Mengukur Seberapa Besar Pengaruh Kita di Media Sosial Menggunakan Klout Score

Mengukur Seberapa Besar Pengaruh Kita di Media Sosial Menggunakan Klout Score 1

Dari judul sudah bisa langsung ditebak, bahwa bicara Klout Score adalah bicara tentang seberapa besar pengaruh kita di media sosial. Apa yang kita kicaukan, komentari, sukai, sebar ulang dan tuliskan di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, Tumblr, Blogger, dan lain sebagainya dipercaya memiliki pengaruh. Untuk itulah Klout (sebuah perusahaan berbasis di San Francisco didirikan pada tahun 2009) hadir dengan segala kerumitan algoritmanya untuk menyajikan skor (Klout Score) pengaruh kita di media sosial dengan rentang nilai 1 sampai 100. Semakin tinggi skor Anda, berarti semakin besar pengaruhnya.

Mulanya, Klout dipopulerkan untuk mengukur seberapa besar pengaruh sebuah brand di jagad social media dengan menggabungkan berbagai jenis media sosial populer yang digunakan oleh publik. Kini, dengan layanannya yang bersifat gratis siapapun bisa memanfaatkan Klout Score untuk mengukur pengaruhnya di sosial media. Apalagi semenjak muncul fenomena buzzer yang berpotensi menjadikan akun media sosial sebagai alat penghasilan..

Anda bisa mengukurnya langsung dengan mengetikan klout.com/akuntwitter. Misalnya, klout.com/rosidnet untuk akun Twitter saya.

Aktif di banyak media sosial, tapi skornya kecil ?

Tidak perlu kaget atau kecewa, Anda baru mengukurnya hanya di satu media sosial, yaitu Twitter. Ingat, Klout mengukur pengaruh kita di berbagai media sosial. Untuk mengukur secara keseluruhan, sekarang saatnya integrasikan semua akun media sosial yang Anda miliki ke dalam Klout Score.

Langkah pertama adalah sign up di situs Klout dengan menggunakan akun Twitter atau Facebook, sebab Klout tidak menyediakan fitur registrasi manual, langsung integrated.

Setelah berhasil masuk, arahkan kursor mouse Anda ke profil kemudian klik Setting. Di sana akan tampil Profile Setting, Connected Network, Email Setting, Privacy Setting, dan Autorized Sites. Prioritaskan Connected Network, karena di situlah Anda akan menggabungkan berbagai akun media sosial yang dimiliki.

Setelah berbagai akun media sosial digabungkan, biasanya tidak serta merta Klout Score kita berubah, butuh waktu setidaknya 1 x 24 jam bagi Klout untuk melakukan penyesuaian skor.

Tiga Hal Utama dalam Klout Score (Ikhtisar)

Manfaat Klout Score

Nah ini dia, biar tidak terkesan sia-sia (apalagi setelah membaca tulisan ini) perlu kiranya kita mencari tahu manfaat dari Klout Score. Simpelnya, seperti yang saya katakan di kalimat pembuka, bahwa fungsi utama dari Klout adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kita di media sosial dengan mengintegrasikan akun di berbagai media sosial. Dari fungsi utama tersebut kita bisa mengembangkan lagi dalam banyak hal sesuai kebutuhan, antara lain :

Kira-kira, berapa Klout Score Anda ? owh iya, sebagai informasi tambahan (hingga saat tulisan ini diterbitkan) orang dengan Klout Score-nya tertinggi adalah Barack Obama dengan skor 99. 2 poin di atas perusahaan sebesar Google yang menyandang skor 97.