3 CMS Buatan Indonesia Ini Telah Tersedia di Softaculous

Sistem Manajemen Konten atau CMS (Content Management System) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola isi sebuah situs web. Dengan adanya CMS ini, setiap orang menjadi lebih dimungkinkan dan dimudahkan memiliki situs tanpa harus banyak menguasai ilmu bahasa pemograman. Ada banyak CMS yang bisa kita gunakan, salah satu yang paling populer saat ini adalah WordPress, dimana tingkat penggunaannya mencapai 26,5% dari semua situs di dunia (Lihat: Historical trends in the usage of content management systems for websites). Yang sering jadi pertanyaan adalah “adakah CMS buatan Indonesia?

Jawabannya tentu saja “ada!

Para pengembang tanah air ternyata tidak kalah kreatif. Dengan keahliannya, mereka turut mengembangkan CMS yang bisa digunakan secara mudah dan gratis oleh siapa saja dan dari mana saja. Menariknya lagi, ternyata ada juga CMS buatan developer Indonesia yang sudah masuk bursa Softaculous.

Bagi yang suka bermain-main dengan cPanel self-hosted, tentu sudah tidak asing lagi dengan Softaculous. Softaculous merupakan script library komersial yang mengotomatisasi proses penginstalan aplikasi ke sebuah situs, baik aplikasi yang berbayar maupun yang sumber terbuka (open source). Softaculous ini dioperasikan dari kontrol panel situs (misal: cPanel, Plesk, H-Sphere, dll). Nah, di Softaculous itulah terdapat ratusan aplikasi (termasuk CMS) yang bisa kita instalkan dengan hanya beberapa kali klik dan voila!!! seketika situspun sudah jadi dan siap diisi.

Dalam perkembangannya, Softaculous telah menggeser popularitras Fantastico.

Sekarang, tidak hanya WordPress, Joomla, Drupal, Concrete5, Nucleus, Zikula dan berbagai aplikasi web buatan luar lainnya yang bisa diinstal dari Softaculous, seperti yang saya sebutkan tadi, sedikitnya ada 3 CMS buatan Indonesia yang bisa kita install dari Softaculous.

CMS Buatan Indonesia di Softaculous

Popoji CMS

PopojiCMS adalah salah satu CMS yang dibuat dengan konsep sederhana untuk memudahkan setiap individu dalam mengelola website. Dengan konsep kolaborasi dan dibangun di atas dasar OOP dengan tidak menghilangkan rasa native-nya, pengembang diharapkan bisa dengan cepat memahami struktur engine PopojiCMS.

Dirilis dengan lisensi MIT, PopojiCMS memiliki tampilan yang responsif dengan basis bootstrap. Selain itu juga dilengkapi dengan banyak plugin jQuery.

Dilihat dari demo-nya (frontend user dan dasbor), PopojiCMS memiliki tampilan yang sederhana, cantik dan mudah digunakan.

Download PopojiCMS | Lihat Demo | Popoji di Softaculous

  • 195 Posts
  • 61 Comments

Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.