Antivirus Qihoo 360, Gratis tapi Berkualitas Premium

  • Update: Kini telah tersedia versi 360 Total Security

Hampir semua produk anti virus menyediakan versi gratisnya, tapi namanya juga gratis kita jadi seperti tidak bisa berharap lebih. Jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih, maka harus merogoh kocek untuk menebus yang versi pro.

Tidak demikian dengan produk-produk antivirus 360 Security buatan Qihoo 360 Technology Co., Ltd. (NYSE: QIHU). Sampai tulisan ini diterbitkan, saya belum menemukan antivirus globalnya yang berbayar. Benar-benar gratis. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah tersertifikasi di AV-Test dengan hasil pengujian yang mengesankan. Setara dengan antivirus berbayar lainnya. Bahkan pada tahun 2013 mendapatkan predikat Advanced+ untuk kategori File Detection dari AV Comvaratives.

Gambar di bawah ini adalah hasil pengujian untuk kategori pengguna Home User : Windows 8  yang dirilis terakhir (Nov/Dec 2013) oleh AV-Test (bisa dilihat juga disini : http://www.av-test.org/en/tests/home-user/windows-8/novdec-2013/) :

Home User Anitivirus Qihoo 360

Qihoo : 360 Internet Security yang notabene produk gratisan ternyata test result-nya (protection, performance, dan usability) tidak kalah saing oleh yang berbayar. Bahkan berada di atas beberapa antivirus berbayar. Hemh… saya rasa tidak salah kalau Antivirus Qihoo disebut sebagai anti virus Freemium. Gratis, tapi sekelas yang berbayar. Lihat juga komparasi lengkap antivirus di Wikiedia

Qihoo menyiapkan produknya untuk tiga flatform, yaitu mobile, PC, dan Mac.

Mobile

Untuk mobile (smartphone) ada Qihoo 360 Security untuk ponsel Android dan iPhone, 360 Mobile Safe untuk Android, dan  360 Vault untuk iPhone. Semuanya tentu saja gratis tanpa ada fitur tambahan yang harus dibayar.

Saya adalah salah satu penggunanya. Sampai saat ini, saya merasa sangat puas. Kalau Anda tidak percaya dengan asumsi saya, silahkan lihat hasil pengujiannya yang dilakukan oleh AV-Test untuk anti virus Android disini.

Selain memiliki fitur utama sebagai anti virus, Qihoo 360 Security juga memiliki fitur ;

  • Clean Up, untuk membersihkan file sampah (junk) dan tentu juga menghemat ruang memori.
  • Privacy Advisor, sehingga kita mengetahui aplikasi mana saja yang mampu menjalankan panggilan, menirim SMS, akses kontak, akses log panggilan, lacak lokasi, dan membaca identitas.
  • Acceleartor & Power Saver, ini untuk mengatur aplikasi yang bekerja pada latar belakang menjadi lebih cerdas, sehingga membuat ponsel bekerja lebih cepat dan menghemat daya.
  • System Vulnerabilities Fixing, memperbaikini kerentanan keamanan yang ada pada sistem ponsel kita hanya dengan satu kali klik.
  • Call & SMS Blocker, memblokir panggilan dan SMS dari nomor yang tidak diinginkan. Hari-hari jadi lebih nyaman tanpa ada gangguan.
  • Contact Backup, mengamankan daftar kontak dengan mem-backup-nya ke kartu memori.
  • App Manager, untuk memungkinkan aplikasi Anda yang akan didukung atau dihapus dengan cepat. Juga dapat dengan mudah memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk menghemat ruang memori internal. APK-APK jadi dapat dilihat dan dikelola dengan mudah.
  • Auto Update, kalau pada antivirus gratis lainnya kita diharuskan membayar untuk mendapatkan pembaruan otomatis, maka tidak untuk Qihoo 360 Security.
  • Suport Bahasa Indonesia, nah ini tidak kalah pentingnya untuk pengguna dari Indonesia, Qihoo 360 Security sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.
  • Flash Light, kalau smatphone Anda mempunyai flash untuki memotret, itu bisa menjadi lampu senter dengan menu pintas yang ada pada Qihoo 360 Security. Mungkin ini tidak begitu ada hubungannya dengan keamanan ponsel, tapi bisa jadi ada hubungannya dengan keamanan diri Anda sendiri di saat gelap.

Download Antivirus Qihoo 360 Security DISINI

PC & Mac

Untuk Mac saya belum pernah menggunakannya, karena belum  punya Mac-nya. Heheheee… tapi pada PC dengan OS Windows 8.1 alhamdulillah sampai sekarang saya happy menjadi salah satu penggunanya.

Untuk PC, yang baru tersedia saat ini adalah 360 Internet Security 360 Total Security. Sementara untuk 360 Total Security baru tersedia versi Bahasa China (traditional). Versi globalnya dijadwalkan akan bisa diunduh  dalam waktu dekat dan sebetulnya sudah diluncurkan pada gelaran MWC 2014 di Barcelona. Kabarnya, 360 Total Security juga gratis. Sepertinya kabar tersebut benar, sebab Anda bisa mencobanya sendiri (berbahasa China) dengan mengunduhnya Disini.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari 360 Internet Security :

  • Triple Antivirus Engines, ini yang sangat menarik menurut saya. Untuk memberikan proteksi maksimum, Qihoo mengkombinasikan 3 (tiga) engine, yaitu 360 Heuristic Engine, 360 Cloud Engine and Bit-Defender.
  • Realtime Protection, mengamankan PC kita secara realtime, terus menerus sepanjang PC diaktifkan memberikan perlindungan yang proaktif. Bekerja secara profesional memonitor setiap file tanpa menguras daya.
  • Secure Browsing, fitur yang biasaya ada pada antivirus premium sudah termasuk disini . Memberikan perlindungan keamanan pada saat berselancar, Privacy Protection, and Sandboxing.
  • Trace Celaner, menghapus jejak (history) pada browser, windows, dan office. Membuat kinerja jadi lebih enteng.
  • Automatic Update, antivirus melakukan update secara otomatis ketika ada database dan program terbaru. Kita pun dapat mengaturnya sendiri apakah akan udpate otomatis (program dan database), hanya database, tidak otomatis, atau harian terjadwal. Saya sendiri memilih otomatis (program dan database) karena saya rasa itu lebih baik untuk sebuah keamanan.
  • Level Protection, kita dapat menentukan sendiri tingkat perlindukan yang akan diterapkan, Low, Medium, atau High.
  • Free Ads, kita tidak dirisihkan dengan iklan yang kadang-kadang muncul, baik menawarkan anti virus yang versi berbayar (karena semuanya gratis, tidak ada yang berbayar) atau produk pihak ketiga.
  • Theme Suport, saat tulisan ini diterbitkan ada 7 pilihan model tampilan yang sekiranya paling menarik menurutmu. Mungkin ini tidak terlalu penting, tapi buat saya ini adalah bonus. Dan bonus selalu berharga karena pasti butuh usaha untuk memberikannya.

Download Antivirus Qihoo 360 Internet Security 360 Total Security DISINI

Tentang Qihoo

Qihoo 360 Technology Co Ltd (NYSE: QIHU), atau Qihoo 360, adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang dikenal untuk perangkat lunak antivirusya (360 Safeguard, 360 Ponsel Safe), Web Browser (360 Browser), dan Mobile Application Store (360 Mobile Assistant). Perusahaan ini didirikan oleh Zhou Hongyi dan Qi Xiangdong pada bulan Juni 2005. Qihoo 360 memiliki 450 juta pengguna untuk produk Internet Security dan 207 juta pengguna untuk perusahaan produk Mobile Antivirus pada Desember 2012.

Dimulai dengan menjual software antivirus pihak ketiga secara online, segera menyadari potensi model bisnis freemium di pasar Cina dan mulai menyediakan produk antivirus sendiri secara gratis. Dalam waktu singkat, produk keamanan Qihoo 360 mendapatkan popularitas dan pangsa pasar di China, pendapatan tersebut kemudian dihasilkan dengan memanfaatkan basis pengguna yang sangat besar melalui iklan dan layanan seperti game online, dukungan teknis jarak jauh, dan integrasi sistem online.

Sumber pendapatan utama Qihoo 360 dari ruang iklan di 360 Startup Page, serta bagi hasil dengan pengembang game independen yang telah mempublikasikan game mereka pada 360 Mobile Assistant. Rincian pendapatan pada tahun 2012 dibagi antara arus pendapatan sebagai berikut: 67% dari iklan, 31% dari layanan nilai tambah internet dan kurang dari 1% dari penjualan perangkat lunak pihak ketiga. Pendapatan meningkat sebesar 96,0% dari $ 167.900.000 di 2011 menjadi $ 329,0 juta pada tahun 2012. Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar adalah $ 11.42B

Diukur dari basis pengguna (menurut situs remisnya), Qihoo merupakan salah satu dari 3 besar perusahaan internet, nomor 1 penyedia produk dan layanan keamanan internet dan mobile di Cina, nomor 2 browser paling banyak digunakan di China.

Referensi : Wikipedia dan 360totalsecurity.com

  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.