Ulasan Pengalaman Menginap di Hotel Alila Jakarta

Alila Exterior-800Alhamdulillah, akhirnya kembali bisa menginap di salah satu hotel berbintang di Jakarta. Ini berarti kembali punya bahan tulisan review hotel. Hotel kali ini yang berkesempatan saya singgahi adalah hotel yang menurut saya kental dengan nuansa kontemporer dan minimalis, yaitu hotel Alila Jakarta.

Alila Jakarta terletak di jantung ibukota, tepatnya di Jl. Pecenongan Kav. 7-17. Konsepnya yang modern dan santai seolah menawarkan diri sebagai tempat yang tenang di tengah riuh dan penatnya Jakarta.

Dengan auranya yang bersahabat, mungkin tidak banyak yang mengira jika hotel yang namanya berarti “Kejutan” ini di dalamnya penuh dengan karya atistik modern yang khas dengan bentuk-bentuk geometrisnya yang efisien.

Arsitektur & Interior

Tren gaya ‘urban’ Jakarta langsung terasa ketika memasuki lobi utama. Langi-langit yang memiliki pola seperti gelombang dengan pedaran cahayanya sukses ‘memecah’ kesan tegas dan kaku arsitektur minimalis –seperti pada umumnya–. Oke, mulai dari pintu masuk, Alila Jakarta sudah sukses memberikan kejutan.

Suasana Lobi Alila dengan Zen Garden dan pencahayaan yang alami
Suasana Lobi Alila dengan Zen Garden dan pencahayaan yang alami

Kejutan selanjutnya adalah Zen Garden. Taman bergaya negeri Sakura dengan pohon-pohon Kamboja dan bebatuan abu-abunya ini persis berada di hadapan Lobby Lounge. Keberadaan Zen Garden menjadikan suasana lebih fresh, dan tentu saja membuat cahaya yang masuk ke ruangan lobi menjadi lebih kaya. Manfaat positif lainnya jadi tidak harus menyalakan lampu di siang hari.

Zen Garden Hotel Alila Jakarta
Zen Garden Hotel Alila Jakarta

Menempati Executive Premiere Room, saya mendapati sebuah kamar yang dirancang dengan arsitektur modern penuh kesedarhanan. Nyaris tidak ada ornamen rumit. Hal ini memberi efek positif pada kenyamanan, terutama pandangan. Mata tidak diajak bekerja ekstra untuk melihat isi ruangan dan ornamen yang mendetail. Berada di sisi timur, dari jendela saya bisa melihat Masjid Istiqlal yang anggun dan matahari terbit yang menyapa Jakarta dengan semburat jingga menakjubkan.

Layanan dan Fasilitas

Dimulai dari kamar, saya mendapati beberapa fasilitas sesuai kelasnya. Antara lain:

  • Duvet bed cover
  • Bar Mini
  • Safe Deposit Box (indoor)
  • IDD Telephone
  • TV Kabel dengan channel iinternasional
  • Internet Nirkabel (Wi-Fi)
  • iPod Docking
  • Perlengkapan mandi yang berkualitas dengan menggunakan produk Alila Living
  • Office kit

Selain fasilitas dalam kamar, fasilitas lainnya yang patut untuk diacungi jempol adalah restoran, pusat kebugaran, spa, dan kolam renang.

Ada 2 restoran utama di Alila Jakarta. Bagi yang menyukai masakan Indonesia, Barat dan Asia bisa memilih Buzz Restaurant yang siap menyajikan berbagai menu andalannya. Di kesempatan kali ini saya berkesempatan menyaksikan Chef Alex Ensor menyajikan menu istimewanya, yaitu Fresh Squid Ink Pasta, sebuah pasta yang sangat lezat, gurih dan agak sedikit pedas, terbuat dari pasta tinta cumi-cumi, udang dan scallops. Uniknya, Chef Alex sukses meramunya dengan tambahan sambal terasi khas Indonesia. Citarasanya jadi lebih mengejutkan, western, tapi rasa Indonesianya tetap dapet!

Sedangkan bagi yang menyukai Chinese Food, di lantai dasar terdapat restoran Shanghai Storm yang menyediakan berbagai menu lezat khas Negeri Tirai Bambu dan berbagai aneka Dim Sum.

Aneka menu di restoran Shanghai Storm
Aneka menu di restoran Shanghai Storm

Bergeser ke urusan kebugaran, Alila Jakarta memiliki Gym dengan peralatan yang lengkap dan hadir juga pelatih pribadi yang terampil. Karena waktu yang terbatas, saya tidak sempat nge-gym di sini, tapi ada hal lain yang tidak saya lewatkan, yaitu berenang dan spa.

Berada di lantai 6, kolam renang Alila Jakarta memberikan nuansa yang berbeda. Dari ketinggian tersebut kita bisa melihat sekeliling Alila Jakarta yang lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Istana Negara. Di tambah lagi hembusan angin yang sepoi-sepoi menambah suasana rileks dan santai.

Setelah capek-capek berenang, aktivitas selanjutnya adalah memanjakan diri di Spa Alila. Tidak hanya tempatnya yang nyaman dan memberikan energi positif pada tubuh agar benar-benar relax, Spa Alila hadir dengan terapis-terapis yang menurut saya memang terlatih dan berpengalaman. Selain itu, ternyata Alila Spa juga menggunakan produk khusus Alila Spa yang digunakan pula di resor-resor Alila lainnya di seluruh dunia, sehingga kualitasnya tetap terjamin dan mutunya tetap terjaga.

Oke, sekian ulasan singkat pengalaman saya menginap di hotel Alila Jakarta. Sebagai informasi tambahan, Alila Jakarta memiliki 246 kamar dan suite, serta beberapa ruang pertemuan dan ballroom yang dapat melayani acara untuk rapat maupun pernikahan mulai dari 15 sampai 500 orang. Info lebih lanjut bisa kunjungi langsung website-nya di www.alilahotels.com/jakarta.

Bersama rekan-rekan blogger, Chef Alex dan Manajemen Hotel Alila Jakarta
Bersama rekan-rekan blogger, Chef Alex dan Manajemen Hotel Alila Jakarta
  • 187 Posts
  • 61 Comments
Kala senggang di antara bekerja sebagai web master sebuah perusahaan travel, nyambi sebagai social media planner dan digital marketing agency, saya sempatkan menulis di blog ini.