Situs Pemkab Sleman, Informatif Dua Arah

Situs Pemkab Sleman
Situs Pemkab Sleman

Sesuai janji saya beberapa waktu lalu di fanspage rosid|net, bahwa paling tidak dalam waktu satu bulan sekali saya akan mereview sebuah website (atau yang saya kategorikan disini sebagai Site Report) secara suka sukarela kemudian mempublishnya disini sebagai sesuatu yang informatif dan mudah-mudahan bisa menjadi sebuah referensi yang mencerdaskan.

Apa yang saya sampaikan disini tentang site report tadi cenderung sebagai opini atau penilaian saya semata yang sudah barang tentu bisa berlainan pandangan menurut orang lain.

Oke sobat, untuk kali ini situs yang cukup menarik perhatian saya adalah situs dengan topik Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Dari ratusan kabupaten di Indonesia, website Pemkabnya yang sangat menarik perhatian saya adalah situsnya Pemkab Sleman yang beralamat di www.slemankab.go.id. Ada beberapa poin yang sangat saya garis bawahi, yaitu :

  • Kekayaan konten
  • Update / Pemliharaan
  • Informatif dan Melayani
  • Kecepatan Loading
  • Sosial Media
  • Ranking Alexa dan Google Pagerank
  • Desain

Kekayaan Konten

Jika dilihat dari kekayaan konten, slemankab.go.id sangat tidak diragukan lagi. Hal yang paling menarik dibagian ini adalah sampai tingkat kecamatanpun sudah ada subdomainnya sebagai web pemerintah kecamatan yang tersebar diseluruh Kabupaten Sleman. Sobat-sobat bisa mengeceknya semisal di http://prambanankec.slemankab.go.id/ atau di http://kecamatan.slemankab.go.id/cangkringan/ dan jangan salah, bahkan ada beberapa desa yang sudah difasilitasi domainnya semisal di http://argomulyodes.slemankab.go.id/ atau di http://wukirsarides.slemankab.go.id/. Dan untuk lowongan pekerjaan kedinasanpun, Pemkab Sleman mempublikasikannya secara terbuka disini.

Disini juga termuat peta lokasi setiap kantor dinas yang terintregasi dengan Google Maps, sehingga bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menguras keperluannya yang berkaitan dengan dunia birokrasi. Tidak luput, informasi seputar erupsi Gunung Merapi-pun mendapatkan kanal khusus.

Update / Pemeliharaan

Untuk soal pemeliharaanpun saya yakin Pemkab Sleman sangat serius dalam mengelolanya. Untuk konten beritanya sendiri dalam satu hari kadang bisa sampai 3 atau 5 postingan. Itu baru kategori berita, belum lagi dengan artikel, dan publikasi kedinasan. Dengan update yang serius dan baik, agenda kedinasan Bupati pun terpampang dengan jelas disisi kanan layar sobat-sobat pada saat membuka web Pemkab Sleman tersebut. Jadi, dengan begitu masyarakatpun akan tahu apa agenda kerja yang akan atau sedang dilakukan oleh Bupati atau Wakil Bupatinya.

Informatif dan Melayani

Sifat dari setiap website baik itu web pribadi, korporasi, lembaga, berita, ataupun pemerintahan, pada dasarnya selalu memiliki sifat informatif. Namun lain halnya untuk website Pemerintahan, ia mempunyai tugas tambahan sebagai sarana pengayoman. Inilah yang sering terabaikan oleh situs-situs pemerintahan. Dan untuk website Pemkab Sleman terus terang sangat saya acungi jempol. Walalpun mungkin memang belum memenuhi unsur yang sempurna tapi situs sudah cukup menjadi fasilitas pelayanan yang baik bagi warganya.

Jarang sekali saya menemukan situs pemerintahan (khususnya pemerintah kabupaten) yang mempublikasikan Laporan Keuangan Daerah, dan itu bisa sobat-sobat temukan di website Pemkab Sleman ini, silahkan bisa dicek di halaman webnya paling bawah. Pola-pola pelayanan tersebut juga semakin tergambar dengan adanya menus Surat Dari Warga dan layanan SMS Center Keluhan dan Saran di nomor 2740.

Pada situs yang dijaga oleh 3 orang admin bantuan online via Yahoo Masanger ini juga sudah dilengkapi dengan direktori wisata, kuliner, dan pendidikan. Walaupun memang untuk bagian ini saya rasa masih butuh penyempurnaan.

Salah satu lainnya yang sepengetahuan saya belum ada dan mungkin bisa ditambahkan adalah informasi seputar transportasi. Diantaranya mengenai rute angkutan umum, kode angkutan umum, jadwal pemberangkatan dan kedatangan, info arus lalu lintas, dan lain sejenisnya.

Kecepatan Loading

Untuk akses kecepatan loading saya rasa sudah lumayan baik. Ketika saya coba uji kecepatannya menggunakan iwebtool mendapatkan hasil : size (58,66 KB), Load Time (4,53 seconds), dan rata-rata kecepatan per KB (0,09 seconds). Hasil uji tersebut masih jauh lebih baik ketimbang blog saya ini sendiri yang masih berkecepatan rata-rata 0,06 KB/detik.

Ketika diuji dengan menggunakan Google Speed Online, www.slemankab.go.id mendapatkan skor 70 untuk versi desktop, dimana ada 2 high priority, 2 medium priority, dan 13 low priority yang direkomendasikan oleh pihak Google supaya diperbaiki. Sedangkan untuk versi mobile-nya mendapatkan skor 63 dengan 3 high priority, medium priority, dan 11 low priority rekomendasi perbaikan.

Sosial Media

Sosial media yang bersarang di dunia maya, yaitu sebuah dunia yang bisa dibilang merupakan tambahan dunia baru setelah dunia nyata dan dunia ghaib, walaupun mungkin dunia maya ini bisa dibilang perpaduan antara nyata dan ghaib (Heheheheee… becanda sob) sangat tidak diragukan lagi eksistensinya. Jutaan warga negara ini setiap harinya menghabiskan waktu disana, oleh karena itu sudah saatnya pemerintahpun masuk kesana untuk  ambil peran dalam menjalankan tanggung jawabnya untuk masyarakat, dimanapun masyarakatnya berada.

Disitusnya ini Pemkab Sleman sudah mulai mengintregasikan fasilitas sosial media pada dua hal, yaitu Yahoo Masanger dan Akun Facebook dengan nama akun Humas Sleman. Sedangkan untuk twitternya sepertinya belum terintregasikan di website ini. Mudah-mudahan kedepannya semakin diperkaya lagi dengan fitur sosial medianya, sehingga masyarakat semakin bisa menjangkau dari berbagai fasilitas.

Ranking

Untuk pagerank alexa dan google, saya rasa situs Pemkab Sleman ini sangat bagus ya untuk setingkat situs Pemerintah Kabupaten. Dengan Google Pagerank di angka 5 dan Alexarank 515.387 pada saat tulisan ini diposting, saya rasa itu merupakan ranking yang bisa dibanggakan.

Desain

Awalnya ini diluar dugaan saya ya, tapi percaya atau tidak percaya ya faktanya demikian. Maksudnya ?, biasanya untuk sebuah website pemerintah, lembaga, atau bahkan perusahaan tidak menggunakan Content Management System (CMS), atau kalaupun pakai biasanya menggunakan Joomla. Tapi website Kabupaten Sleman menggunakan CMS WordPress. Tidak aneh sih memang, tapi terus terang bagi saya ini unik, unik karena berbeda dibandingkan pada umumnya. Ini jadi mengingatkan saya pada website Binus University.

Desainnya saya pikir akan membuat banyak orang awalnya tidak menduga kalau websitenya menggunakan CMS WordPress. Dengan penempatan widget dan kanal yang proporsional, membuat komposisinya menjadi maksimal. Kontennya padat, dan tidak banyak ruang yang kosong. Sejalan dengan konsep Google, sederhana tapi enak dipandang mata.

Kesimpulan

Pendapat saya ini tentunya bukanlah sebuah penilaian yang absolut. Kalaupun ada yang bilang “ah, itu kan tergantung seleramu saja !”, mungkin ada benarnya. Karena setiap orang punya sudut pandang masing-masing. Pelajaran yang saya bisa ambil dari website Pemkab Sleman yaitu menjadikan website pemerintahan sebagai sarana informasi dua arah antara pemerintah – masyarakat dan masyarakat – pemerintah.

Kesalahan kebanyakan situs pemerintah adalah hanya cenderung mempublikasikan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah (terkesan pencitraan) tanpa memberi ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan tanggapan ataupun aspirasi, atau bahkan untuk tahu lebih dalam lagi tentang daerahnya.

Setelah saya buka ratusan website Pemerintah Kabupaten, sebetulnya website Pemkab Sleman tidak sendirian, ada juga yang sangat bagus lainnya seperti www.agamkab.go.id milik Pemkab Agam, www.purwakartakab.go.id milik Pemkab Purwakarta, dan juga beberapa web lainnya.

Dari sekian ratus kabupaten, ternyata tidak sedikit juga yang situsnya tidak bisa dibuka, baik itu yang sedang maintenance, atau bahkan yang servernya tumbang. Ada pula yang tidak diupdate selama 6 bulan terakhir. Yang agak miris ternyata ada juga web nya yang tidak bisa dibuka dan itu dalam satu wilayah provinsi. Bayangkan, dalam satu provinsi tidak ada satupun kabupaten yang situsnya bisa dibuka. Tidak perlu lah saya sebutkan, yang pasti ini butuh suport kita bersama.

Kemudian ada juga Kabupaten yang situsnya masih kena serangan peretas, saya tidak tahu website tersebut dikelola serius atau tidak ?, ada adminnya atau tidak ?, kalau dikelola dan ada adminnya saya rasa pesan jejak : “tHis Web Nothing Secure Admin!! Pleace Your Update or Patched!! Domain “go[dot]id” Cek Secure By: H4x0r-x0x…” seharusnya sudah dihapus. Oh iya, yang kena hack ini ada 2, namun sepertinya pelakunya berbeda.

Demikianlah sobat informasi ini saya sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menginspirasi. Salam…

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.