Mencicipi Kecepatan Indosat Super Wi-Fi di Gadget Android

[dropcap]S[/dropcap]abtu, 23 Februari 2013, bertempat di Restoran Raja Kepiting – BSD City, Tangerang Selatan, saya coba mencicipi akselerasi kecepatan layanan internet dari Indosat melalui produk barunya yang di-branding dengan Indosat Super Wi-Fi.

Melihat perkembangan gadget berbasis Android yang semakin tak terbendung, saya lebih tertarik mencoba Indosat Super Wi-Fi menggunakan tablet berbasis Android.

Ketertarikan ini tentu saja bukan tanpa alasan dengan masa depan tablet cenderung dianggap lebih seksi dibanding netbook. Selain itu, saya rasa sudah cukup banyak blogger yang menuliskan pengalamannya merasakan kualitas Indosat Super Wi-Fi dengan menggunakan laptop.

Sebagai informasi, device yang saya gunakan adalah Galaxy Tab 2 7.0 GT-P3100 16 GB dengan fitur konektivitas data Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot.

Saat menikmati layanan ini, secara bersamaan ada lebih dari 10 user lain yang menggunakan laptopnya di lokasi saya berada (Restoran Raja Kepiting) untuk mengakses internet dengan layanan Indosat Super Wi-Fi.

Sinkronisasi dengan Perangkat

Lebih jelasnya, panduan setting untuk menghubungkan perangkat dengan koneksi Indosat Super Wi-Fi bisa disimak lebih jelas disini. Tapi jika Anda menggunakan device berplatform Android, ternyata ada satu cara ringkas yang jauh lebih mudah.

Pertama Anda masuk ke layanan Google Play Store yang tidak lain merupakan ‘brangkas’ nya Android dengan ribuan aplikasi baik gratis maupun berbayar. Selanjutnya masuk ke kolom pencarian (Search) dan masukan kata kunci “Indosat Super WiFi”. Kurang lebih Anda akan mendapatkan aplikasi seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya silahkan Anda pasang.

 Indosat Super Wi-fi di Google Play

Untuk menyambungkan perangkat dengan Indosat Super Wi-Fi, Anda hanya cukup klik “Connect” dan biarkan terhubung dengan sendirinya. Tampilannya kurang lebih akan seperti ini :

Aplikasi Indosat Super Wi-Fi

Jauh lebih mudah bukan ?.

Melalui Menu (window button), Anda juga dapat melakukan pencarian titik lokasi Indosat Super Wi-Fi di daerah tertentu.

Mungkin karena masih baru, aplikasi yang sangat menarik ini masih kurang disosialisasikan oleh Indosat. Yang pasti aplikasi ini sangat user friendly ketimbang pengguna (dengan platform Android) harus mengutak-atik setting-an.

Kecepatan

Kembali ke topic tulisan. Kecepatan adalah satu hal mutlak yang tidak bisa ditawar lagi dari layanan internet. Tidak mau panjang lebar, berikut ini adalah kecepatan yang didapat oleh device saya dengan 2 kali pengujian menggunakan SpeedTest Mobile Version.

Uji kecepatan Indosat Super Wi-Fi
Uji kecepatan Indosat Super Wi-Fi di Restoran Raja Kepiting – Serpong, Tangerang Selatan

Dengan hasil pengujian yang menunjukan ping di atas standar dan kecepatan upstream yang bisa dibilang setara dengan kecepatan downstream di kisaran 8 Mbps, saya rasa kebangetan kalau ada yang bertanya “Youtube-nya buffering nggak ?”.

Sekilas Tentang Indosat Super Wi-Fi

Dikutip dari situs resmi Indosat ;

Indosat Super Wi-Fi merupakan layanan internet Unlimited melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps yang diperuntukan bagi seluruh pelanggan Prabayar & Paskabayar Indosat secara GRATIS (selama masa promo).

Bagaimana kalau promonya selesai ?, kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai mekanisme tarif dan lain sebagainya dari Indosat.

Sedikit informasi tambahan ; bagi Anda yang ingin mencobanya menggunakan laptop, username cukup dengan menggunakan nomor Indosat Anda (IM3, Mentari dan Matrix). Sedangkan untuk password-nya dapat diperoleh dengan mengirimkan SMS ketik SUPERWIFI kirim ke 363.

  • 174 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.