Home » Metro » Uniknya Beli Tiket Kereta Api di Tiket.com, Bisa Pilih Tempat Duduk Sendiri.

Uniknya Beli Tiket Kereta Api di Tiket.com, Bisa Pilih Tempat Duduk Sendiri.

Awaslnya iseng-iseng, mencari alternatif lain tempat pembelian tiket kereta api selain di Loket Stasiun, Call Center 121, Railbox, Mini Market, dan Reservasi di situs PT Kereta Api itu sendiri. Ketemu lah dengan situs pemesanan tiket online, Tiket.com.

Ternyata, di situs ini tidak hanya ada pemesanan tiket kereta api, ada juga booking hotel, tiket pesawat terbang (yang harganya kadang secara mengejutkan ada yang lebih murah), event konser musik atau pertunjukan hiburan, dan juga bioskop.

Yang menarik dari Tiket.com adalah pada reservasi tiket kereta api. Anda bisa menentukan tempat duduk sendiri layaknya di  bioskop. Tentunya jika tempat tersebut belum ada yang memesan lebih dulu.

Sampai saat ini, keunikan (bisa memilih tempat duduk sendiri) belum kami temukan di layanan pemesanan tiket lainnya. Umumnya, ketika kita memesan atau membeli tiket kereta api maka suka tidak suka kita harus terima untuk ditempatkan di gerbong dan tempat duduk manapun.

Tiket.com juga menjadi solusi ketika Anda akan bepergian bersama keluarga, teman atau pasangan tidak ingin terpisah barisan tempat duduk atau gerbong.

Cukup klik pada menu “Kereta”, kemudian Anda tentukan stasiun keberangkatan ,stasiun kedatangan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Tiket.com akan menampilkan jadwal semua kereta baik Ekonomi, Ekonomi AC, Bisnis, maupun Eksekutif. Disini Anda bisa melihat mana kereta yang sudah penuh dan mana yang masih tersedia. Klik “Pilih” untuk melakukan reservasi.

Dibagian atas kanan, Anda akan melihat keterangan “Kursi Anda hanya tersedia dalam waktu  4 menit 59 detik”. Itu adalah hitungan mundur, yang artinya sistem melakukan suspen selama 5 menit agar orang lain tidak bisa mengambil kursi yang sudah ditentukan oleh sistem, dan Anda bisa menentukan tempat duduk sendiri dalam rentang waktu tersebut.

Jika Anda ingin menentukan tempat duduk sendiri, silahkan klik  Pindah Kursi. Nah, sekarang Anda bisa menentukan akan duduk di sebelah mana. Jangan lupa, ‘klik’ (lepaskan) terlebih dahulu tempat duduk Anda sebelumnya agar  bisa memilih tempat duduk baru.

Tempat Duduk Kereta

Jika sudah, selanjutnya Anda bisa melanjutkan pemesanan dan mengisi data-data yang diperlukan sesuai kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR).

Kalau sudah melakukan pemesanan, segara lakukan pembayaran via ATM,  Kartu Kredit atau e-Payment (untuk beberapa bank). Anda akan menerima  konfirmasi pembayaran dan data pemesanan via Email. Pastikan Anda menggunakan email aktif, karena selanjutnya Anda harus mencetak konfirmasi tersebut untuk di tukar dengan tiket asli di loket stasiun 2 jam sebelum keberangkatan.

Selamat memilih tempat duduk, dan selamat menikmati perjalanan kereta api Anda.

Previous post link
Next post link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top