Aplikasi untuk Melacak Ponsel Android yang Hilang

Aplikasi untuk melacak ponsel Android yang hilang biasanya baru dicari setelah ponselnya sendiri hilang. Ini kadang terasa menggelikan, mohon maaf, cara berpikir kita seperti tak berbanding lurus dengan kecerdasan ponsel yang kita miliki.

Google telah menyediakan aplikasi gratis  Android Device Manager  (ADM)  yang akan membantu kita melacak ponsel hilang. Syaratnya ada 3 ;

  1. Ponselnya bersistem operasi Android.
  2. Telah terinstal aplikasi Android Device Manager, bisa diunduh DISINI
  3. Belum direset ke setingan pabrik (reset factory) oleh penemu/pencurinya. Lah ko bisa ? ya, bagian ini biasanya disebut wipe data. Umumnya hanya dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan, pintu reset factory sudah terbuka tanpa harus membuka kunci masuk.

Logika yang kita pakai adalah sedia payung sebelum hujan = instal  ADM sebelum ponsel hilang. Tentu saja tidak ada yang menginginkan ponselnya hilang, tapi ponsel hilang itu bukan sesuatu yang tidak mungkin. Ini adalah salah satu usaha bagaimana kita melacak bahkan mendapatkan kembali manakala ponsel kita hilang.

ADM mempunyai tiga fitur penting, yaitu :

  1. Mencari ponsel Android yang terhubung menggunakan akun Google. Kemudian menyalakan deringnya dari jarak jauh.
  2. Mengatur ulang PIN kunci.
  3. Menghapus semus data pada ponsel

Sekarang pastikan Anda sudah menginstal ADM. Setelah diinstal, masuklah menggunakan akun Google (GMAIL) yang sama dengan smartphone Anda.

Secara default, fungsi yang sudah aktif adalah fitur pelacakan. Sementara fitur mengatur ulang PIN kunci dan penghapus data harus Anda sendiri yang mengaktifkannya. Caranya tinggal pilih menu Siapkan Kunci dan Penghapus > centang kotak dialog > klik Aktifkan.

Simulasi Pelacakan

Sekarang ceritanya ponsel Anda hilang (mit amiiit jabang orok. Getok kepala getok meja 3x) dan Anda ingin melacaknya.

  1. Masuk ke akun Google melalui komputer / laptop atau perangkat lainnya, kemudian buka alamat http://play.google.com
  2. Klik tombol Gear (Setting) di pojok kanan atas. Kemudian pilih Android Device Manager
  3. Tunggu beberapa saat ADM melacak device. Secara otomatis ia akan menampilkan di mana ponsel Anda berada. Berikut ini adalah contohnya.

Android Device Manager

 

  1. Anda bisa mencobanya dengan mengklik Ring untuk menyalakan dering. AWAS,  Anda sedang melakukan simulasi, jangan klik Erase !

[message_box title=”PENTING !!!” color=”red”]

Jika istri Anda mengetahui password Gmail yang Anda gunakan pada ponsel, berarti dengan aplikasi ini Anda juga bisa berada dalam pengawasannya. Eng ing eeeenggg…. !!! 😀

[/message_box]

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.