Home » Tekno » Cara Sederhana Mempercepat Loading Website

Cara Sederhana Mempercepat Loading Website

Durasi saat membuka website adalah salah satu faktor paling penting yang mempengaruhi penggunaannya, pengguna internet bisa jadi akan meninggalkan sebuah situs yang tidak bisa dibuka dalam waktu beberapa detik. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang cukup efektif untuk mempercepat akses ke situs Anda.

  1. Optimasi gambar : selalu menggunakan fitur “Save for the web” yang disertakan pada perangkat lunak editing gambar. Gambar merupakan beban berat pada hampir setiap situs, jadi pastikan Anda mengoptimasi gambar yang akan diunggah. Alternatif lain dalam mengoptimasi adalah  mengatur penyesuaiannya di optimasi gambar online.
  2. Format gambar: selain mengoptimasi gambar, penting bagi Anda untuk memilih format yang tepat. Format JPEG cocok untuk foto atau gambar berwarna. Format GIF bisa digunakan untuk gambar berwarna flat semisal logo atau tombol. PNG memiliki fungsi yang sangat mirip dengan GIF (kecuali animasi), tetapi mendukung warna yang lebih.
  3. Optimasi CSS : saat ini kebanyakan website dirancang dengan CSS. Pastikan untuk merapikan dan membersihkan CSS Anda. CleanCSS adalah salah satu tool online yang akan menggabungkan “similar selectors” dan menghapus spasi dari kode Anda.
  4. Gunakan slash pada link Anda: bila pengguna membuka link pada (misalnya) “http://www.domain.com/about” server akan mencari jenis file atau halaman yang terdapat pada alamat tersebut. Jika Anda memasukan tanda baca slash (/) pada akhir link, server akan tahu bahwa ini adalah halaman direktori, mengurangi beban waktu untuk membuka situs.
  5. Gunakan label Tinggi dan Lebar: banyak orang yang lupa menambahkan tag Tinggi dan Lebar (Height and Width) pada kode gambar. Tag tersebut akan memastikan bahwa browser mengetahui ukuran gambar sebelum memuatnya. Hasilnya adalah browser akan menyiapkan ruang untuk gambar saat memuat sisa halaman, sehingga tidak akan menganggu proses pemuatan konten lainnya.
  6. Kurangi permintaan HTTP: saat membuka  setiap objek halaman web (gambar, skrip dan baris) akan membutuhkan proses latensi ke server. Proses ini dapat menambah waktu beberapa detik untuk membuka situs Anda. Pastikan untuk mengurangi jumlah objek dan menggabungkan file CSS dan script bersama-sama.
Previous post link
Next post link

2 Comments

  1. .akasih tips dan infonya gan,terus bagaimana dg cara compres css gan
    ?

  2. Sangat membantu sekali informasinya, terima kasih saya ucapkan atas berbagi informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top