Ternyata Ada Juga Aplikasi Cek Tagihan dan Pembayaran di Android

Studi kasusnya kurang lebih begini :

Saya membayangkan ada sebuah aplikasi di android yang sambil tidurannpun bisa memudahkan saya bayar listrik, bayar tagihan air, dan bayar internet bulanan. Atau ketika di perjalanan jarak jauh saya kehabisan pulsa regular cukup isi ulang via aplikasi tersebut.

Iseng-iseng searching di Google Play Store eh ternyata beneran ada aplikasi cek tagihan dan pembayaran via android. Heheee… katrok banget ya ? #dibanjur

Aplikasi ini namanya Cek Tagihan yang dikelola oleh PT Indotama Palapa Nusantara dan dikembangkan oleh Trustudio. Gak tau kenapa namanya cuma Cek Tagihan. Tapi kalau dikira-kira, nama tersebut memang cukup ramah kata kunci yang orang gunakan ketika mencari aplikasi  untuk mengecek tagihan.

Nyatanya, aplikasi Cek Tagihan ini memang memungkinkan penggunanya mengecek tagihan bulanan untuk berbagai payment point. Gak cuma sampai disitu, setelah jumlah tagihan muncul kita bisa melakukan pembayaran langsung dari aplikasi tersebut.

Lah bayarnya pake apa ?

Ini pertanyaan yang pasti banyak muncul. Cek Tagihan menggunakan sistem deposit. Di waktu luang, Anda bisa menyempatkan transfer via ATM sesuai jumlah yang telah Anda tentukan sendiri. Setelah transfer, lakukan konfirmasi via aplikasi Cek Tagihan.

Saldo yang Anda miliki selanjutnya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran paymen point seperti tagihan PLN, TELKOM, PGN, Adira Finance, dan PDAM. Bisa juga untuk reload pulsa dengan harga yang menurut saya lebih murah dibanding beli di konter.

Capture Cek Tagihan
Capture Cek Tagihan

Untuk pengecekan jumlah tagihan sendiri tidak dikenakan charge biaya.  Sementara untuk pembayaran payment point – yang sudah saya lakukan adalah pembayaran listrik – biaya admisnitrasinya hanya Rp. 1.600. Invoice / struk pembayaran akan dikirimkan ke email kita.

Di aplikasi ini juga terdapat menu Komplain untuk memudahkan Anda dalam menyampaikan keluhan.

Hal yang harus Anda perhatikan betul adalah jaga email Anda baik-baik, jangan sampai password emailnya bocor, karena bagaimanapun email Anda sudah terintegrasi dengan layanan Cek Tagihan, apalagi Anda sudah melakukan deposit.

Layanan serupa sebetulnya bisa dilakukan via ATM memang, tapi saya merasa lebih nyaman ketika tidak harus pergi ke ATM hanya untuk melakukan pembayaran tagihan listrik dan lain sebagainya.

Yang menarik sekarang saya jadi seperti  jualan pulsa, pas teman kehabisan pulsa dia minta diisiin dulu. Niatnya sih cuma nolong teman pas darurat aja, eh lama-kelamaan malah teman sayanya yang kebiasaan. Ya iyalah, orang saya belum niat cari untung, jadi harganya masih lebih murah sesuai yang dengan Cek Tagihan.

Anda tertarik ?, selamat mencoba.

[box type=”warning” ]Tulisan ini adalah murni user experience saya. Saya bukan bagian (dan tidak memiliki hubungan apapun) dari/dengan pengembang ataupun pengelola aplikasi Cek Tagihan. Apabila Anda mendapatkan pengalaman yang berbeda, terjadi error pada perangkat, sistem yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, atau hal lainnya yang bersifat merugikan Anda, saya TIDAK BERTANGGUNGJAWAB dan TIDAK ADA KAITANNYA.[/box]

  • 176 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.