Wisata Erupsi: Menapaki Jejak Kedahsyatan Gunung Merapi

Misterinya menilisik setiap jengkal tanah Jawa, penuh fenomena kaya akan babad cerita. Itulah Gunung Merapi, sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali.

Usai mengikuti drive test jaringan sinyal kuat Indosat, saya dan rombongan diajak berwisata ke Gunung Merapi, setengah berbau petualangan off road dan setengahnya lagi napak tilas.

Narsis dulu biar tambah manis, mumpung drivernya lagi ngopi. (dibanjur kopi) :P
Narsis dikit biar tambah manis, mumpung drivernya lagi ngopi. (dibanjur ) 😛

Dengan mengambil rute dari arah Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta di sisi selatan. Kami melanjutkan perjalanan menggunakan mobil Jeep yang banyak disewakan dan siap mengangkut para wisatawan di Tlogo Putri. Tenang, mengantisipasi medan yang berat, setiap penumpang Jeep yang disewakan di Tlogo Putri ini dilindungi asuransi.

"Pengguna Jasa Jeep Wisata Lava Tour Tlogo Putri Kaliurang Dilindungi PT Jasaraharja Putera"
“Pengguna Jasa Jeep Wisata Lava Tour Tlogo Putri Kaliurang Dilindungi PT Jasaraharja Putera”

Jalan yang dilalui tidaklah terlalu buruk, maklum saja, karena dulunya area yang dilalui adalah Dusun Pentung, Desa Kepuhrejo. Dusun tersebut kini menyisakan puing-puing sisa bangunan yang disapu awan panas.

Tentu akan terasa kurang menantang jika naik mobil Jeep tapi jalur yang dilalui hanya jalanan beraspal. Inilah yang ditawarkan oleh orang-orang kreatif di sekitaran Gunung Merapi, jejak bencana tidak mereka biarkan bisu dalam timbunan debu.

(Klik pada gambar untuk tampilan lebih besar)

Tiba di bekas pemukiman yang dulu dikenal dengan nama Dusun Petung, kami dibawa mampir sejenak ke Museum Sisa Hartaku, sebuah bangunan sisa libasan erupsi yang menyimpan berbagai macam benda sebagai saksi atas kedahsyatan meletusnya Gunung Merapi.

 (Klik pada gambar untuk tampilan lebih besar)

Saya tidak bisa berbicara banyak untuk perjalanan kali ini. Terus terang, selama di sini saya tidak sempat mencari tahu banyak informasi, selain larut dalam ketakjuban atas kebesaran yang Maha Kuasa, tapi larut juga mencari obyek foto. Jadi, biarlah foto-foto yang saya muat disini bercerita dengan sendirinya.

Gunung Merapi dengan puncaknya diselimuti awan
Gunung Merapi dengan puncaknya diselimuti awan

Foto-foto pada halaman “Wisata Erupsi: Menapaki Jejak Kedahsyatan Gunung Merapi” ini merupakan dokumen pribadi (Rosid) dan berlisensi Creative Commons Atribusi Non Komersial (CC-BY-NC). Anda diperkenankan untuk menggunakannya dengan mengadaptasi lisensi tersebut (menyebutkan sumber dan bukan untuk komersial. Jika untuk konten website, pastikan tidak ada iklan komersil pada website Anda).

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.