsep menjadikan laga olahraga sebagai bagian dari destinasi wisata bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan ketika berbagai negara berebut menjadi tuan rumah gelaran akbar semacam olimpiade dan piala dunia pun karena di dalamnya ada potensi pemasukan devisa yang luar biasa dari wisatawan manca negara.

Beberapa agen perjalanan wisata di Eropa bahkan sudah memasukan “menyaksikan laga pertandingan sepak bola” sebagai bagian dari obyek wisata yang harus dituju, terutama di negara-negara yang atmosfir liga sepak bolanya sudah terkenal ke seantero jagad raya, seperti Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Prancis dan Jerman.

Memasukan unsur olahraga ke dalam sektor pariwisata (atau sebaliknya) adalah sesuatu yang saling menguntungkan. Di industri pariwisata, kombinasi ini menjadikan jenis destinasi atau aktivitas wisatawan semakin beragam, sedangkan di dunia olahraga akan memberikan efek yang bagus terhadap perkembangan industri olahraga, baik dari sisi bisnis maupun gaya hidup.

Dari mana kita harus memulai menjadikan laga Persib sebagai tujuan wisata di Kota Bandung?

Kenapa saya memulainya dengan Persib? karena untuk ukuran klub sepak bola di Indonesia, Persib bisa dibilang salah satu klub yang postur kemapanannya lumayan baik,. Memiliki fasilitas pendukung yang memadai dan didukung oleh suporter fanatik yang sangat besar. Selain itu, tentunya karena saya sendiri bobotoh. Heheheheeee

Di Indonesia, menjadikan sebuah pertandingan sepak bola sebagai bagian dari agenda wisata masih belum begitu populer, oleh karena itu ini masih menjadi tantangan. Tantangan untuk menginisiasi dan menunjukan bahwa Bandung juga mampu sekaligus bisa menyerap potensi tambahan di bidang pariwisata melalui sepak bola.

Para wisatawan harus mempunyai alasan kuat; “kenapa ketika berwisata ke Bandung mereka harus menyaksikan pertandingan Persib?”. Berarti, setidaknya mereka harus mendapatkan pengalaman menyaksikan sepak bola yang mengesankan. Misalnya;

  1. Laga digelar dengan profesional
  2. Fasilitas stadion dan sarana transportasi harus memadai, terawat dan ramah difabel.
  3. Jalannya pertandingan harus disiplin dan tidak dinodai dengan kekerasan atau penodaan unsur SARA.
  4. Suporter yang atraktif dengan koreografi yang indah, tapi tidak destruktif. Beberapa pemain luar yang pernah bertanding di Indonesia sering dibuat merinding berbau takjub dengan atmosfir penonton yang penuh animo dan gelora. Ini adalah nilai lebih dari dunia sepak bola kita.
  5. Keamanan yang terjamin.
  6. Sikap dan perilaku penonton harus ramah, tertib, dan hangat.

Keuntungannya

Sebagai sebuah brand, awareness Persib akan semakin dikenal (secara positif), ini berarti juga turut mendongkrak brand value dari Persib itu sendiri. Semakin dikenal dan semakin bernilai, sponsor yang merupakan ‘bapak angkat’ dari berbagai klub sepak bola akan semakin tertarik untuk menjadi bagian dari sebuah nama besar agar turut terbawa bernilai.

Bagaimana dengan sektor pariwisata? tentu nama besar Kota Bandung juga akan ikut dibawa berkibar. Bandung akan memiliki nilai tambah di bidang pariwisata, karena memiliki satu destinasi unik yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Bisa jadi, jika ini berhasil, orang-orang justru akan menjadikan pertandingan Persib sebagai tujuan wisata utama di kota Bandung.

Efeknya tidak hanya postur Persib yang semakin mapan dan sektor wisata Bandung menerima injeksi positif, tapi perekenomian masyarakat Bandung juga akan ikut terkerek, khususnya yang bergerak di bidang usaha mikro.

Tidak apa-apa kita tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia, Olimpiade, MotoGP, F1, X Games, bahkan WRC. Yang penting kita menjadi tuan rumah yang baik bagi Persib agar bisa memberikan pengalaman yang mengesankan bagi siapapun yang menyaksikannya.

  • 174 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.