Pilihan Aplikasi Android Untuk Bulan Ramadan

Di bulan suci Ramadan, ponsel cerdas tidak sekadar menjadi alat komunikasi dan hiburan. Bagi sebagian orang, ini saat yang tepat untuk menjadi ponsel cardas sebagai alat optimasi ibadah.

Pilihan Aplikasi Android Untuk Bulan Ramadan 1

Memasuki Bulan Suci Ramadan, tidak hanya kebutuhan logistik pangan yang meningkat. Di ranah digital, selain konsumsi penggunaan data yang meningkat, biasanya yang tidak kalah populer adalah pencarian aplikasi Android  untuk bulan Ramadan.

Sangat wajar memang, karena di bulan Ramadan semua umat muslim di dunia berlomba-lomba meningkatkan intensitas ibadahnya. Tidak terkecuali dengan memanfaatkan benda yang nyaris tidak lepas dari tangan, yaitu smartphone. Berikut ini adalah pilihan aplikasi Android terbaik untuk bulan Ramadan.

Muslim Pro

Di antara berbagai aplikasi mobile Islami, Muslim Pro adalah aplikasi yang paling saya sukai. Saya kira tidak salah jika Muslim Pro aplikasi Islami terbaik, mengingat aplikasi besutan Muslim Pro Ltd ii telah diunduh oleh lebih dari 25 juta pengguna dengan 16 pilihan bahasa. Di Google Play sendiri saat ini telah mendapatkan rating 4,6 (dari skala 1-5) dengan pemberi rating mencapai angka 472,918 pengguna.

Memiliki tampilan yang indah dipandang, mudah digunakan dan mendukung Bahasa Indonesia,  Muslim Pro memiliki fitur sebagai berikut:

Dengan fitur yang sedemikian lengkap dan sangat user friendly, Muslim Pro dapat diunduh dan digunakan secara gratis (mengandung iklan). Jika Anda memiliki rizki lebih, saya sarankan jangan ragu untuk memilih opsi premium. Waktu saya upgrade ke versi premium (tahun lalu) biayanya Rp. 23.000.

Di versi premium, kita akan dibebaskan dari iklan, pilihan suara tambahan untuk murotal dan kustomisasi pada manik-manik tasbih, tema Quran dan tambahan tampilan petunjuk kiblat yang lebih menarik. Lebih dari itu, Anda telah turut serta membantu developer dalam mengembangka aplikasi tersebut untuk kemajuan dakwah yang lebih baik.

Khusus untuk bulan Ramadan, Muslim Pro juga mengeluarkan update fitur yang lebih menarik, yaitu:

Quran for Android

Saya sependapat dengan Anda, jika sebetulnya di Google Play banyak sekali aplikasi Quran yang bagus. Untuk aplikasi Quran, pilihan jauh lebih variatif. Termasuk jika yang menjadi salah satu opsinya adalah tersedia terjamahan dalam versi Bahasa Indonesia.

Di ponsel Android saya, saya menggunakan Quran for Android daro quran.com. Telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna, Quran for Android mendapatkan rata-rata rating 4,7 dari total 415.535 pengguna.

Memiliki 50 terjemahan, Quran for Android memiliki beberapa fitur sebagai berikut:

Selain Quran for Android, beberapa aplikasi Quran populer lainnya adalah Al-Quran Indonesia (Andi Unpam), Al Quran Al Hadi (Pusat Kajian Hadis) dan Al’Quran Bahasa Indonesia (MartinVillar.com).

Coockpad Resep Masakan

Memasuki bulan Ramadan, aplikasi resep dari Cookpad International Ltd ini bisa dipastikan kian diminati oleh kaum wanita, bahkan mungkin juga kaum pria.

Telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna dengan rata-rata rating 4,2, Cookpad Resep Masakan memiliki ribuan resep dalam 7 bahasa yang bisa menginspirasi Anda untuk membuat menu sahur dan berbuka puasa yang mudah, cepat, variatif dan tentu saja nikmat disantap.

Cookpad Resep Makanan tidak hanya menjadi aplikasi yang nyaman bagi pencari resep, tapi juga bagi siapapun yang ingin berbagi resep andalannya. Ya, khusus untuk yang satu ini, semoga, siapapun Anda yang berbagi resep mendapatkan tambahan pahala di bulan Ramadan ini. Aamiin.

Go-Jek, Grab dan Uber

“Pulang cepat” adalah satu kalimat singkat yang sering jadi impian para pekerja, khususnya di Ibukota Jakarta. Apalagi jika orang rumah sudah menyiapkan hidangan berbuka dan sangat menantikan kita ada di tengah-tengah mereka. Oleh karena itu, aplikasi ojek online seperti Go-Jek, Grab dan Uber rasanya jangan sampai tidak terinstal di smartphone Anda. Fungsinya akan sangat terasa manakala Anda harus segera pulang cepat untuk berkumpul dan berbuka bersama keluarga.

Itu dia beberapa pilihan aplikasi Android terbaik untuk bulan Ramadan. Share juga ya informasinya jika sekiranya ada yang tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan.