Jadi Bobotoh Resmi dengan Kartu Anggota Persib

Sebagai jiwa yang menjadi bagian dari Bobotoh sa alam dunya, perasaan saya mungkin sama dengan jutaan Bobotoh lainnya ketika Persib Bandung meluncurkan Kartu Anggota Persib sebagai bagian dari program pendaftaran angota resmi Persib Bandung, antusias!

Bagaimana tidak, dengan adanya program membership ini membuat Bobotoh tidak hanya mengakui bahwa Persib adalah klub sepak bola kesayangannya, tapi secara administratif Persib juga mengakui jika kita (sebagai Bobotoh) adalah bagian dari Persib.

Dilihat dari konsepnya, program ini tentu sangat menarik dan bisa jadi, di Indonesia baru Persib yang melakukannya. Dengan adanya pendaftaran keanggotaan resmi Persib Bandung, Persib jadi memiliki basis data pendukung yang tercatat rapi sekaligus mendapatkan pemasukan tambahan, sehingga pengelolaan klub bisa lebih profesional.

Kenapa Persib bisa mendapatkan pemasukan tambahan?

Karena pendaftaran ini tidak gratis, kita harus membayar 100 Ribu Rupiah. Tenang, jangan dulu merasa kemahalan, aslinya ini sangatlah murah, karena kita juga akan mendapatkan starter kit berupa:

  1. Kartu anggota resmi PERSIB Bandung
  2. Nomor keanggotaan (Nomor IM3 Ooredoo + Dompetku Premium diaktifkan)
  3. T-Shirt PERSIB Edisi Khusus
  4. Asuransi kecelekaan dari FWD Life senilai 2 juta rupiah.

Biaya pengiriman paket starter kit tersebut gratis, alias ditanggung oleh Persib.

Intinya saling menguntungkan!

Mendaftar Sekaligus Mendapatkan Kartu Anggota Persib

Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara, 1) melalui situs resmi Persib Bandung, 2) melalui gerai Indosat yang tidak lain merupakan salah satu sponsor Persib Bandung.

Disini saya akan menceritakan pengalaman mendaftar sebagai anggota Persib Bandung melalui situs resmi Persib di www.persib.co.id. Proses pendaftarannya sendiri mirip dengan belanja produk di situs e-commerce. Yups, ini karena sistemnya memang di-support oleh Cipika, layanan e-commerce dari Indosat Ooredoo.

  1. Dimulai dari homepage situs Persib, arahkan kursor ke menu FANZONE > Registrasi Member > Klik DAFTAR. Atau klik langsung http://persib.co.id/fanzone/pendaftaran.aspx.
  2. Selanjutnya akan tampil cart produk starter kit Klik BELI SEKARANG.
  3. Anda akan di-direct ke formulir pendaftaran keanggotaan resmi Persib. Sila isi formulir tersebut dengan benar. Jika sudah, klik
  4. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Pembayaran. Sila pilih metode pembayaran yang akan Anda lakukan. Ada 4 opsi pembayaran, yaitu melalui Dompetku, transfer Bank Mandiri, transfer BCA, dan yang terbaru pembayaran via Indomaret. Ada perbedaan proses aktivasi untuk metode pembayaran ini;
    • Pembayaran menggunakan INDOMARET dan DOMPETKU, setelah lunas status keanggotaan langsung aktif secara otomatis.
    • Pembayaran menggunakan BANK TRANSFER BCA dan MANDIRI, setelah melakukan pembayaran anda diharuskan melakukan upload bukti transfer melalui halaman Fanzone – Konfirmasi pembayaran. Bisa pula mengakses persib.co.id menggunakan mobile phone untuk kemudahan melakukan foto bukti transfer dan upload foto.
  5. Jika Anda memilih metode pembayaran via transfer dan pembayarannya telah dilakukan, wajib melakukan Konfirmasi Pembayaran. Konfirmasi dapat dilakukan via menu FANZONE > Konfirmasi Pembayaran, atau klik langsung tautan berikut http://persib.co.id/fanzone/konfirmasi.aspx.
  6. Selanjutnya tinggal menunggu proses aktivasi keanggotan. Status keanggotaan dapat dicek di FANZONE > Registrasi Member > Cek Status Keanggotaan, masukan email keanggotaan yang didaftarkan.
  7. Jika status keanggotaan sudah diaktivasi, Anda tinggal menunggu kiriman paket starter kit keanggotaan Anda. Menurut yang tertulis di situs Persib, “Setelah dilakukan pembayaram, produk akan di terima dalam waktu maksimal 21 hari ke depan dikarenakan ada proses pembuatan kartu keanggotaan.”.

Pengalaman saya sendiri hampir saja kecewa, karena lebih dari 50 hari paket saya tak kunjung sampai. Beberapa kali minta bantuan melalui Cipika (karena sebetulnya kartu anggota Persib dipasarkan melalui sistem Cipika), tapi kurang memuaskan. Saya selalu diarahkan untuk menghubungi Customers Service PERSIB di cs@persib.co.id atau ke no telepon 08569019444 (lumayan sulit dihubungi).

Akhirnya ketemulah titik permasalahan kenapa paket saya tak kunjung sampai. Ternyata, pihak Persib sudah mengirimkan paketnya, hanya saja alamat yang didistribusikan dari Cipika tidak sesuai. Alamat identitas saya di Tangerang, kemudian saya isi alamat pengiriman paket ke tempat kerja saya di Jakarta. Ternyata, di alamat pengiriman paketnya jadi berubah, nomor rumah sampai kecamatannya di Tangerang, nama kota dan kode posnya jadi di Jakarta Timur.

Syukurlah, setelah clear permasalahannya, pihak Persib langsung mengirimkan ulang paketnya dengan alamat yang benar. Akhirnya tanggal 16 Agustus 2016, paket starter kit Persib saya pun sampai di tangan.

Ini dia paketnya! Paket dikemas dengan cukup menarik. Kaosnya juga keren dan adem saat dipakai. Semakin bangga saja sebagai Bobotoh.

Kotak Starter Kit Kartu Anggota Persib
Kotak Starter Kit Kartu Anggota Persib
"Boboth adalah nafas di dalam tubuh Persib"
“Boboth adalah nafas di dalam tubuh Persib”
Starter Kit Anggota Resmi Persib Bandung
Isi Paket Starter Kit Anggota Resmi Persib Bandung

Manfaat Jadi Anggota Resmi Persib

Dengan menjadi anggota resmi Persib, setidaknya kita bisa menjadi bagian dari pengelolaan klub sepak bola (di Indonesia) yang lebih profesional. Kemudian kita turut mendukung Persib dalam mengumpulkan pendapatan  secara mandiri, tidak bergantung ke pemerintah.

Lebih dari itu, sebagai anggota resmi Persib kita akan mendapatkan beberapa benefit manfaat keanggotaan. Antara lain:

  1. Mendapatkan perlindungan asuransi hidup selama satu tahun pertama dari FWD
  2. Mendapatkan t-shirt edisi khusus Persib.
  3. Mendapatkan kartu perdana IM3 + Dompetku Premum yang sudah diaktifkan.
  4. Kemudahan mendapatkan tiket pertandingan kandang Persib.
  5. Mendapatkan akses masuk khusus ke Stadion sebagai bentuk keistimewaan (comming soon).
  6. Karena kartu anggotanya menggunakan chip berbasis D-Tap, kartu juga dapat digunakan untuk pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, PAM, TV berlangganan dan lain-lain di merchant yang sudah bekerjasama dengan dompetku Indosat Ooredoo.

Catatan Khusus Terkait Kartu Anggota Persib Bandung

Pada dasarnya saya sangat mengapresiasi manajemen Persib, khususnya bagian marketing, yang sudah kreatif membuat program pendaftaran anggota resmi Persib. Hanya, jujur saja… masih ada beberapa hal yang mengganjal buat saya terkait Kartu Anggota Persib ini, yaitu:

  1. Nomor keanggotaan (Nomor IM3 Ooredoo + Dompetku Premium diaktifkan). Saya sudah pakai IM3, masa iya harus pakai 2 kartu IM3? Kalau bisa sih nomor yg sudah ada bisa jadi nomor anggota. Mungkin lewat Gerai Indosat bisa, hanya saja saya belum pernah mencobanya. Atau, nomor anggotanya jangan pakai nomor IM3. Sebab, kita juga tidak tahu sampai kapan IM3 jadi sponsor Persib? sedangkan kita jadi bobotoh salawasna.
  1. Pada email yang didaftarkan, tidak ada balasan/konfirmasi/invoice masuk. Baik dari web Persib, maupun dari web Cipika yang jadi marketplace-nya. Mudah-mudahan selanjutnya (setelah saya) bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi.

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.