Widget Blog Ini Kalau Belum Dipasang Rasanya Belum Keren

Perubahan itu memang selalu ada, tidak terkecuali di dunia blog. Mulai dari cara menulis, layout postingan, sampai gaya tampilan blog. Khusus untuk kalimat terakhir, salah satu cara yang paling populer untuk memoles tampilan blog agar lebih cantik dan lebih rame adalah dengan menambah widget blog. Lain dulu lain sekarang, cara blogger memanfaatkan widget-pun mulai berubah. Beberapa widget yang pada masanya begitu populer, banyak dicari cara memasangnya, sepertinya kini mulai jarang digunakan. Salah satu sebabnya sih konon (menurut Saya) karena widget tersebut tidak memiliki manfaat yang signifikan buat blog.

Berikut ini adalah beberapa widget blog yang pada masanya kalau belum Saya (mungkin juga Anda) pasang di blog itu rasanya belum keren.

Widget Jam

Baik, saya akui saya adalah salah satu blogger yang pernah menggunakan widget jam. Pernah pakai widget jam analog, juga jam digital. Salah satu sumber script yang populer dan bahkan masih banyak yang menggunakan sampai sekarang adalah ClockLink dan ClockWidgets. Di websitenya, kita hanya tinggal memilih tampilan widget yang akan digunakan, kemudian salin script-nya, lalu tempel di sidebar blog. Penempatan yang paling populer biasanya di bagian sidebar paling atas.

Dulu sih pokoknya dipasang saja, biar menambah kece tampilan blog. Sekarang sih sepertinya mulai banyak yang berpikiran “siapa juga yang mau melihat waktu di blog kita? Orang di komputernya sendiri sudah ada jamnya!”.

Pilihan tampilan widget jam dari ClockLink

Widget Chatting

Pernah menggunakannya? Iya… saya akui lagi, kalau saya pernah menggunakan. Rasanya bahagia luar biasa ketika baru banget belajar ngeblog, terus pakai widget chatting, eh ada yang meninggalkan jejak. Beberapa aplikasi widget chatting yang populer adalah ChatBox, Chatango, Cbox, ShoutMix dan ShoutBox. Mana yang pernah Anda gunakan?

Meski mulai jarang yang menggunakan, jika saya menyempatkan diri untuk blogwalking, ternyata masih ada yang menggunakan widget chatting.

Marquee/Teks Berjalan

Marquee atau teks berjalan biasanya digunakan untuk menampilkan ucapan “selamat datang” atau beberapa kutipan yang menurut kita menarik. Mulai dari marque yang berjalan ke kiri, ke atas, ke bawah, sampai ke kanan yang membuat pembacanya puyeng karena harus membaca dari belakang, dicoba semuanya.

Alhamdulillah, akhirnya bisa juga membuat teks berjalan di blog saya. Selanjutnya tinggal membuat aku berjalan-jalan di hati dan pikiranmu.

Widget Blog Audio Player

Audio player ini macam-macam, ada aplikasi pemutar musik ada juga untuk streaming radio. Pokoknya dicoba pasang saja dulu, perkara ada yang mainin atau tidaknya urusan belakangan. Padahal kalau dipikir-pikir lagi memang siapa juga yang mau sengaja memuka blog kita hanya untuk mendengarkan musik atau radio?

Dulu saya pernah memakainya. Salah satu yang pernah saya pakai adalah widget Radio Rodja. Yang lucu adalah waktu menggunakan widget musik yang diatur autoplay, begitu blognya diakses seolah ada backsound-nya. Alhasil loading blog jadi lemot dan pengunjungpun banyak yang protes.

Feedjit & Who’s Among Us

Feedjit berfungsi untuk menampilkan pengunjung ke blog secara real time yang mencakup kota dan negara pengunjung berasal. Seperti ini:

Cara Memasang Widget Feedjit

Sedangkan Who’s Among Us hanya menampilkan berapa banyak pengunjung yang sedang online mengakses blog kita. Kedua widget populer ini sampai sekarang masih banyak yang menggunakan, meski secara perlahan sepertinya mulai banyak yang merasa cukup dengan statistik pengunjung dari Google Analytic atau Jetpack Statistic.

Animasi/Flash

Nah, ini yang paling gokil. Jadi kece badai lah rasanya kalau blog kita banyak animasinya. Mulai dari papan led kaligrafi yang indah, Spiderman yang gelantungan, burung yang terbang setiap scroll mouse, kumpulan foto yang bisa bergerak-gerak, X-Man yang lompat dari kiri ke kanan, hingga memberi pakan ikan koi dengan klik mouse berkali-kali.

Itulah beberapa widget yang (pada masanya) kalau belum dipasang di blog rasanya belum keren. Hampir dari sebagian besar widget tersebut, bagi pengguna Blogspot mungkin bukan sesuatu yang susah untuk dipasang. Tapi bagi pengguna WordPress.com, silakan tanya pada mereka betapa tersiksanya ketika harus memutar otak mencari tips kesana kemari, karena di WordPress.com tidak dimungkinkan untuk memasang Javascript. 😀

Satu lagi, berbahagialah mereka yang pernah menemukan cara membuat animasi cursor pada blog!

Bener kan, ternyata ngeblog itu mengasyikan? Keep Happy Bloging!

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.