Sakuku, Uang Elektronik dari BCA untuk Smartphone

Baru-baru ini BCA kembali meluncurkan produk digital yang menarik, yaitu Sakuku. Apa itu Sakuku? Sakuku merupakan aplikasi mobile yang mempunyai fungsi sebagai uang elektronik. Dengan Sakuku kita dapat melakukan berbagai transaksi dengan cara pembayaran yang lebih sederhana. Jika dilihat dari menu-nya, kurang lebih ada 5 fungsi utama, yaitu Bayar Belanja, Isi Pulsa, Transfer, Bayar Tagihan dan Tarik Tunai. Hanya saja, sampai tulisan ini saya terbitkan, baru dua menu pertama yang –sepertinya– baru bisa digunakan.

Saat ini Sakuku tersedia untuk 2 jenis sistem operasi, yaitu Android (4.0 keatas) dan iOS (7.1 keatas).  Tidak ada syarat khusus ataupun harus membuka rekening BCA untuk menjadi pengguna atau nasabah Sakuku. Sangat mudah, kita hanya cukup mengunduh aplikasi Sakuku di application store masing-masing sistem operasi dan siapkan nomor handphone aktif (direkomendasikan memiliki data paket) yang akan menjadi nomor rekening Sakuku kita.

Jika sudah diunduh, lakukan registrasi dengan melengkapi kolom data diri (nama, tanggal lahir, dan alamat email). Sakuku akan memverifikasi nomor kita melalui SMS yang akan dikirim secara otomatis dan kita hanya dikenakan biaya 1x SMS normal (tergantung tarif operator). Selanjutnya kita akan diminta memasukan PIN Sakuku terdiri dari 6 dijit angka. Sampai disini sudah selesai. Akun Sakuku kita sudah aktif dan tinggal di topup dengan jumlah minimum 10 ribu rupiah.

Di Sakuku ini, saldo maksimal dibatasi tidak boleh lebih dari 1 juta rupiah, sedangkan saldo minimum tidak ada batasnya. Kalau umpamanya transaksi (termasuk topup) sangat intens, maka untuk setoran maksimum dalam 1 bulan dibatasi hanya 20 juta rupiah.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya “apa bedanya dengan mobile banking?”. Secara fitur, sepertinya sih apa yang bisa dilakukan oleh Sakuku bisa juga dilakukan oleh BCA Mobile Banking, tapi jika dilihat dari cara penggunaan, tentu saja Sakuku ini lebih praktis. Terutama bagi mereka yang belum memiliki rekening BCA, tinggal minta tolong teman yang punya rekening BCA untuk di-topup-in, kemudian kita bayar cash ke dia. Apalagi jika fitur Tarik Tunai-nya sudah berfungsi, kita cukup tarik uang tanpa harus menggunakan kartu ATM. Ini bisa menjadi penolong ketika (umpamanya) kartu ATM kita bermasalah.

Fitur aplikasi Sakuku sebagai uang elektorinik saat ini:

  1. TopUp/Cash In pada ATM BCA dan KlikBCA Individu
  2. Info Saldo
  3. Mutasi Transaksi
  4. Pembayaran Belanja di merchant fisik/toko atau merchant online/website
  5. Isi Pulsa (Nomor saya, Nomor lain, dan Permintaan)

Berikut ini saya sertakan beberapa tangkapan layar aplikasi Sakuku dari smartphone saya (klik untuk melihat gambar dan keterangannya lebih jelas)

Ada 2 kunci keamanan yang paling utama di Sakuku ini, yaitu SIM card dan PIN. Sekalipun nomornya hilang, uang kita tetap aman asalkan nomornya segera diaktifkan lagi atau pengguna ilegal SIM card kita tidak tahu PIN Sakukunya.

Kedepannya sih saya berharap menu dan fitur Sakuku bisa diperkaya lagi, terutama untuk 3 menu yang masih ‘comming soon’, sukur-sukur bisa digunakan untuk belanja di mini/super market juga. Heheheee 😀

  • 195 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.