3 CMS Buatan Indonesia Ini Telah Tersedia di Softaculous

Para pengembang tanah air ternyata tidak kalah kreatif. Dengan keahliannya, mereka turut mengembangkan CMS yang bisa digunakan secara mudah dan gratis oleh siapa saja dan dari mana saja. Menariknya lagi, ternyata ada juga CMS buatan developer Indonesia yang sudah masuk bursa Softaculous.

3 CMS Buatan Indonesia Ini Telah Tersedia di Softaculous

3 CMS Buatan Indonesia Ini Telah Tersedia di Softaculous

Sistem Manajemen Konten atau CMS (Content Management System) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola isi sebuah situs web. Dengan adanya CMS ini, setiap orang menjadi lebih dimungkinkan dan dimudahkan memiliki situs tanpa harus banyak menguasai ilmu bahasa pemograman. Ada banyak CMS yang bisa kita gunakan, salah satu yang paling populer saat ini adalah WordPress, dimana tingkat penggunaannya mencapai 26,5% dari semua situs di dunia (Lihat: Historical trends in the usage of content management systems for websites). Yang sering jadi pertanyaan adalah “adakah CMS buatan Indonesia?

Jawabannya tentu saja “ada!

Para pengembang tanah air ternyata tidak kalah kreatif. Dengan keahliannya, mereka turut mengembangkan CMS yang bisa digunakan secara mudah dan gratis oleh siapa saja dan dari mana saja. Menariknya lagi, ternyata ada juga CMS buatan developer Indonesia yang sudah masuk bursa Softaculous.

Bagi yang suka bermain-main dengan cPanel self-hosted, tentu sudah tidak asing lagi dengan Softaculous. Softaculous merupakan script library komersial yang mengotomatisasi proses penginstalan aplikasi ke sebuah situs, baik aplikasi yang berbayar maupun yang sumber terbuka (open source). Softaculous ini dioperasikan dari kontrol panel situs (misal: cPanel, Plesk, H-Sphere, dll). Nah, di Softaculous itulah terdapat ratusan aplikasi (termasuk CMS) yang bisa kita instalkan dengan hanya beberapa kali klik dan voila!!! seketika situspun sudah jadi dan siap diisi.

Dalam perkembangannya, Softaculous telah menggeser popularitras Fantastico.

Sekarang, tidak hanya WordPress, Joomla, Drupal, Concrete5, Nucleus, Zikula dan berbagai aplikasi web buatan luar lainnya yang bisa diinstal dari Softaculous, seperti yang saya sebutkan tadi, sedikitnya ada 3 CMS buatan Indonesia yang bisa kita install dari Softaculous.

CMS Buatan Indonesia di Softaculous

Popoji CMS

PopojiCMS adalah salah satu CMS yang dibuat dengan konsep sederhana untuk memudahkan setiap individu dalam mengelola website. Dengan konsep kolaborasi dan dibangun di atas dasar OOP dengan tidak menghilangkan rasa native-nya, pengembang diharapkan bisa dengan cepat memahami struktur engine PopojiCMS.

Dirilis dengan lisensi MIT, PopojiCMS memiliki tampilan yang responsif dengan basis bootstrap. Selain itu juga dilengkapi dengan banyak plugin jQuery.

Dilihat dari demo-nya (frontend user dan dasbor), PopojiCMS memiliki tampilan yang sederhana, cantik dan mudah digunakan.

Download PopojiCMS | Lihat Demo | Popoji di Softaculous

Fiyo CMS

Tidak jauh berbeda dengan PopojiCMS, Fiyo juga dirancang dan dikembangkan dengan berorientasi pada kemudahan penggunaan dan tampilan yang indah.

Bahkan menurut pengembangnya, tema Fiyo sangat mudah diciptakan. Anda bisa mengkonversi dari HTML dan CSS atau template dari situs yang pernah Anda buat sebelumnya. Ada yang pernah mencobanya?

Pada mulanya, Fiyo CMS memiliki nama Sirion. Pertama kali dikembangkan oleh First Ryan saat masih duduk di bangku SMK 10 Semarang.

Menurut situsnya, Fiyo ini sudah didownload 1.731.1.127 kali. Bagaimana, apakah Anda juga berminat menjadi salah satu penggunanya?

Download Fiyo CMS | Lihat Demo | Fiyo CMS di Softaculous

HTMLy

Yang satu ini mungkin masih jarang yang tahu. Saya pun sempat menduga kalau HTMLy ini produk impor. Kreator utama di balik HTMLy adalah Danang Probo Sayekti a.k.a Danpros. Dengan didukung oleh beberapa kontributor lainnya, HTMLy kini sukses nangkring di deretan engine blog Softaculous.

HTMLy merupakan platform blog databaseless (tanpa perlu basis data) yang dikembangkan dengan sumber terbuka. Mengusung sistem Databaseless Blogging Platform atau Flat-File Blog, HTMLy sangat mengutamakan kesederhanaan dan kecepatan yang ditulis dalam bahasa PHP. HTMLy dapat disebut juga sebagai Flat-File CMS, sebab ia juga memiliki fungsi sebagai pengelola konten.

HTMLy menggunakan algoritma unik untuk menemukan atau daftar isi situs berdasarkan tanggal, jenis, kategori, tag, atau penulis. Hebatnya, ia tetap memiliki kinerja yang tetap cepatsekalipun, jika memiliki ribuan posting dan ratusan tag.

Sebagai flat-file blog atau flat-file CMS, HTMLy dirancang untuk berjalan lancar meskipun penggunanya menggunakan server dengan spesifikasi yang minimal. Dengan 512MB RAM atau bahkan kurang, HTMLy dirancang harus mampu menangani lebih dari 10 ribu posting tanpa masalah apapun. Sangar kan?

Download HTMLy | Lihat Demo | HTMLy di Softaculous

CMS Buatan Indonesia Lainnya

Apakah CMS buatan Indonesia hanya 2 itu saja? Tentu saja tidak. Masih ada banyak CMS buatan Indonesia lainnya yang tidak kalah keren dan juga bisa digunakan secara gratis. Ini dia beberapa di antaranya.

Ada yang lainnya dan masih ter-update? Silakan diinfokan di kolom komentar ya.