Pengalaman Pesan dan Cetak Kartu Nama Secara Online

To the point saja, ceritanya stok kartu nama saya sudah habis. Mau tidak mau harus cetak kartu nama baru. Untungnya, punya desain baru juga yang memang sudah disiapkan sejak beberapa bulan lalu. Biar kaya orang-orang dan sedikit ditambah “bumbu” sok sibuk, saya ingin mencoba pengalaman pesan dan cetak kartu nama secara online. Kalau kita masukan kata kunci “cetak kartu nama online” di Google, maka banyak situs yang menawarkan jasa pembuatan kartu nama. Antara lain snapy.co.id, kartunama.net, praktisprint.com, kartunama.co dan sebagainya.

Beberapa teman pada waktu lalu sudah berbagi pengalamannya menggunakan layanan praktisprint.com, di kesempatan kali ini saya ingin mendapatkan pengalaman yang  (siapa tau) berbeda, maka saya coba pesan dan cetak kartu nama secara online di kartunama.net. Tidak ada alasan khusus, semata hanya karena ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda saja.

Ada dua pilihan pemesanan di kartunama.net, yaitu pesan dengan desain yang tersedia (ada 500 pilihan desain) atau dengan desain sendiri. Saya menggunakan desain yang saya buat sendiri dengan pilihan bahan Splendorgel (dua sisi).

Pesan dan cetak kartu nama dengan desain yang tersedia

Masuk ke situs kartunama.net, kemudian klik menu Order. Disini ada ratusan desain gratis yang bisa Anda pilih.

pilihan desain kartu nama di kartunama.netSetelah memilih desain, isi data kartu nama. Pastikan benar nih datanya, kalau salah, risiko ditanggung pemesan.

Isi data kartu nama
Isi data kartu nama

Selanjutnya kita akan dibawa ke detil pemesanan. Detail pemesanan ini terkait dengan alamat pengiriman, bahan yang akan digunakan, jumlah pemesanan dan metode pengiriman

detail pemesanan kartu nama
detail pemesanan kartu nama

Setelah klik “Selanjutnya” kita akan dibawa ke halaman “Rekap Order”. Ini merupakan halaman peninjauan akhir atas order Anda.

Rekap order kartu nama
Rekap order kartu nama

Jika dirasa ada yang salah, Anda bisa kembali ke menu “Sebelumnya” untuk melakukan perbaikan.

Klik “Selanjutnya”, pemesanan Anda sudah selesai.

Order Selesai

Silakan cek email Anda, Anda akan menerima email otomatis dari kartunama.net yang berisi detail pemesanan dan tagihan pembayaran.

Pesan dan cetak kartu nama dengan desain sendiri

Nah, ini berdasarkan pengalaman saya sendiri nih. Cara pemesanannya gak jauh beda sebetulnya, dari langkah pertama pemesanan, saya klik menu Pakai desain sendiri.

Order kartu nama dengan desain sendiri.
Pesan kartu nama dengan desain sendiri.

Dari sini, langkah selanjutnya akan sama dengan pemesanan menggunakan template desain yang tersedia, yaitu masuk ke Detail Pemesanan > Rekap Order > Selesai

Setelah melakukan pesan, saya agak was-was, karena desain yang saya kirim format file-nya .SVG. Maklum, saya membuatnya dengan menggunakan Inkscape. Sedangkan di panduannya tertulis sebagai berikut:

  1. Gabungkan semua file ke dalam 1 zip/rar. Format file yang kami sarankan adalah Illustrator, Corel Draw, Freehand, PDF, Photoshop* (CMYK)
  2. Khusus Photosop/JPG resolusi awal file minimal 300dpi, ukuran maksimal 89 x 54 mm.
  3. Beri jarak minimal 5 mm dari sisi pinggir. Sertakan File Font / Image. Jangan di Outline / Curved / Flatten.
  4. Untuk format file lainnya akan kita cek terlebih dahulu.

Selang beberapa menit, masuk email kedua yang menginformasikan data dan desain akhir yang saya kirim sudah oke belum. Alhamdulillah, ternyata tidak ada masalah dengan .SVG (hidup open source! 😀 )

Karena sudah oke, saya pun langsung melakukan pembayaran, kemudian membalas emailnya dan menginformasikan data dan desainnya sudah oke, sekaligus pembayaran sudah dilakukan dengan menyertakan tangkapan layar bukti pembayaran.

Singkat cerita nih, hari Jum’at saya pesan, besoknya (hari Sabtu) jam 10 kartu nama saya sudah sampai. Kenapa langsung saya singkat, karena kartunama.net tidak memberitahukan kalau paket kartu nama saya sudah dikirim, termasuk nomo resinya.

Catatan: waktu pengiriman mungkin tergantung jarak dan layanan pengiriman yang dipilih.

Berangkat dari pengalaman tersebut, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang menurut saya perlu diinformasikan, sekaligus menjadi bukti bahwa ulasan ini apa adanya.

Kelebihan:

  1. Proses pemesanan sangat mudah dengan respon yang cepat
  2. Desainer backend yang komunikatif dan professional
  3. Editing/revisi gratis
  4. Bisa sehari jadi dan langsung dikirim
  5. Pemesanan bisa satuan dan tidak harus login
  6. Hanya melayani cetak kartu nama, sehingga pelayanan bisa lebih focus.
  7. Template desain sangat banyak (500)

Kekurangan:

  1. Belum tersedia halaman khusus untuk konfirmasi pembayaran
  2. Proses pengiriman dan nomor resi tidak diinformasikan konfirmasi dari kartunama.net, ternyata karena hari berikutnya saya memesan adalah hari libur.
  3. Belum tersedia fitur tracking order.
  4. Harga sedikit lebih mahal dari dari yang lain.

 

Perbandingan harga jasa cetak kartu nama secara online:

Berikut ini perbadingan harga jasa cetak kartu nama secara online yang diambil dari masing situs penyedia layanan. Harga per tanggal 5 September 2016

perbandingan jasa cetak kartu nama online

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.